Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Asal Usul Si Cantik Macaron yang Cerahkan Harimu

List Artikel
13 April 2017 | 0 Komentar

Macaron dikenal sebagai kue khas Perancis dengan warna-warni yang terlihat cantik sehingga sangat memikat. Ada banyak sekali warna macaron, mulai dari merah muda, hijau muda, biru muda, orange, cokelat muda, dan masih banyak lagi. Warna yang banyak digunakan dalam macaron adalah warna pastel. Macaron terbuat dari bahan utama tepung, gula, putih telur, dan bubuk almond yang diaduk menjadi satu lalu dicetak bentuk bulat kecil dan dipanggang. Setelah matang, macaron diberi tambahan isi filling seperti vanilla, cokelat, kopi, cream cheese, serta aneka rasa buah-buahan. Kue mungil yang cantik ini memang sudah sangat terkenal di dunia. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya macaron ini aslinya bukan berasal dari Perancis?

 


Sumber: pergikuliner.com


Macaron aslinya berasal dari Venesia, Italia. Kue ini diperkenalkan oleh Chef Catherine de Medicis pada tahun 1533 pada momen pernikahannya dengan Duc d’Orleans yang menjadi raja Perancis pada tahun 1547 sebagai Raja Henry II. Sejak saat itulah macaron mulai diperkenalkan di Perancis seperti di Montmorillon, Nancy, Niort, Reims, Pau, Amiens, dan Melun. Kata ‘macaron’ ini berasal dari kata ‘macaroni’ yang berarti ‘adonan halus’ karena meski terlihat kokoh dari luar, macaron memiliki tekstur yang sangat lembut saat kamu gigit.

 


Sumber: pergikuliner.com


Macaron awalnya hanya memiliki satu rasa saja karena hanya menggunakan bahan yang terdiri dari bubuk almond, gula, dan putih telur. Bentuknya tetap bulat, namun hanya terdiri satu buah saja dan tak ada filling-nya. Pada awal abad ke-20, terjadi revolusi macaron oleh Pierre Desfontaines, cucu laki-laki Louis Ernest Laduree yang memiliki ide dengan memberi isian macaron dengan lapisan cokelat dan menggabungkan dua buah kue macaron menjadi satu. Sejak saat itulah, macaron yang kamu kenal sekarang mulai laris manis dijual ddi berbagai toko kue Perancis. Kepopulerannya di Perancis ini membuat macaron lebih dikenal sebagai kue khas Perancis. Kamu bahkan bisa menemukan lebih banyak toko kue yang menjual macaron di Perancis dibanding di Italia.

 

Nah, buat kamu yang jadi kepengen icip citarasa macaron, yuk langsung segera ke salah satu tempat di bawah ini! 

La Maison

Foto La Maison
Foto La Maison
Foto La Maison

The Harvest

Foto The Harvest

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Maqui's

Foto Maqui's

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Mau tau lebih banyak lokasi tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu dong sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?