Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Makna dari 5 Sajian Khas Tahun Baru di Jepang

List Artikel
30 Desember 2016 | 0 Komentar

Tahun baru merupakan suatu perayaan pergantian tahun dan penanda dimulainya tahun yang baru atau tahun selanjutnya. Perayaan tahun baru ini tentunya tak lepas dari sajian khas tahun baru. Beda negara tentunya beda pula menu sajian khasnya. Beberapa negara di dunia memiliki sajian khas yang hanya disajikan saat tahun baru karena sajian tersebut mengandung banyak makna yang tersimpan. Seperti di negara Jepang, ada lima sajian khas tahun baru yang tak boleh absen dari perayaan tahun baru. Ingin tahu ada sajian apa saja dan apa sih makna dari sajian tersebut? Yuk simak listnya!

                                                   

1. Kagami Mochi



Sumber: iromehane.com

Kagami mochi selalu menjadi sajian khas tahun baru di Jepang yang diletakkan di sebuah meja pendek. Kagami mochi terdiri dari dua buah mochi dan buah jeruk mandarin kecil yang diletakkan secara bersusun tingkat. Dua buah mochi ini melambangkan tahun yang lama dan tahun yang baru sementara jeruk di bagian paling atas menandakan pertanda baik yang akan selalu mengiringi para pemiliki rumah.

 

2. Nanakusa



Sumber: lafujimama.com

Nanakusa merupakan sajian bubur yang dimasak dengan tujuh jenis bahan seperti beras, jewawut, proso milet, echinochloa esculenta, kacang azuki, beckmannia syzigacne, wijen, serta rumput laut. Bubur ini biasa disantap saat akhir perayaan tahun baru karena dipercaya dapat mengusir segala macam penyakit sehingga yang memakannya dapat sehat selalu di sepanjang tahun.

 

3. Soba



Sumber: pergikuliner.com

Bagi pecinta makanan Jepang pasti sudah tahu makanan yang satu ini. Soba merupakan salah satu olahan mie khas Jepang yang sangat terkenal setelah ramen dan udon. Soba terbuat dari tepung bucwheat yang digiling dengan tangan menggunakan penggiling dari batu bundar yang dapat diputar. Soba disantap saat malam tahun baru atau oomisoka. Dengan menyantap soba saat malam tahun baru dipercaya akan melancarkan kehidupan tanpa halangan di sepanjang tahun.

 

4. Osechi Ryori



Sumber: tsunagujapan.com

Osechi ryori menjadi sajian yang hanya bisa kamu temui saat perayaan tahun baru di Jepang. Osechi ryori ini merupakan sajian makanan yang disusun rapi dalam kotak kayu yang disebut jubako. Jubako ini disusun bertingkat sebagai lambang keberuntungan sedangkan sajian makanan yang ada di dalamnya melambangkan banyak hal seperti otafuku mame atau kacang yang melambangkan kesuburan, datemaki atau telur dadar yang melambangkan kebijakan dan pengetahuan, ikan buri bakar yang melambangkan keberhasilan dan kesuksesan, udang yang melambangkan panjang umur, dan masih banyak lagi.  

 

5. Kombu



Sumber: cpcdn.com

Kombu merupakan jenis rumput laut basah yang melambangkan sukacita atau kebahagiaan di tahun baru. Kombu juga dapat diartikan sebagai pembawa harapan bagi para pengantin baru agar secepatnya dikarunia anak atau keturunan. Selain disajikan begitu saja, kombu juga bisa dikombinasikan dengan aneka ikan laut yang melambangkan kesuksesan. 

Sushi Tei

Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei

Ichigo Ichie

Foto Ichigo Ichie

Mochi Mochio

Foto Mochi Mochio
Foto Mochi Mochio

Mochi Sweets

Foto Mochi Sweets
Foto Mochi Sweets
Foto Mochi Sweets

Es Krim Mochi Aeon

Foto Es Krim Mochi Aeon
Foto Es Krim Mochi Aeon
Foto Es Krim Mochi Aeon

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?