Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenapa Telur Asin Sangat Identik dengan Kota Brebes? Yuk, Lihat Alasannya!

List Artikel
17 November 2017 | 0 Komentar

Apa yang terbayang dalam pikiran kamu saat mendengar kata telur asin? Pastinya yang terbayang adalah kota Brebes yang berada di Jawa Tengah. Telur asin memang sangat identik dengan kota Brebes karena memang di sinilah kuliner ini berasal. Telur asin pertama kali diperkenalkan oleh suami istri keturunan Tionghoa yang tinggal di Brebes pada tahun 1950. Mereka bernama Tjiau Seng dan Tan Polan Nio.

 

Sumber: pergikuliner.com


Keduanya memproduksi telur asin karena di kota Brebes pada saat itu sedang kelebihan produksi telur unggas, terutama telur bebek. Untuk mencegah busuk karena terlalu banyak telur yang menumpuk dan tak laku terjual, maka telur-telur bebek tersebut diawetkan dengan cara diasinkan. Pengawetan ini ternyata tak hanya mampu membuat telur-telur bebek tersebut tahan lama, tapi juga bisa menghilangkan bau amis telur bebek yang sangat kuat.

 

Sumber: budaya-indonesia.org


Telur asin merupakan kuliner yang terbilang cukup mahal pada saat itu karena produksinya masih terbatas dan hanya dilakukan oleh industri rumahan saja. Tapi seiring berjalannya waktu dan tingginya minat masyarakat setempat akan telur asin, maka ada banyak bermunculan rumah-rumah produksi telur bebek di kota Brebes sehingga harga telur asin jadi ramah di kantong. Telur asin pun tak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Brebes, tapi juga masyarakat di luar kota Brebes.


Sumber:  republika.co.id


Sesuai dengan namanya, telur asin merupakan telur yang diasinkan alias diawetkan dengan memberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak sehingga telur tidak busuk meski disimpan dalam waktu yang cukup lama. Telur asin baik dikonsumsi dalam waktu kurang lebih satu bulan. Biasanya jenis telur yang dijadikan sebagai telur asin adalah telur bebek karena cita rasanya yang lebih creamy dan padat dibanding jenis telur lainnya.  Telur asin yang memiliki kualitas tinggi bisa dilihat dari bagian kuning telurnya yang berwarna jingga terang hingga kemerahan dan jika digigit sangat kesat alias tidak mengeluarkan cairan.


Sumber:  jitunews.com


Selain kota asalnya, banyak orang yang mempertanyakan kenapa telur asin berwarna biru keabu-abuan? Nah, hal ini karena bebek yang dipilih kebanyakan bebek pelari yang memiliki ciri khas cangkang telur berwarna biru. Lalu kenapa setiap telur asin selalu diberi cap stempel? Tentunya hal ini bukan tanpa alasan. Cap yang ada pada telur asin ini menandakan merek produsen sehingga orang yang membelinya bisa langsung mengenali tanpa perlu menjajalnya terlebih dahulu.


 

Sumber: pergikuliner.com


Sekarang telur asin tak hanya bisa kamu nikmati dalam bentuk utuh saja, tapi juga dijadikan aneka olahan kekinian yang banyak digandrungi anak muda seperti ayam crispy saus telur asin, bakpao telur asin, hingga croissant saus telur asin. Kamu tak mau kalah dan ingin mencoba kuliner telur asin kekinian? Bagaimana jika singgah di salah satu tempat di bawah ini untuk icip olahan telur asinnya yang maknyus!

Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin
Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Din Tai Fung Chef's Table

Foto Din Tai Fung Chef's Table
Foto Din Tai Fung Chef's Table

Salt Inc.

Foto Salt Inc.
Foto Salt Inc.
Foto Salt Inc.

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?