Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Lirik 7 Jajanan Pasar yang Rendah Kalori, Cocok untuk Diet

List Artikel
25 Mei 2023 | 0 Komentar

Indonesia memiliki aneka kue jajanan yang bisa dengan mudah dijumpai di pasar tradisional sehingga disebut dengan nama jajanan pasar. Aneka jajanan pasar Indonesia ini ada yang memiliki rasa manis dan ada yang memiliki rasa asin gurih. Berbeda dengan kue modern yang kebanyakan memiliki bahan dasar tepung terigu, gula pasir, dan mentega, kebanyakan jajanan pasar dibuat dari bahan singkong, ubi, pisang, hingga kelapa parut. Hal ini membuat sebagian besar jajanan pasar di Indonesia memiliki kandungan kalori yang terbilang cukup rendah. Jajanan pasar yang rendah kalori ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan saat sedang berdiet. Berikut ini adalah 7 jajanan pasar yang bisa jadi pilihan camilan kamu saat sedang berdiet.

 

1. Kue Putu



Sumber: rasabunda.com


Jajanan pasar rendah kalori yang pertama adalah kue putu. Kue ini sangat rendah kalori karena dimasak dengan cara dikukus. Kue putu dibuat dari bahan dasar tepung beras yang dikukus terlebih dahulu lalu dicampurkan dengan air daun suji dan daun pandan kemudian dimasukkan ke dalam cetakan. Lalu bagian tengahnya diberi isian gula merah. Setelah dikukus hingga matang, kue putu akan disajikan bersama dengan kelapa parut kukus.

 

2. Getuk Singkong



Sumber:ytimg.com


Getuk singkong juga menjadi jajanan pasar yang rendah kalori karena dibuat dari bahan dasar singkong yang dikukus lalu dihaluskan dan ditambahkan sedikit gula pasir dan garam sehingga teksturnya menjadi sangat lembut. Getuk singkong disajikan bersama dengan parutan kelapa yang sudah dikukus. Biasanya, getuk singkong juga diberi warna saat dihaluskan sehingga tampilannya menjadi lebih menarik.

 

3. Nagasari



Sumber: resepkoki.id


Selanjutnya ada nagasari yang juga merupkan jajanan pasar rendah kalori. Nagasari dibuat dari bahan dasar yang sederhana, yakni tepung beras, pisang, santan kelapa, gula, dan garam. Adonan tepung beras nantinya dicampur dengan santan, gula, dan garam lalu dibentuk dan diberi isian irisan pisang. Kemudian, adonan yang sudah dibentuk dan diisi irisan pisang ini dibungkus dengan daun pisang sebelum dikukus hingga matang.

 

4. Kue Ku



Sumber: rasabunda.com


Jajanan pasar rendah kalori lainnya adalah kue ku. Kue ku sangat mudah dijumpai di pasar tradisional, terutama menjelang perayaan Imlek, karena kue ini dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi yang menyantapnya. Kue ku memiliki kalori yang sangat rendah karena dibuat dari bahan dasar tepung beras ketan atau ubi jalar yang diwarnai merah lalu diisi dengan kacang hijau yang dimasak lalu dihaluskan.

 

5. Kue Cantik Manis



Sumber: sajiansedap.grid.id


Kue cantik manis sangat sering dijumpai sebagai jajanan pasar yang tak hanya dijual di pasar saja, melainkan juga di toko kue. Dinamakan kue cantik manis karena memang tampilannya terlihat sangat cantik dengan perpaduan warna putih dan merah muda. Selain dijuluki dengan nama kue cantik manis, kue ini juga disebut dengan nama kue cente manis dan kue jentik manis. Bahan dasar pembuatan kue ini adalah tepung hunkue yang dicampur dengan santan, gula, dan biji delima atau pacar cina. Tepung hunkue sendiri adalah tepung yang dibuat dari sari pati kacang hijau sehingga kaya serat.

 

6. Kue Talam Ubi



Sumber: rasabunda.com


Jajanan pasar yang rendah kalori lainnya adalah kue talam ubi. Kue ini rendah kalori karena dibuat dari bahan dasar ubi yang dicampur dengan tepung beras, tepung tapioka, gula pasir, dan santan. Jajanan pasar yang rendah kalori ini sangat unik karena memiliki dua lapisan. Pada lapisan atasnya, terdapat adonan santan yang dikentalkan dengan tepung tapioka dan diberi vanila dan garam sehingga aromanya wangi dan rasanya menjadi lebih gurih.

 

7. Kue Kacamata



Sumber: pikiran-rakyat.com


Jajanan pasar yang rendah kalori terakhir adalah kue kacamata. Kue ini dibuat dari bahan dasar singkong yang dihaluskan dan diberi tambahan gula lalu dililitkan pada pisang dan dikukus hingga matang. Setelah matang, kue akan dipotong-potong lalu diberi taburan kelapa parut. Selain dinamakan kue kacamata, kue ini juga dijuluki dengan nama kue mata roda atau kue roda singkong.

 

Itulah beberapa jajanan pasar rendah kalori yang bisa kamu santap sebagai camilan saat sedang berdiet. Buat yang ingin berburu jajanan pasar enak, di bawah ini ada toko kue yang bisa kamu datangi, yuk lihat!

 

Toko Kue Lakker

Foto Toko Kue Lakker
Foto Toko Kue Lakker
Foto Toko Kue Lakker

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Kenari Cakery

Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery

Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?