Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Masih Demam Kuliner Berbahan Mangga? Yuk, Kenali Variasi Mangga yang Ada di Indonesia!

List Artikel
8 Januari 2018 | 0 Komentar

Sejak akhir tahun 2017, kuliner berbahan dasar mangga sedang menjadi tren dan viral di berbagai media sosial. Baik itu minuman jus mangga, es krim mangga, hingga mango sticky rice. Di awal tahun 2018 ini kuliner mangga juga masih menjamur di berbagai gerai minuman serta makanan. Hal ini dikarenakan buah yang dagingnya berwana kuning orange ini sangat mudah didapatkan di Indonesia. Tidak seperti di negera-negara Eropa serta Amerika, harga mangga di Indonesia sangat ramah di kantong sehingga bisa dibeli oleh semua kalangan. Inilah yang membuat kuliner berbahan dasar mangga memiliki harga yang sangat terjangkau. Indonesia memiliki banyak sekali jenis mangga, di antaranya ada tujuh yang sering digunakan di dunia kuliner, yaitu:  

 

1. Mangga Indramayu


Sumber: mulyonoforindramayu.com


Mangga yang paling terkenal di Indonesia adalah mangga Indramayu. Sesuai dengan namanya, mangga ini berasal dari daerah Indramayu, Jawa Barat. Mangga Indramayu memiliki warna kulit yang agak kekuningan saat sudah matang. Sedangkan ukurannya besar cenderung bulat dengan daging buah yang padat dan tebal. Cita rasanya cenderung manis sehingga paling sering dijadikan olahan kuliner.  

 

2. Mangga Manalagi


Sumber: stewartflowers.net


Beralih ke mangga manalagi yang ukurannya cenderung lonjong dan tidak terlalu besar. Mangga ini memiliki kulit yang hijau dengan bercak-bercak putih yang menjadi ciri khas mangga ini. Pada bagian tengahnya ada semburat warna gelap yang cita rasanya lebih manis dibanding bagian pinggirnya. Dinamakan mangga manalagi karena setelah menyantapnya, kita akan bertanya “mana lagi mangganya?”

 

3. Mangga Arumanis

Sumber: javafruits.com


Mangga arumanis atau harumanis merupakan mangga yang berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur. Warna kulit mangga ini mirip dengan mangga manalagi, yakni tetap hijau meski sudah matang. Yang membedakannya adalah bentuk mangga arumanis cenderung lebih bulat dibanding mangga manalagi. Sesuai dengan namanya, mangga ini memiliki aroma wangi yang lebih kuat dibanding jenis mangga lainnya.  

 

4. Mangga Golek



Sumber : buahtropis.com


Kalau mangga yang satu ini paling mudah dikenali karena warna kulitnya yang kekuningan saat sudah matang dan bentuknya lonjong memanjang. Mangga golek memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan tanpa serat. Sedangkan untuk citarasanya manis cenderung asam sehingga membuatnya lebih segar. Kadar air pada mangga golek sangat banyak. Oleh karena itu mangga ini sering dijadikan sebagai jus atau campuran minuman.

 

5. Mangga Gedong Gincu

Sumber: tokopedia.com


Mendengar namanya, pasti kamu akan merasa kalau mangga yang satu ini terbilang cukup unik. Gincu dalam bahasa Jawa memiliki arti sebagai lipstik atau pemerah bibir. Mangga ini dinamakan mangga gedong gincu karena warna kulitnya yang kuning kemerahan saat sudah matang. Mangga ini memiliki bentuk agak bulat dengan daging buah yang tebal dan berserat halus. Aromanya sangat wangi dan cita rasanya manis.

 

6. Mangga Kweni

Sumber: beritapenajam.com


Mangga kweni dikenal dengan wangi aromanya yang sangat khas sehingga banyak digunakan sebagai jus atau es buah. Mangga ini berbentuk lonjong agak bulat dengan kulit yang berwarna hijau meski sudah matang. Sedangkan pada bagian dalam dagingnya berwarna kuning cerah dan bertekstur padat. Mangga kweni memiliki banyak sari buah sehingga mangga ini tidak tahan lama karena kadar airnya yang cukup tinggi. Jadi setelah dikupas harus langsung disantap.

 

7. Mangga Madu

Sumber: bukalapak.com


Mangga madu sekilas memang mirip dengan mangga golek karena warna kulitnya yang kuning cerah saat sudah matang. Tapi yang membedakan keduanya adalah bentuk mangga madu cenderung lebih bulat dibanding dengan mangga golek yang sangat lonjong. Mangga madu memiliki daging buah yang lembut dengan citarasa yang sangat manis sehingga dinamakan mangga madu. Mangga ini lebih enak jika disantap begitu saja atau dijadikan campuran salad buah.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan ada mangga apa saja di Indonesia. Kalau ingin mencari olahan mangga kekinian yang sedang viral, kamu bisa mendatangi salah satu gerai kuliner di bawah ini!

King Mango Thai

Foto King Mango Thai
Foto King Mango Thai
Foto King Mango Thai

Mango Mango

Foto Mango Mango
Foto Mango Mango
Foto Mango Mango

Go Mango!

Foto Go Mango!
Foto Go Mango!

Mango Tango

Foto Mango Tango

Big Mango Thai

Foto Big Mango Thai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?