Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Lebih Dekat Lotus Biscoff, Biskuit Belgia yang Lagi Hits

List Artikel
22 Agustus 2021 | 0 Komentar

Teman Kuliner pernah mencicip Lotus Biscoff? Lotus Biscoff adalah salah satu merek biskuit ternama yang saat ini sedang menjadi hits di Indonesia sejak tahun lalu. Lotus Biscoff bisa sangat populer berkat aroma dan rasanya yang unik dan berbeda jika dibandingkan dengan biskuit-biskuit lainnya sehingga membuat banyak orang penasaran ingin mencobanya.


Biskuit ini merupakan biskuit yang berasal dari Belgia. Di negara asalnya, biskuit ini dikenal dengan nama speculoos. Teman Kuliner pasti pernah mendengar nama speculoos. Nama ini memang tidak asing karena sangat populer di negara-negara Eropa sebagai biskuit musim dingin. Lantas seperti apa sih Lotus Biscoff ini? Yuk, coba kita kenal lebih dekat lagi!

 


Sumber: Rukita.co


Sudah Ada Sejak Tahun 1932

Biskuit Lotus Biscoff ternyata merupakan biskuit klasik yang sudah ada sejak tahun 1932. Biskuit ini pertama kali dibuat oleh pembuat roti asal Belgia yang bernama Jan Boone Sr. Jadi pada waktu itu, Boone memiliki sebuah ide untuk membuat biskuit karamel yang bercampur dengan rempah alami. Ia kemduian menamakan biskuit ini dengan sebutan Lotus. Pada waktu itu belum ada tambahan nama Biscoff di belakangnya. Bertahun-tahun lamanya sejak Lotus dibuat, biskuit ini tak langsung terkenal karena masyarakat belum familiar dengan rasa dan aromanya. Lalu pada tahun 1950-an, barulah biskuit ini mulai dikenal karena Boone mulai aktif memasarkan biskuit buatannya itu ke kafe dan kedai kopi di Belgia.

 

Ia membungkus sendiri biskuit buatannya dengan plastik kemasan transparan. Ternyata pelanggan kafe dan kedai kopi sangat menyukai biskuit ini karena dinilai cocok sebagai camilan pendamping minum teh atau kopi. Sejak saat itulah biskuit Lotus menjadi populer di Belgia. Di tahun 1960-an, biskuit ini juga menjadi populer di negara-negara Eropa lainnya seperti Jerman, Inggris, hingga Belanda.



Sumber: Cntraveler.com


Biskuit yang Kaya Akan Rempah

Lotus Biscoff punya aroma wangi dan rasa yang khas karena dibuat dari campuran aneka rempah-rempah seperti ada kayu manis, jahe, pala, lada, cengkeh, dan kapulaga. Dengan banyaknya campuran rempah-rempah yang ada di dalamnya, maka tak heran kalau aromanya menjadi sangat wangi. Rasanya juga jadi lebih kuat. Inilah salah satu alasan mengapa biskuit ini juga dikenal sebagai biskuit musim dingin karena campuran rempah di dalamnya akan membuat tubuh kita menghangat.

 

Penamaan Lotus Biscoff yang Unik

Biskuit ini awalnya memang hanya bernama Lotus. Nama Lotus ini diambil dari nama bunga lotus yang memiliki arti murni. Murni yang dimaksud pada biskuit ini adalah bahan pembuatannya yang murni dari bahan alami. Lalu nama biscoff disematkan pada tahun 1986-an dan merupakan singkatan dari kata biscuit coffee. Penggabungan kata biscuit coffee memang sengaja disematkan karena biskuit ini sangat populer dijadikan pendamping minuman kopi. Lalu mengapa biskuit ini malah populer di Belgia dengan nama speculoos? Penamaan speculoos diambil dari kata spekuk yang merupakan campuran dari berbagai macam rempah. Jadi berhubung biskuit ini ada banyak campuran rempahnya, maka biskuit ini dijuluki dengan nama speculoos.



Sumber: Sirclocdn.com

 

Inovasi Selai Lotus Biscoff

Meski awalnya hanya berupa biskuit, tapi Lotus biscoff bisa dijumpai dalam bentuk selai. Pada tahun 2007, ada perlombaan dalam acara televisi untuk mengubah biskuit Lotus Biscoff menjadi aneka olahan lain. Pada saat itu, ada salah satu peserta bernama Els Scheppers yang mengubah biskuit Lotus Biscoff menjadi selai dan ia menang lomba. Akhirnya Boone mengajak Scheppers untuk bekerjasama lalu terlahirlah selai Lotus Biscoff yang bisa digunakan sebagai olesan roti. Saking populernya, tiga jam setelah diluncurkan, selai ini langsung habis diburu. Selai Lotus Biscoff sendiri dibuat dengan campuran karamel dan biskuit Lotus Biscoff. Biasanya selai ini mengandung 60% remah biskuit Lotus Biscoff dan sisanya adalah bahan-bahan lainnya.

 

Sekarang Teman Kuliner sudah tahu kan bagaimana silsilah dari Lotus Biscoff ini? Apakah Teman Kuliner sudah pernah mencoba olahan dari Lotus Biscoff? Kalau ingin mencobanya, Teman Kuliner bisa membeli aneka kuliner dengan campuran biskuit satu ini di tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Dirty Milk

Foto Dirty Milk
Foto Dirty Milk
Foto Dirty Milk

Kopi Molo

Foto Kopi Molo
Foto Kopi Molo
Foto Kopi Molo

Ben Gong's Tea

Foto Ben Gong's Tea
Foto Ben Gong's Tea
Foto Ben Gong's Tea

Kuro - Kuro

Foto Kuro - Kuro
Foto Kuro - Kuro
Foto Kuro - Kuro

Maza Gelato

Foto Maza Gelato
Foto Maza Gelato
Foto Maza Gelato

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?