Mencari Tahu Perbedaan Expired Date dan Best Before dalam Kemasan Makanan

18 Mei 2016 | 0 Komentar

Kamu sering membeli makanan atau minuman kemasan? Jangan sampai kamu menyamakan arti tanggal expired date (kadaluwarsa) dan best before dalam kemasan produk makanan atau minuman kamu, yah! Karena expired date dan best before merupakan dua hal yang berbeda. Kali ini PergiKuliner akan membantu menjelaskan perbedaannya supaya kamu lebih paham perbedaan keduanya. Yuk, simak!


Best Before

Best before adalah tanggal yang menyatakan kualitas produk tersebut. Tanggal ini hanya berhubungan dengan kualitas makanan, bukan keamanan makanan.  Artinya, kualitas makanan terbaik ada sebelum tanggal yang tercantum di produk. Setelah tanggal itu, kualitas makanan akan mulai berkurang, hanya saja tidak sampai membahayakan kesehatan dan masih aman untuk dikonsumsi.



Sumber: parade.com


Selama produk masih ada dalam kemasan, maka makanan masih aman, hanya saja kualitasnya akan menurun. Namun, jika kemasannya sudah dibuka dan terpapar kondisi lingkungan, maka kontaminasi bisa terjadi dan best before tidak akan berlaku lagi. Untuk produk makanan serta minuman segar, biasanya tanggal best before dicantumkan selama 90 hari kurang. Satu hal lagi yang perlu kamu tahu, bahwa tidak ada tanggal best before dalam makanan beku atau frozen food.


Expired Date

Sebaliknya, expired date adalah tanggal yang menunjukkan kalau produk tersebut sudah tak layak dikonsumsi. Jika makanan atau minuman dikonsumsi melebihi tanggal tersebut maka akan membahayakan kesehatan kamu, jadi sebaiknya kamu tidak lagi memakan atau mengonsumsinya yah.


Ada lima jenis produk makanan yang biasanya dilabeli expired date seperti, susu formula bayi dan pengganti ASI lainnya, suplemen gizi, makanan kaleng, makanan untuk diet rendah energi, dan diet cair yang diresepkan.


Nah, bagaimana, Teman PergiKuliner? Sudah mengerti tentang perbedaan expired date dan best before belum? Disarankan untuk jangan terlalu lama menyimpan makanan, terutama keju, daging, ayam, susu, serta telur. Jika sudah dibeli sebaiknya segera dikonsumsi agar kandungan gizi dan manfaatnya tetap terjaga.


Re.Juve

Puyo Silky Desserts

Panna Cotta Etc


Topik artikel ini: