Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Khas Malaysia yang Populer dan Disukai Banyak Orang

List Artikel
20 Oktober 2016 | 0 Komentar

Malaysia yang merupakan negeri tetangga kita ternyata memiliki aneka makanan khas yang perlu kamu coba. Beberapa kuliner khas Malaysia, sebagian besar mendapat pengaruh dari kuliner India, China, serta Melayu karena ketiga etnis tersebut merupakan penduduk mayoritas di Malaysia. Perpaduan ketiga etnis tersebut membuat Malaysia kaya akan ragam makanan. Beberapa di antaranya ada yang sangat terkenal dan populer sehingga kamu wajib mencobanya seperti kuliner di bawah ini:



1. Nasi Lemak



Sumber: pergikuliner.com


Nasi lemak khas Malaysia ini sebenarnya memiliki rasa yang mirip dengan nasi uduk ala Indonesia. Cara membuat nasi lemak ini adalah dengan merendam beras di dalam krim kelapa atau santan kental lalu ditambahkan dengan jahe, daun pandan, serta sereh kemudian dikukus hingga matang. Aroma gurihnya santan yang berpadu dengan wangi rempah-rempah membuat siapapun tak bisa menolaknya. Nasi lemak biasa disajikan dengan rendang sapi, ayam goreng, tumis kangkung, sambal teri, serta kacang tanah goreng. 



2. Palak Paneer



Sumber: hatha-yoga.nethouse.ru


Palak paneer merupakan kuliner Malaysia berupa kari yang dicampur dengan daging kambing, keju, dan bayam sehingga memiliki warna yang hijau. Palak Paneer biasa dikonsumsi sebagai pendamping roti dengan cara dicocol. Kuliner ini merupakan adaptasi dari kuliner khas India.



3. Sang Har Kuey Teow



Sumber: blog.tunehotels.com


Untuk makanan yang satu ini mendapat pengaruh besar dari masakan China. Sang har kuey teow merupakan mie telur yang dimasak dengan telur dan udang sungai. Rasanya sangat melimpah karena perpaduan dari kuah kaldu telur, kenyalnya mie, dan daging udang yang lembut.



4. Nasi Kandar


Sumber: malaysiatoast.files.wordpress.com


Nasi kandar merupakan nasi putih biasa yang disajikan dengan siraman kuah kari. Siraman kuah kari yang disediakan sangat beragam seperti kari kuning, dan kari merah. Nasi kandar disantap dengan tambahan aneka lauk seperti ayam goreng, cumi, telur, daging, jerohan dan lain-lainnya. Di Malaysia, nasi kandar biasa dijual oleh orang keturunan India atau Tamil.



5. Mee Siam


Sumber: en.wikipedia.org


Mee siam merupakan kuliner khas Malaysia mendapat julukann 'trully Malaysia'. Kuliner ini sangat kental dengan perpaduan budaya China dan Malaysia. Mee siam terbuat dari misua alias bihun yang disajikan dengan kuah asam pedas yang mirip dengan kuah laksa. Mee Siam disajikan dengan irisan telur dadar serta taburan daun bawang.



6. Bubur Century


Sumber: groupon.sg


Sekilas bubur ini memang terlihat seperti bubur nasi kebanyakan. Bubur ini memiliki keunikan yaitu adanya telur berwarna hitam atau yang disebut dengan telur pitan. Telur hitam ini sebenarnya berasal dari telur ayam atau bebek biasa, hanya saja diawetkan alias difermentasi selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan hingga warnanya berubah kehitaman.



7. Asam Laksa Penang


Sumber: blog.seasonwithspice.com


Tak hanya Singapura dan Indonesia yang memiliki laksa, di Malaysia laksa juga menjadi makanan khas. Meski sama-sama laksa, namun bahan serta rasanya tentu memiliki perbedaan. Asam laksa penang terbuat dari mie atau bihun yang disiram dengan kuah kental yang memiliki rasa asam pedas. Di atasnya ditambahkan beberapa bahan pelengkap seperti ikan makarel segar, selada, nanas, mentimun, irisan cabai merah, serta daun mint.


Mama Malaka

Foto Mama Malaka
Foto Mama Malaka
Foto Mama Malaka

Tjap Toean

Foto Tjap Toean
Foto Tjap Toean
Foto Tjap Toean

Penang Bistro

Foto Penang Bistro
Foto Penang Bistro
Foto Penang Bistro

Old Town White Coffee

Foto Old Town White Coffee
Foto Old Town White Coffee

Bong Kopitown

Foto Bong Kopitown
Foto Bong Kopitown
Foto Bong Kopitown

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?