Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Ciri Khas Croffle Autentik dan Enak Agar Tak Salah Beli

List Artikel
8 Oktober 2021 | 0 Komentar

Croffle adalah salah satu kuliner yang saat sedang viral di Indonesia. Keviralan croffle bahkan bisa membuat orang rela untuk mengantri hingga berjam-jam lamanya saat akan membelinya. Hal ini dikarenakan croffle menjadi kuliner unik yang didapat dari hasil inovasi perpaduan antara croissant dengan wafel. Inilah yang membuat banyak orang merasa penasaran dengan rasa dan juga tektur dari croffle. Ditambah lagi, foto dari kuliner ini sudah wara-wiri di media sosial sehingga membuat kita yang belum pernah mencobanya pasti akan merasa penasaran dan ingin sekali untuk mencobanya sendiri. Berhubung ada banyak sekali gerai croffle yang menjamur di luar sana, pastinya tidak semuanya menyajikan croffle yang autentik dan rasanya enak. Daripada Teman Kuliner kena zonk saat membelinya, ketahui dulu yuk bagaimana sebenarnya ciri khas croffle yang enak!



Sumber: Pergikuliner.com


1. Tekstur yang Garing di Luar dan Kenyal di Dalam

Ciri khas pertama dari croffle yang autentik bisa diketahui dari teksturnya. Croffle ini punya tekstur yang sangat unik dikarenakan dibuat dari dua perpaduan dessert yakni wafel dan croissant. Jadi coba saja bayangkan tekstur keduanya jika dipadukan seperti apa. Wafel memiliki tekstur yang agak kenyal sedangkan croissant identik dengan tekstur garing. Croffle yang autentik akan memiliki lapisan luar garing seperti croissant sementara bagian dalamnya ini memiliki tekstur yang agak kenyal seperti tekstur pada wafel. Ada croissant yang bagian luar dalamnya crispy dan ada juga yang teksturnya kenyal luar dalam, nah croissant seperti ini akan kurang terasa enak saat disantap.

 

2. Ada Banyak Lapisan di Dalamnya

Salah satu ciri khas croffle yang autentik adalah adanya lapisan yang banyak di dalamnya. Lapisan pada croffle terbentuk karena mentega dengan adonan tepung dibuat berlapis-lapis. Lapisan ini aslinya memang lapisan dari croissant itu sendiri dan biasanya akan ada lebih dari lima layer di dalamnya. Jika tidak ada lapisan layer maka tekstur dari croissant akan terasa agak bantet dan kenyalnya alot. Lapisan layer yang banyak akan membuat tekstur dalam croffle kenyal tapi empuk dan lembut.



Sumber: pergikuliner.com 


3. Punya Aroma Wangi Menteganya

Selanjutnya ada aroma wangi mentega yang bisa menandakan kalau croffle tersebut enak. Adonan croffle memiliki kandungan mentega yang sangat banyak sehingga dipanggang dengan cetakan waffle, maka aroma mentega yang wangi akan menyebar. Semakin banyak mentega yang digunakan, maka aroma croffle tak hanya wangi, tapi rasanya juga akan semakin enak dan tekstur di dalamnya juga akan semakin lembut tapi tetap kenyal.


4.  Bagian Luarnya Terlihat Glossy

Tahukah Teman Kuliner kalau kelezatan akan croffle ini juga bisa diketui dari tampilan luarnya. Croffle yang autentik dan enak akan memiliki lapisan luar yang terlihat glossy. Hal ini dikarenakan adanya gula yang ditaburkan sebelum dimasak dengan menggunakan cetakan sehingga gula yang meleleh terkena panas cetakan akan membuat lapisan karamel di bagian luar. Adonan croissant tidak punya rasa manis karena tidak ada kandungan gula di dalamnya sehingga harus dibantu dengan memberikan gula pada bagian luar sebelum dicetak dengan cetakan wafel. Jadi kalau tampilannya glossy, maka sudah pasti taburan gula di atasnya melimpah sehingga membuat rasa croffle jadi lebih enak.



Sumber: Pergikuliner.com 


5. Ada Tambahan Saus Cocolan

Ciri khas croffle yang terakhir adalah adanya saus cocolan yang disertakan. Biasanya saus cocolan tersebut adalah saus cokelat, strawberry, nutella, kacang, karamel, hingga aneka saus yang dbuat dari campuran buah-buahan segar. Ciri khas ini sebenarnya bukan menjadi ciri khas autentik dari croffle, tapi menjadi ciri khas croffle yang enak karena kelezatan dari saus cocolan bisa menambah enak dua kali lipat kelezatan dari croffle itu sendiri. Jadi kalau crofflenya enak dan saus cocolannya juga enak, maka kenikmatan yang Teman Kuliner rasakan menjadi dua kali lipat bukan?


Sekarang Teman Kuliner sudah tahu kan bagaimana ciri-ciri croffle autentik dan enak? Nah, biar lebih pasti PergiKuliner sudah merangkum beberapa kedai penjual croffle yang bisa kamu coba. Yuk mampir!

Dear Butter

Foto Dear Butter
Foto Dear Butter
Foto Dear Butter

Baker Man

Foto Baker Man
Foto Baker Man
Foto Baker Man

Social Affair Coffee & Baked House

Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House

Tokyo Gorilla

Foto Tokyo Gorilla
Foto Tokyo Gorilla
Foto Tokyo Gorilla

Bakerzin

Foto Bakerzin
Foto Bakerzin
Foto Bakerzin

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?