Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Istilah Food Shaming yang Sedang Tren dan Cara Mengatasinya

List Artikel
5 Juli 2023 | 0 Komentar

Pernahkah kamu mendengar istilah food shaming? Bagi sebagian orang, istilah food shaming mungkin tidak sefamiliar body shaming. Food shaming sedang menjadi topik yang hangat dibicarakan oleh para kalangan pecinta kuliner karena istilah ini memang merujuk pada makanan. Tak jauh berbeda dengan body shaming, istilah ini merujuk pada hal-hal negatif karena terdengar kurang baik. Istilah ini kebanyakan dikemukakan orang secara langsung, meski sebagian ada juga yang mengutarakannya secara online. Food shaming ini sering kali dilakukan secara tidak sengaja oleh seseorang. Meski dilakukan secara tidak sengaja, tetap saja food shaming adalah salah satu hal yang kurang baik untuk dilakukan. Lantas sebenarnya apa itu food shaming? Untuk tahu lebih jelasnya, kamu bisa membaca penjelasan di bawah ini!

 


Sumber: revivewellness.ca


Apa Itu Food Shaming?

Food shaming merupakan istilah yang diambil dari bahasa Inggris. Kata ‘food’ sendiri memiliki arti makanan, sementara kata ‘shaming’ memiliki arti mempermalukan. Jika kedua kata ini digabungkan, maka akan memiliki arti makanan yang memalukan. Sebenarnya artian dari food shaming tidak jauh berbeda dari arti harfiahnya. Food shaming adalah ucapan yang berbentuk sindirian atau nyinyiran mengenai makanan yang sedang kita konsumsi. Tentunya hal ini akan kurang mengenakkan jika kita alami.

 

Kata-kata yang Termasuk Food Shaming

Sindiran yang dimaksud dalam food shaming sering kali kita jumpai dalam keseharian karena kata-kata tersebut terbilang cukup sederhana tapi ternyata termasuk dalam kategori food shaming. Berikut kata-kata yang sering kita dengar yang dianggap sebagai food shaming.


  • "Kok makannya dikit banget? Lagi ngirit, ya?"
  • "Kamu udah makan dua porsi masih belum kenyang? Rakus amat sih kayak nggak pernah makan aja!"
  • "Jangan sering-sering makan itu lho, banyak lemaknya, nanti bisa gendut!"
  • "Kamu makan apa sih? Baunya nggak enak banget!"
  • "Kenapa cuma makan sayur? Lagi diet nih pastinya! Coba makan yang lain juga dong biar gizinya nambah!"
  • "Menu makananmu kok itu-itu aja? Ngelihatnya aja aku udah bosan."


Ucapan-ucapan tersebut sering kita dengar. Bagi sebagian orang mungkin itu terdengar sederhana dan sepele, tapi jika orang yang dituju merasa kurang nyaman atau kurang berkenan dengan ucapan tersebut, maka ucapan yang dilontarkan bisa menjadi food shaming.

 

Alasan Orang Melakukan Food Shaming

Pada kasus food shaming, rata-rata pelakunya memang tidak sadar atau tidak tahu kalau sedang melakukan food shaming. Hal ini dikarenakan beberapa faktor. Mulai dari kebiasaan yang ada di lingkungan keluarga, faktor kesehatan yang pernah dialami, hingga hubungan dengan makanan tersebut. Misalkan saja kamu terbiasa untuk menyantap buah setelah makan makanan utama, saat melihat ada teman yang makan cake setelah makan utama, tanpa disadari, kamu mungkin akan berkomentar, “Habis makan besar kok malah makan cake? Pantas aja tubuhmu gak sehat.” Hal-hal seperti ini yang bisa dikategorikan sebagai food shaming.  

 

Cara Mengatasi Food Shaming

Food shaming lebih banyak dilakukan oleh sekitar kita dibanding orang asing. Untuk mengatasi food shaming, ternyata ada cara-cara yang bisa kamu lakukan. Cara yang pertama adalah dengan menegur orang tersebut dengan baik-baik. Beri tahulah bahwa kata-kata yang dilontarkan tersebut kurang baik untuk didengar. Berikan penjelasan sejelas mungkin supaya orang tersebut bisa memahami perilaku yang sudah dilakukan. Cara yang terakhir untuk mengatasi food shaming adalah bersikap tenang saat dikomentasi dan hadapilah dengan kepala dingin.


Itulah pengertian dari food shaming dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa menambah pengetahuanmu nantinya, ya. Kalau kamu ingin menyantap makanan sehat yang rasanya lezat, di bawah ini PergiKuliner sudah mengumpulkan daftar rekomendasinya buat kamu!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Salad Point ID

Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID

Bonfire

Foto Bonfire
Foto Bonfire
Foto Bonfire

Hijoo Salad

Foto Hijoo Salad
Foto Hijoo Salad
Foto Hijoo Salad

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?