Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengulik Alasan Nastar Selalu Jadi Ikon Kue Lebaran yang Tetap Hits

List Artikel
7 Juni 2019 | 0 Komentar

Mendengar kata kue kering lebaran, apa yang langsung terlintas dalam pikiran kamu. Selain kue kastangel dan puteri salju, ada kue nastar yang tak boleh luput dari daftar kue kering lebaran. Kue yang memiliki rasa manis ini asalnya bukanlah dari Indonesia melainkan dari Belanda. Nama nastar berasal dari bahasa Belanda "ananas" dan "tart" yang kemudian penggunaannya digabung alias disingkat menjadi satu hingga menjadi nastar. Kue kering ini konon tercipta pada zaman penjajahan Belanda karena terinspirasi dari kue pie.


Sumber: Publikreport.com


Pada masa itu, kue pie sangat terkenal di negara-negara Barat sehingga orang-orang Belanda yang tinggal di Indonesia sering membuatnya. Kue pie yang aslinya terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, gula, dan telur ini biasanya diberi topping aneka selai yang terbuat dari buah-buahan seperti strawberry, blueberry, atau apel. Berhubung di Indonesia ketiga buah tersebut sangat sulit ditemukan, maka orang-orang Belanda memutuskan untuk menggantinya dengan buah nanas karena selain buah nanas sangat mudah ditemukan di Indonesia, buah ini juga memiliki harga yang sangat murah dan punya cita rasa asam manis yang cocok untuk selai buah.


Sumber: Detik.net.id


Kue pie yang menggunakan selai nanas ini kemudian dimodifikasi bentuknya menjadi bulatan kecil agar lebih mudah disantap. Selai nanas yang tadinya dijadikan topping lalu dijadikan sebagai isian. Untuk menambah aromanya agar lebih wangi, pada bagian atas diberi cengkeh yang pada masa itu sangat melimpah di Indonesia. Berhubung harga rempah-rempah seperti cengkeh sangat mahal di dunia, maka jadilah kue pie bulat yang diatasnya diberi cengkeh tersebut menjadi kue kering yang hanya bisa disantap oleh kalangan bangsawan saja. Lambat laun kue pie isi selai nanas yang sudah berganti nama menjadi kue nastar ini akhirnya bisa dinikmati oleh semua kalangan semenjak merdekanya Indonesia.


 Sumber: Lapislapis.co.id


Tidak diketahui secara pasti sejak kapan kue nastar ini selalu muncul saat lebaran. Tapi pastinya kue ini tetap hits karena bahan-bahan yang digunakan tidaklah semahal kue kastangel. Apalagi harga buah nanas tergolong sangat murah di Indonesia karena mudah tumbuh sehingga banyak dibudidayakan. Ditambah lagi, kue nastar memiliki cita rasa yang manis sehingga disukai banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Seiring dengan perkembangan zaman, kue nastar telah mengalami banyak modifikasi, kamu bisa menemukan kue nastar keju, nastar durian, hingga nastar cokelat.


Tak hanya muncul pada Hari Raya Idul Fitri, kue nastar juga sering muncul pada perayaan hari besar lainnya seperti Natal dan tahun baru serta Imlek. Ini membuktikan kalau cita rasa kue nastar sangat merakyat sehingga tetap hits meski ada banyak kue-kue kering modern lainnya. 

Lalu, apakah di lebaran tahun ini kamu akan menyajikan kue nastar? Pastinya kan! Tapi, untuk memodifikasi sedikit cemilan lebaran kamu di rumah, nggak ada salahnya kalau kamu coba menyajikan aneka kue kering seperti di bawah ini!

La Maison

Foto La Maison
Foto La Maison
Foto La Maison

Igor's Pastry

Foto Igor's Pastry

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?