Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sama-sama dari Ikan Tenggiri, Ini Bedanya Siomay vs Batagor!

List Artikel
13 Januari 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang suka menyantap siomay dan batagor? Siomay dan batagor merupakan kuliner tradisional khas Bandung yang juga dikenal sebagai kuliner kaki lima. Hal ini dikarenakan batagor dan siomay banyak dijual oleh pedagang gerobak yang menjajakan jajanannya di pinggir jalan atau trotoar kaki lima. Menjadi kuliner khas Bandung yang merakyat, seringkali kita salah mengenali siomay dan batagor ini. Terutama jika sudah diberi siraman saus kacang. Siomay dan batagor memang sama-sama diberi saus kacang. Persamaan lainnya dari batagor dan siomay ini adalah sama-sama menggunakan bahan baku ikan tenggiri yang digiling. Lantas kalau begitu apa saja perbedaannya? Coba langsung lihat saja yuk!



Sumber :  Tokomesin.com


1. Asal Usul

Jika dilihat dari sejarah asal usulnya, sebenarnya batagor dan siomay ini berbeda loh. Siomay memang berasal dari Bandung, tapi kuliner ini ada pengaruh dari Mongolia. Siomay memang diadaptasi dari kuliner Mongolia yang serupa yakni ‘shao-mai’ yang berarti tepung terigu. Sedangkan batagor ini asli dari Bandung tanpa ada pengaruh dari kuliner manapun. Batagor merupakan singkatan dari bakso-tahu-goreng. Jadi, batagor awalnya dijual oleh seorang pedagang bakso tahu yang mencoba mengkreasikan dagangannya dengan cara mencelupkan bakso tahu pada adonan tepung dan menggorengnya. Inilah yang menjadi cikal bakal kuliner bernama batagor.

 

2. Bahan-bahan yang Digunakan

Selanjutnya kita bisa membedakannya dari bahan-bahan yang digunakan. Batagor dan siomay memang sama-sama dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri giling, tapi terlepas dari ikan tenggiri, siomay juga menggunakan jenis bahan utama lainnya seperti daging, udang, hingga ayam. Sedangkan untuk batagor hanya menggunakan ikan tenggiri saja. Selain itu, untuk batagor dibalut dengan bahan tahu cokelat atau putih serta kulit pangsit saja. Sedangkan untuk siomay hanya dibungkus pada kulit pangsit saja. 

 

3. Bumbu yang Digunakan

Selanjutnya dari bumbu yang digunakan. Batagor dan siomay memang sama-sama diberi bumbu kacang. Tapi tahukah kamu kalau bumbu kacang yang digunakan untuk siomay dan batagor ini berbeda. Pada bumbu siomay warnanya lebih terlihat lebih cokelat muda, sedangkan pada batagor cenderung cokelat tua. Hal ini karena bumbu kacang pada batagor sudah dicampur dengan cabai di dalamnya. Selain itu, tekstur bumbu kacang pada siomay lebih halus. Sedangkan pada batagor lebih kasar.

 

4. Cara Memasak

Kalau kita merunut pada cara memasaknya, maka kamu juga bisa melihatnya dari segi tampilannya. Untuk cara memasak batagor adalah digoreng sehingga warna tampilannya luarnya jadi kecoklatan. Lain halnya dengan siomay yang dikukus sehingga tampilan luarnya putih pucat. Meski begitu, ada beberapa pedagang batagor yang mengukus adonan terlebih dahulu baru menggorengnya.

 

Itulah beberapa perbedaan dari siomay dan batagor yang perlu kamu ketahui. Sekarang sudah tidak tertukar atau salah mengenali lagi bukan? Nah, jika kepengen coba kedua kuliner tersebut, kamu bisa datangi salah satu tempat di bawah ini ya!

Batagor & Siomay Kabita

Foto Batagor & Siomay Kabita
Foto Batagor & Siomay Kabita
Foto Batagor & Siomay Kabita

Batagor - Siomay Nabil

Foto Batagor - Siomay Nabil
Foto Batagor - Siomay Nabil

Siomay Babi Lim

Foto Siomay Babi Lim

LeeLoo Siomay

Foto LeeLoo Siomay
Foto LeeLoo Siomay

Siomay AMK

Foto Siomay AMK
Foto Siomay AMK
Foto Siomay AMK

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?