Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Aneka Dressing Sauce yang Sering Tertukar

List Artikel
9 September 2023 | 0 Komentar

Dressing sauce merupakan sebuah istilah yang digunakan pada saus untuk aneka olahan kuliner Barat. Dressing sauce bisa digunakan untuk salad, keripik, hingga aneka gorengan. Tujuan dasar dari penggunaan dressing sauce ini adalah untuk menambah rasa pada sajian kuliner. Dengan adanya dressing sauce, maka rasa kuliner bisa jadi lebih lezat karena ada tambahan rasa gurih, asin, maupun manis di dalamnya. Dressing sauce bisa dibuat dari berbagai macam bahan, mulai dari mayones, mustard, kuning telur, minyak zaitun, cream cheese, yoghurt, hingga rempah-rempah sehingga aroma dan rasanya menjadi lebih kuat. Dari sekian banyaknya dressing sauce yang ada di dunia, ternyata ada beberapa yang memiliki tampilan cukup mirip satu sama lain sehingga sering salah dikenali. Di bawah ini ada lima dressing sauce yang sering kali tertukar. Yuk, simak pembahasannya!

 

1. Ranch Dressing



Sumber: delish.com


Dressing sauce yang pertama adalah ranch dressing yang sangat populer di Amerika. Saus ini memiliki tampilan warna putih susu dengan tekstur yang agak kental. Saus ini terbuat dari bahan dasar mayones yang dicampurkan dengan yoghurt, bawang putih cincang, daun dill, dan irisan peterseli segar. Jika tidak ingin menggunakan yoghurt, ada bitter cream yang bisa menggantikannya. Rasa dari ranch dressing ini cenderung agak asam dengan aroma rempah yang cukup dominan. Ranch dressing sering digunakan sebagai saus untuk salad sayur dan vegetable finger atau sayuran segar yang dipotong seukuran jari. Selain itu, dressing sauce ini juga cocok sebagai cocolan untuk kentang goreng.

 

2. Blue Cheese Dressing



Sumber: forkinthekitchen.com


Blue cheese dressing merupakan jenis dressing sauce yang tampilannya putih susu dengan tekstur kental. Sekilas kamu pasti akan merasa kesulitan untuk membedakannya dengan ranch dressing. Namun saat kamu mencium aromanya, pasti akan berbeda. Blue cheese dressing memiliki aroma keju yang sangat kental sehingga wanginya cukup kuat. Blue cheese dressing terbuat dari bahan dasar blue cheese yang sudah sangat matang lalu dihancurkan dan dicampur dengan mayones, sour cream, bubuk bawang putih atau bawang putih cincang, lada, dan irisan parsley segar. Bahan sour cream bisa digantikan dengan white wine vinegar. Untuk rasanya, blue cheese dressing punya rasa yang gurih agak asam.

 

3. Tartar Sauce



Sumber: inspiredtaste.net


Selanjutnya, ada tartar sauce yang pastinya sudah sangat dikenal sebagai dressing sauce juga dipping sauce yang sering digunakan pada banyak kuliner Barat. Mulai dari fish and chips hingga aneka gorengan. Tartar sauce dibuat dari bahan dasar yang sangat sederhana yakni mayones, acar mentimun yang dicincang halus, perasan lemon, kecap asin, mustard, lada, dan daun dill. Aroma dari tartar ini tidak terlalu menyengat dengan rasa yang cukup light jika dibandingkan dengan dressing sauce serupa lainnya.

 

4. Tzatziki



Sumber: theheadfulideas.com


Tzatziki adalah dressing sauce yang termasuk dalam kuliner tradisional Yunani. Saus ini terbuat dari bahan dasar Greek yoghurt yang dicampur dengan mentimun yang diparut halus, bawang putih cincang, irisan daun mint, daun dill, dan minyak wijen. Saus ini memiliki rasa yang asam dengan sedikit rasa pedas menyegarkan di dalamnya karena adanya campuran daun mint. Biasanya, tzatziki ini dijadikan siraman saus pada gyro yang merupakan sejenis kebab ala Yunani. Selain itu, tzatziki juga sering disantap dengan falafel yang merupakan olahan kacang polong.

 

5. Haydari


Sumber: thegreencreator.com 


Terakhir, ada haydari yang merupakan dressing sauce asal Turki yang sekilas memang mirip dengan tzatziki. Saus ini dibuat dari yoghurt, bawang putih cincang, daun mint, daun dill, dan minyak zaitun. Perbedaannya dari tzatziki adalah teksturnya yang jauh lebih kental karena menggunakan jenis yoghurt yang berbeda. Ditambah lagi, rasanya cenderung lebih segar dan asam. Haydari biasanya dijadikan sebagai saus untuk roti pita, kebab, hingga olahan daging lainnya.

 

Itulah aneka dressing sauce yang terlihat serupa tapi tak sama. Jadi, apakah mulai sekarang kamu bisa membedakan kelimanya dengan benar? Dressing sauce memiliki peran sentral dalam menghadirkan cita rasa istimewa pada berbagai hidangan seperti salad, sandwich, wrap, dan lain-lain. Buat yang suka menyantap kuliner dengan campuran dressing sauce, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Greenly

Foto Greenly
Foto Greenly
Foto Greenly

Hijoo Salad

Foto Hijoo Salad
Foto Hijoo Salad
Foto Hijoo Salad

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Salad Point ID

Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?