Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tujuh Kebiasaan Buruk Setelah Makan yang Harus Kamu Hindari

List Artikel
14 Januari 2016 | 0 Komentar

Setiap orang punya kebiasaan yang berbeda seusai menyantap makanan. Kebanyakan ada yang merokok setelah makan. Alasannya bermacam-macam, mulai dari membuat tubuh lebih santai hingga membantu pencernaan lebih baik. Padahal, merokok setelah makan bisa berakibat buruk bagi tubuh kamu. Merokok setelah makan bahayanya sama dengan mengonsumsi 10 rokok sekaligus. Hal itu bisa meningkatkan resiko radang paru-paru serta kanker dalam perut. Selain merokok, masih ada tujuh kebiasaan buruk lainnya setelah makan yang harus kamu hindari:


1. Mandi

Ahli kesehatan menyarankan tidak langsung mandi setelah makan. Mandi ketika perut dalam kondisi penuh akan melemahkan sistem pencernaan dan mengganggu proses pencernaan.

 

2. Menari

Menari mungkin bisa disamakan seperti membakar lemak, tapi menari setelah makan sama saja seperti melakukan kegiatan ekstrem lainnya yang akan mempersulit penyerapan nutrisi oleh usus.


3. Jalan Cepat

Kamu pernah merasakan perut seperti tertusuk-tusuk jika langsung berjalan cepat setelah makan? Sebaiknya kamu hindari berjalan cepat setelah makan. Berjalan cepat setelah makan dapat mengganggu penyerapan makanan oleh tubuh, menimbulkan perasaan mual dan limbung.


4. Makan Buah

Makan buah memang sangat menyehatkan bagi tubuh, namun jika mengonsumsinya setelah makan bisa berakibat tubuh tidak mendapatkan nutrisi dan proteinnya. Ditambah lagi perut terlalu penuh sehingga sulit mencerna serat. Konsumsilah buah sebelum makan agar nutrisi dan protein bisa terserap dengan baik.


5. Minum Air Dingin

Kamu lebih suka minum air dingin setelah makan? Jangan lakukan lagi ya guys! Air dingin tidak mendukung pencernaan yang baik dan penyerapan nutrisi. Minumlah air hangat agar tubuh bisa menyerap nutrisi dengan baik.

 

6. Tidur

Setelah mengonsumsi makanan berat, tidur akan menjadi hal yang berbahaya. Ketika tubuh berbaring, makanan yang dicerna, termasuk asam dalam lambung, akan kembali naik ke kerongkongan. Karena paksaan gravitasi itu, asam akan merusak lapisan kerongkongan.


7. Teh Hangat

Air hangat mungkin bagus dikonsumsi setelah makan. Tapi jangan menggantinya dengan teh hangat. Teh hangat bisa menyerap protein dari makanan yang kamu konsumsi sehingga tubuh tidak mendapat apa-apa. Kandungan tanin yang ada dalam teh juga bisa mencegah penyerapan zat besi oleh tubuh.



Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?