Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk, Mengenal Makanan Pendamping Setia Sushi yang Tak Pernah Absen

List Artikel
8 Mei 2017 | 0 Komentar

Siapa yang tak kenal sushi. Kuliner khas Jepang yang paling terkenal setelah ramen ini memang sudah menjadi ciri khas negeri Sakura. Sushi adalah kuliner yang terbuat dari bahan baku nasi yang dipadu dengan aneka hidangan laut dan sayuran. Bentuk sushi yang kecil memang sengaja dibuat agar memudahkan orang yang menyantapnya alias bisa sekali lahap tanpa perlu menggigitnya. Dilihat dari bentuknya, sushi terbagi menjadi lima jenis, yakni maki sushi, nigiri, chirasi, oshi, dan inari. Berbicara tentang sushi, kamu pasti sering melihat makanan pendamping setia yang selalu ada pada sajian sushi. Ada empat makanan pendamping sushi yang wajib ada pada penyajian sushi, yaitu:

 

1. Wasabi



sumber : sushilove.com

 

Si hijau yang beraroma tajam dan bercita rasa pedas ini berasal dari tanaman yang bernama wasabia japonica. Meski aromanya sangat tajam dan pedas, tapi ada banyak orang yang menambahkan wasabi dalam sushi mereka. Penyajian wasabi pada sushi bukanlah tanpa sebab lho! Wasabi mengandung anti bakteri yang menetralkan racun pada ikan mentah yang ada pada sushi agar kamu terhindar dari keracunan dan masalah pencernaan.

 

2. Gari


Sumber: japaneseflavour.com

 

Gari alias acar jahe adalah pendamping setia sushi lainnya yang terlihat sangat cantik dengan warna merah muda. Bentuknya menyerupai serutan tipis dengan tekstur licin. Acar jahe ini memiliki khasiat yang sama dengan wasabi yakni bisa mencegah kamu dari keracunan ikan mentah. Perut kamu juga bisa terasa lebih nyaman saat menyantap sushi.

 

3. Shoyu



Sumber: goinjapaneseque.com


Shoyo adalah kecap Jepang yang bercitarasa asin bercampur manis. Shoyu sering dijadikan sebagai saus cocolan sushi agar citarasanya jadi lebih kaya. Shoyu terdiri dari dua jenis berdasarkan kekentalan dan rasanya, yakni shoyu tamari dengan tekstur lebih encer dan citarasa yang lebih asin. Lalu ada shoyu koikuchi yang lebih kental dengan citarasa manis yang dominan.

 

4. Shichimi



Sumber: keywordsuggestion.com


Shichimi sering dijuluki sebagai bubuk ajaib khas Jepang. Bubuk ini selalu kamu temukan pada aneka sajian masakan Jepang, termasuk sushi. Shichimi terbuat dari tujuh bahan seperti kulit jeruk, cabai, bubuk nori, wijen, dan masih banyak lagi. Semuanya dikeringkan dan dihaluskan lalu dicampur menjadi satu. Shichimi biasa kamu jumpai dalam bentuk botol kecil. 


Nah, sudah tahu kan apa saja makanan pendamping sushi dan manfaatnya? Bagi teman PergiKuliner yang belum mencoba makanan pendamping sushi seperti di atas, yuk cek rekomendasi tempat makan sushi versi PergiKuliner di bawah ini, biar kamu nggak ketinggalan!

Akira Back Indonesia

Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia

Poke Sushi

Foto Poke Sushi
Foto Poke Sushi
Foto Poke Sushi

Genki Sushi

Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi

Kiyadon Sushi

Foto Kiyadon Sushi
Foto Kiyadon Sushi
Foto Kiyadon Sushi

Sushi Groove

Foto Sushi Groove
Foto Sushi Groove
Foto Sushi Groove

Mau tau dimana saja restoran Jepang enak di wilayah Jakarta dan sekitarnya? Cari tahu di Pergikuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?