Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Ubi Khas Jepang yang Cocok Buat Dessert dan Camilan

List Artikel
4 April 2021 | 0 Komentar

Ada banyak sekali olahan ubi khas Jepang yang menjadi kuliner tradisional. Jepang merupakan salah satu negara yang membudidayakan ubi dalam jumlah besar dan juga termasuk salah satu negara dengan konsumsi ubi terbesar di dunia. Banyaknya konsumsi ubi di Jepang ini dipengaruhi oleh sulitnya pasokan beras pada masa perang dunia sehingga masyarakat setempat mulai menjadikan ubi sebagai makanan pokok selama masa perang. Layaknya ubi pada umumnya, ubi Jepang memiliki tekstur yang lembut setelah dimasak dan punya cita rasa manis yang khas. Masyarakat Jepang paling suka menyantap ubi dengan cara dibakar atau dikukus. Tapi selain itu, ubi juga bisa diolah menjadi beragam kuliner enak. Ada lima olahan ubi khas Jepang yang cocok buat dessert dan camilan, yaitu:

 

1. Imo Manju



Sumber: Shopify.com 


Olahan ubi khas Jepang yang pertama adalah imo manju. Imo manju ini merupakan jajanan tradisional yang bisa dengan mudah dijumpai di toko kue hingga mini market di Jepang. Imo manju dibuat dari ubi yang dikukus lalu dihaluskan dan dibentuk bulat lalu diberi isian pasta kacang merah dan dipanggang hingga warna luarnya kecoklatan. Jika ingin sensasi tekstur yang berbeda, terkadang imo manju juga dicampur dengan kentang. Imo manju paling enak disantap dengan sebagai teman pendamping minum teh.


2. Daigaku Imo



Sumber: Justonecookbook.com


Daigaki imo merupakan olahan ubi khas Jepang selanjutnya yang  bisa bikin teman kuliner ingin mencicipnya. Daigaku imo dibuat dari bahan dasar ubi yang dipotong-potong lalu digoreng hingga renyah. Setelah matang, ubi tersebut akan dibalur dengan saus karamel sehingga teman kuliner akan merasakan sensasi manis yang legit. Jangan lupa juga untuk menambahkan taburan biji wijen di atasnya.

 

3. Imo Yokan



Sumber: Japancentre.com


Imo yokan menjadi salah satu olahan ubi khas Jepang yang cocok buat dessert dan camilan. Imo yokan termasuk dalam kategori wagashi yang sering disajikan saat acara minum teh. Imo yokan menggunakan bahan utama ubi yang dicampur dengan agar-agar sehingga teksturnya padat dan kenyal tapi tetap lembut. Imo yokan bisa disajikan begitu saja atau bisa juga ditambahkan kacang azuki atau kismis untuk memperkaya tekstur dan rasanya.


4. Kintsuba Ubi



Sumber: Delishhome.web.app


Kintsuba ubi juga merupakan salah satu jenis wagashi yang sering dikonsumsi sebagai teman minum teh. Kintsuba ubi dibuat dari bahan dasar ubi yang direbus atau dikukus hingga empuk lalu dihaluskan dan dibentuk kotak. Barulah setelah itu, kintsuba ubi ini dibalur dengan adonan tepung ketan dengan air lalu dipanggang di atas wajan hingga matang seluruh bagiannya. Sebagai hiasan, Teman Kuliner bisa menambahkan biji wijen hitam setelah kintsuba ubi masih setengah matang sehingga dapat menempel dengan benar.

 

5. Mochi Ubi



Sumber: Tashing.com.sg


Olahan ubi khas Jepang yang terakhir adalah mochi ubi. Mochi ubi ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan mochi pada umumnya karena sama-sama dibuat dari bahan dasar tepung ketan. Perbedaannya terletak pada isiannya karena isian mochi ubi tentu saja dari ubi yang sudah dikukus lalu dihaluskan. Jenis ubi yang digunakan kebanyakan adalah ubi ungu. Tapi jenis ubi lain juga cocok kok digunakan sebagai isian mochi. Mochi ubi ada yang dicampur dengan kacang sangrai cincang dan ada yang tidak.


Itulah beberapa olahan ubi khas Jepang yang cocok buat dessert dan camilan. Buat teman kuliner yang mau makan dessert atau camilan khas Jepang, bisa langsung mampir ke tempat-tempat rekomendasi Pergikuliner di bawah ini ya!

Mochi Mochio

Foto Mochi Mochio
Foto Mochi Mochio
Foto Mochi Mochio

Classical Mochi

Foto Classical Mochi
Foto Classical Mochi
Foto Classical Mochi

Mocha Mochi

Foto Mocha Mochi
Foto Mocha Mochi
Foto Mocha Mochi

Uji Matcha

Foto Uji Matcha
Foto Uji Matcha
Foto Uji Matcha

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?