Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Camilan Berbahan Ikan Paling Digemari di Indonesia

List Artikel
19 Oktober 2016 | 0 Komentar

Ikan menjadi salah satu protein hewani yang sangat bagus untuk tubuh. Indonesia yang kaya akan hasil lautnya membuat ada banyak kuliner berbahan dasar ikan di Indonesia. Ikan mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, serta omega 3 yang sangat bermanfaat bagi perkembangan otak sehingga tak heran jika ikan menjadi salah satu makanan yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak. Di Indonesia, ikan tak hanya digoreng atau dikukus begitu saja tapi dijadikan aneka camilan dengan citarasa yang berbeda. Ingin tahu ada camilan apa saja yang terbuat dari ikan, yuk kita lihat!

 

1. Batagor


Sumber: pergikuliner.com


Batagor merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng yang berasal dari Bandung. Cemilan ini berbentuk tahu yang diisi dengan adonan tepung tapioka dan ikan tenggiri. Untuk menambah cita rasa, batagor biasa disajikan bersama dengan pangsit goreng dan diberi bumbu kacang, air perasan jeruk limau, kecap, dan saus sambal.

 

2. Siomay


Sumber: pergikuliner.com


Selain batagor ada siomay yang terbuat dari ikan tenggiridan tepung terigu yang dibungkus dengan kulit pangsit lalu dikukus. Siomay disajikan bersama aneka pendamping seperti kentang, kol, dan tahu kukus. Sama seperti batagor, siomay dimakan bersama dengan bumbu kacang, kecap, air perasan jeruk limau, serta saus sambal.

 

3. Otak-Otak


Sumber: pergikuliner.com


Otak-otak terbuat dari campuran ikan tenggiri yang dihaluskan lalu dicampur dengan tepung kanji dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar di atas arang. Aroma wangi pempek saat sedang dibakar sangat menggoda sehingga kamu pasti tak akan bisa menolaknya. Otak-otak disajikan bersama dengan saus kacang yang akan menambah citarasa lezatnya.

 

4. Pempek


Sumber: pergikuliner.com


Camilan khas Palembang yang satu ini merupakan salah satu olahan ikan yang paling banyak disukai masyarakat Indonesia. Kamu bisa menggunakan ikan tenggiri, ikan gabus, atau ikan belida untuk membuat pempek. Ada banyak jenis pempek yang bisa kamu santap seperti pempek lenjer yang memiliki bentuk silinder tabung, pempek adaan yang berbentu bulat, pempek kapal selam yang ditambahkan telur, dan masih banyak lagi. Pempek disantap dengan kuah cuko yang terbuat dari air, gula merah, ebi, cabai rawit tumbuk, bawang putih halus, dan garam.

 

5. Tekwan


Sumber: pergikuliner.com


Palembang tak hanya terkenal akan pempeknya saja, tapi juga tekwan. Tekwan merupakan sup bola-bola yang terbuat dari campuran ikan dan sagu yang direbus bersama dengan kuah udang.  Tekwan disajikan dengan irisan bengkoang, jamur, bihun, serta daun bawang. Tekwan paling pas disantap hangat-hangat saat hujan.

Batagor & Siomay Kingsley

Foto Batagor & Siomay Kingsley

Pempek Unyil

Foto Pempek Unyil
Foto Pempek Unyil
Foto Pempek Unyil

Sari Sanjaya

Foto Sari Sanjaya
Foto Sari Sanjaya
Foto Sari Sanjaya

Otak - Otak Binatu AN

Foto Otak - Otak Binatu AN

Siomay & Es Sekoteng Bogor Permai

Foto Siomay & Es Sekoteng Bogor Permai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?