Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Fakta Tentang Wasabi, Si Hijau yang Jadi Cocolan Sushi

List Artikel
2 Februari 2017 | 0 Komentar

Wasabi dikenal sebagai saus cocolan sushi yang memiliki aroma yang sangat tajam sehingga membuat perpaduan citarasa sushi menjadi sangat kuat. Wasabi dijual dalam bentuk pasta dengan tektur yang lumayan kental. Tak hanya sebagai pelengkap sushi, wasabi terkadang dijadikan pembangkit selera makan karena saat kamu mencocol sushi ke wasabi, maka tangan dan mulut kamu akan terus menyambar potongan sushi terus menerus. Ada banyak manfaat menyantap wasabi seperti bisa mengurangi resiko kanker, mencegah penuaan dini, mengobati penyakit flu, serta mengurangi resiko penyakit jantung. Buat kamu yang gemar menyantap wasabi sebagai cocolan sushi, kamu harus tahu kelima fakta tentang wasabi di bawah ini!

 


Sumber: ciricara.com


1. Wasabi Sulit Tumbuh

Wasabi terbuat dari tanaman wasabi yang sangat sulit tumbuh karena tanaman hijau ini sangat rapuh dan sensitif terhadap lingkungan sekitarnya. Tanaman wasabi membutuhkan air bersih segar untuk akarnya dan memerlukan kelembaban udara yang pas. Jika kelembaban udara terlalu tinggi, maka tanaman wasabi akan mudah mati. Tanaman ini juga mudah sekali terkena hama penyakit. Oleh karena itu, harga tanaman wasabi bisa dijual dengan sangat mahal, satu kilogramnya bisa mencapai sekitar Rp 1.000.000- Rp 1.500.000

 

2. Wasabi Satu Keluarga dengan Brokoli

Wasabi termasuk dalam keluarga Brassicaceae yang memiliki hubungan erat dengan brokoli (Brassica oleracea), Bok Choy (Brassica rapa), dan kembang kol (Brassica oleracea-kelompok Botrytis). Meski terlihat sangat berbeda, tanaman wasabi dan lobak memiliki tekstur yang sama sehingga lobak sering dijadikan campuran wasabi untuk mengurangi harganya yang sangat mahal.  

 

3. Rasa Wasabi Cepat Hilang

Wasabi dikenal memiliki citarasa serta aroma yang sangat kuat sehingga kamu bisa dengan mudah mengenalinya. Tapi ternyata meski aromanya sangat kuat, citarasa wasabi yang asli cepat hilang jika dibiarkan di udara terbuka terlalu lama. Oleh karena itu, para chef selalu menyelipkan wasabi ke dalam daging ikan mereka untuk menjaga citarasanya tetap terjaga.

 

4. Kenapa Wasabi Digunakan Sebagai Cocolan Sushi

Pernah tidak kamu berpikir kenapa sih wasabi dijadikan cocolan sushi? Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan guys, karena wasabi mengandung isothiocyanate, sebuah insektisida yang ampuh dan bakterisida yang membantu memerangi bakteri pada makanan. Berhubung sushi kebanyakan terbuat dari ikan mentah, maka penggunaan wasabi bisa berfungsi mencegah kamu dari keracunan makanan.

 

5. Wasabi Asli Hanya Disajikan di Restoran Kelas Atas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, wasabi memiliki harga jual yang sangat tinggi karena wasabi termasuk tanaman langka dan sangat susah untuk didapat. Oleh karena itu wasabi asli hanya disajikan di restoran kelas atas. Lalu bagaimana dengan wasabi yang selama ini ada di supermarket atau yang disajikan di restoran biasa? Itu adalah wasabi pengganti yang terbuat dari lobak, pati, mustard, dan pewarna makanan.

 

Sudah tahu khan kelima fakta tentang wasabi. Sekarang mendingan kamu langsung menyantap sushi dengan cocolan wasabi di beberapa gerai sushi di bawah ini!

Tokyo Belly

Foto Tokyo Belly
Foto Tokyo Belly

Sushi Groove

Foto Sushi Groove
Foto Sushi Groove
Foto Sushi Groove

Itacho Sushi

Foto Itacho Sushi
Foto Itacho Sushi
Foto Itacho Sushi

3 Wise Monkeys

Foto 3 Wise Monkeys
Foto 3 Wise Monkeys
Foto 3 Wise Monkeys

Akira Back Indonesia

Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?