Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Gorengan Khas Jepang yang Cocok Dijadikan Lauk

List Artikel
18 Juli 2017 | 0 Komentar

Gorengan adalah bentuk kuliner yang dimasak dengan cara digoreng. Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang paling banyak memiliki variasi gorengan, mulai dari gorengan bercita rasa manis hingga gurih. Tapi nyatanya, tak hanya di Indonesia saja loh yang memiliki gorengan enak karena Jepang juga punya aneka gorengan yang tak kalah enaknya. Beberapa di antaranya sudah sering kamu jumpai, bahkan mungkin sudah pernah kamu icip karena gorengan-gorengan tersebut sering biasanya dijadikan lauk pendamping di restoran Jepang atau kedai ramen. Penasaran kan ada gorengan apa saja? Mari kita lihat!

 

1. Tempura



Sumber: pergikuliner.com


Siapa tak kenal dengan tempura. Udang yang berbalut tepung garing ini punya banyak penggemar. Tak hanya bisa ditemui dalam sajian bento, tempura juga sering disajikan sebagai pendamping udon atau ramen. Untuk membuat tempura yang garing dan renyah ini dibutuhkan racikan tepung khusus. 

 

2. Katsu



Sumber: pergikuliner.com


Katsu merupakan daging goreng khas Jepang yang dibaluri dengan tepung panir sehingga teksturnya garing di luar namun tetap lembut di dalam. Ada dua jenis katsu yang terkenal di Jepang, yakni tonkatsu yang terbuat dari daging babi dan chicken katsu yang terbuat dari daging ayam. Katsu biasa disajikan sajikan sebagai pendamping nasi dengan siraman saus kare. Selain dijadikan lauk pendamping nasi, katsu juga sering disantap sebagai camilan.

 

3. Kakiage



Sumber: pergikuliner.com


Jika Indonesia punya bakwan atau bala-bala, Jepang punya kakiage yang merupakan gorengan yang terbuat dari sayur-sayuran seperti ubi, tomat, buncis, kacang panjang, serta wortel yang diiris korek api. Kakiage biasanya ditambahkan dengan seafood seperti udang dan cumi. Meski terbuat dari sayur-sayuran, tapi tekstur kakiage sangat garing dan gurih. 

 

4. Chicken Karaage



Sumber: pergikuliner.com


Siapa yang tak suka dengan ayam goreng yang bertekstur renyah dengan daging yang empuk di dalamnya. Jepang punya ayam goreng yang dinamakan chicken karaage. Kuliner ini terbuat dari ayam potong yang dibalur dengan tepung kentang dan diberi aneka bumbu lalu digoreng hingga garing. Biasanya chicken karaage disantap sebagai lauk pendamping nasi putih.

 

5. Gyoza



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada gyoza yang merupakan dimsum goreng khas Jepang. Gyoza memiliki banyak varian isi seperti isi sayuran dan daging. Teksturnya garing di luar, tapi saat kamu gigit, isiannya akan terasa lembut dan lumer di mulut. Gyoza sering disajikan sebagai lauk pendamping saat menyantap ramen dan udon. 


Itu dia kelima gorengan khas Jepang yang cocok dijadikan lauk. Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa mengunjungi beberapa restoran Jepang yang menyediakan aneka katsu enak rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Toyofuku

Foto Toyofuku

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Tenya Tendon

Foto Tenya Tendon
Foto Tenya Tendon
Foto Tenya Tendon

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?