Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Salad Favorit yang Ada di Asia

List Artikel
17 Juli 2017 | 0 Komentar

Salad merupakan kuliner sehat yang sudah berasal dari zaman Romawi kuno. Salad awalnya hanya terbuat dari sayuran hijau mentah yang dicampur dengan minyak dan cuka. Salad sangat popular di Eropa dan Amerika dan seringkali dijadikan menu pendamping saat menyantap aneka olahan daging. Salad yang ada di Eropa dan Amerika memang tak jauh berbeda jenisnya karena rata-rata memiliki dressing salad yang sama. Lain halnya dengan salad yang ada di Asia karena memiliki cita rasa autentik yang berbeda-beda. Contohnya saja gado-gado, asinan, dan pecel yang menjadi salad khas Indonesia. Selain Indonesia, negara Asia mana lagi yang memiliki variasi salad lezat yang jadi favorit. Yuk, lihat!

 

1. Som Tam



Sumber: travel.cnn.com


Som tam merupakan salad khas Thailand terbuat dari pepaya muda yang potong korek api, tomat, kacang panjang, dan kedondong yang diberi kecap ikan, bawang putih, cabai, dan perasaan jeruk limau sehingga cita rasanya pedas dan asam serta menyegarkan. Som tam biasa disajikan dengan ketan dan ayam panggang.

 

2. Mooli Lachha



Sumber: sbs.com.au


Salad yang satu ini berasal dari India. Mooli lachha terlihat sangat cantik karena memiliki warna-warni cerah yang beraneka ragam. Mooli lachha terbuat dari lobak merah yang diserut, tomat yang dicincang, cabai hijau cincang, dan daun ketumbar yang diberi campuran jeruk nipis, jahe, dan cengkeh.

 

3. Sangchu Geotjeori



Sumber: maangchi.com


Sangchu geotjeori adalah salad asal Korea Selatan yang terlihat sangat menyegarkan dan menggoda untuk dicoba. Salad ini terbuat dari daun selada, bawang bombay, daun bawang, bawang putih, cuka, kecap asin, gula pasir, minyak wijen, dan cabai bubuk. Cita rasanya sudah pasti agak pedas tapi menyegarkan.

 

4. Wakame Salad



Sumber: splendidtable.org


Mendengar namanya pasti kamu sudah bisa menduga kalau salad yang satu ini berasal dari Jepang. Wakame salad terbuat dari rumput laut Jepang yang dicampur dengan cuka beras, kecap asin, jahe, minyak wijen, dan biji wijen sangrai. Salad ini sangat identik dengan kuliner musim panas karena cita rasanya yang menyegarkan dan kaya akan serat, protein, mineral, dan antioksidan.

 

5. Goi Cuon



Sumber: ytim.com


Terakhir ada salad yang berasal dari Vietnam, Goi Cuon. Salad ini terbuat dari aneka sayuran segar seperti wortel, daun selada, daun ketumbar, dan udang rebus yang dibungkus dengan banh trang alias kulit lumpia transparan. Cara menyantapnya dengan dicocol saus khusus yang terbuat dari campuran kecap ikan, bubuk cabai, bawang putih, dan saus kacang.

 

Ingin ikut makan sehat dengan menyantap salad? Mampir ke salah satu tempat di bawah ini saja!

Jittlada Restaurant

Foto Jittlada Restaurant

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Hula Hula

Foto Hula Hula

The Good Stuff

Foto The Good Stuff
Foto The Good Stuff
Foto The Good Stuff

Yeu Saigon Cafe

Foto Yeu Saigon Cafe
Foto Yeu Saigon Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?