Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Isian Bakwan Malang yang Bikin Rasanya Makin Enak

List Artikel
19 Mei 2023 | 0 Komentar

Bakwan Malang menjadi salah satu kuliner khas Malang yang tak hanya bisa dijumpai di kota asalnya, tetapi juga di beberapa kota besar di Indonesia. Pasalnya, Bakwan Malang sangat populer dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia sehingga tak heran kalau kita bisa dengan mudah menjumpai gerai atau kedai Bakwan Malang di pinggir jalan. Bakwan Malang termasuk dalam street food Indonesia yang bisa dinikmati dengan harga yang murah meriah. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa kuliner ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Kuliner yang diadaptasi dari kuliner Chinese ini dibuat dengan beberapa bahan isian lalu disiram dengan kuah kaldu yang gurih. Isian Bakwan Malang bisa membuat rasanya menjadi lebih kompleks dan lezat untuk dinikmati. Nah, ada lima jenis isian Bakwan Malang yang bisa bikin rasanya menjadi enak sehingga tak boleh ketinggalan. Apa saja itu?



Sumber: pergikuliner.com

 

1. Siomay Kukus

Isian Bakwan Malang yang pertama adalah siomay kukus. Isian ini tak boleh ketinggalan saat menyantap Bakwan Malang. Siomay kukus dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang digiling dan dicampur dengan tepung tapioka lalu dibungkus dengan kulit pangsit. Setelah adonan dibungkus dengan kulit pangsit, maka siomay kukus akan dikukus hingga matang. Bentuk siomay kukus ini terbilang unik karena berbentuk seperti bunga yang merekah. Tekstur dari siomay kukus sangat kenyal tapi masih tetap terasa kelembutannya.

 

2. Siomay Goreng

Ada siomay kukus, ada juga siomay goreng yang menjadi isian bakwan Malang. Kebalikan dari siomay kukus, siomay goreng ini dimasak dengan cara digoreng. Adonannya sendiri sama saja dengan siomay kukus. Namun saat membentuknya, adonan siomay biasanya akan diletakkan di bagian tengah kulit pangsit, lalu kulit pangsit akan dilipat berbentuk segitiga, baru kemudian digoreng hingga matang dan renyah. Selain bentuk segitiga, siomay goreng juga ada yang berbentuk seperti kuncup bunga yang sedikit merekah. Tekstur dari siomay goreng yang garing bisa menambah nafsu makan orang yang menyantapnya.

 

3. Bakso

Tak lengkap rasanya jika menyantap Bakwan Malang tanpa adanya bakso. Meski lebih dikenal dengan Bakwan Malang, kuliner ini juga kerap dikenal dengan nama Bakso Malang. Hal ini dikarenakan adanya bakso di dalamnya. Layaknya bakso pada umumnya, bakso pada Bakwan Malang juga dibuat dari daging sapi giling yang dibentuk bulat-bulat berukuran kecil hingga sedang. Bakso memiliki tekstur yang sangat kenyal dengan rasa yang gurih.

 

4. Tahu Bakso

Selanjutnya ada tahu bakso yang juga menjadi salah satu isian Bakwan Malang. Tahu bakso merupakan isian Bakwan Malang yang dibuat dari bahan dasar tahu dan adonan bakso. Jadi, tahu akan diisi adonan bakso di dalamnya lalu dikukus hingga matang. Jenis tahu yang digunakan ada dua, yakni tahu putih atau tahu kacang hijau dan tahu cokelat berkulit yang berbentuk segitiga. Tahu bakso memiliki perpaduan tekstur lembut dan kenyal jika menggunakan tahu putih. Jika menggunakan tahu cokelat, teksturnya menjadi lebih kenyal.

 

5. Mie Kuning dan Bihun

Isian Bakwan Malang yang terakhir adalah mie kuning dan bihun. Isian ini ditambahkan sebagai asupan karbohidrat pada Bakwan Malang. Mie kuning dan bihun yang ditambahkan pada Bakwan Malang ini harus direbus setengah matang terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan mie kuning dan bihun akan menjadi matang saat disiram dengan kuah kaldu Bakwan Malang yang masih panas.

 

Wah, ternyata ada banyak isian yang selalu ada pada Bakwan Malang. Kamu selalu menyertakan kelima isian tersebut, bukan? Buat kamu yang ingin menyantap Bakwan Malang, di bawah ini ada beberapa rekomendasi gerai Bakwan Malang yang bisa didatangi!

Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis

Foto Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis
Foto Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis
Foto Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis

Bakso Malang Cak Endut

Foto Bakso Malang Cak Endut
Foto Bakso Malang Cak Endut
Foto Bakso Malang Cak Endut

Bakso Malang Tanjung Duren 18

Foto Bakso Malang Tanjung Duren 18
Foto Bakso Malang Tanjung Duren 18
Foto Bakso Malang Tanjung Duren 18

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Bakso Super Special Pak Diran

Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?