Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Jagung Bakar, Ini 5 Kuliner Bebakaran yang Cocok untuk Merayakan Tahun Baru!

List Artikel
26 Desember 2019 | 0 Komentar

Perayaan tahun 2020 tinggal menghitung hari. Kamu sudah merencanakan ingin pergi tahun baru ke mana? Jika belum ada rencana, biasanya kita akan merayakan tahun baru di rumah, baik itu di rumah sendiri atau di rumah teman. Ketika merayakan tahun baru bersama, agenda apa yang biasanya dilakukan? Rata-rata orang akan menyalakan kembang api serta melakukan BBQ party atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bebakaran. Beberapa kuliner yang sangat identik dengan bebakaran adalah ayam dan jagung. Kamu bisa menjumpai dua bahan kuliner ini dijual dalam keadaan masih mentah atau di pinggir jalan menjelang perayaan tahun baru. Tapi ternyata, tidak hanya dua bahan tersebut yang cocok dijadikan bebakaran, karena lima bahan ini juga bisa kamu pilih, yaitu:

 

1. Seafood Bakar



Sumber : Tripadvisor.com


Pertama ada seafood bakar. Seafood memiliki banyak sekali jenis sehingga menu kuliner yang kamu sajikan bisa beragam. Beberapa jenis seafood yang cocok untuk dijadikan bebakaran adalah udang, cumi, kepiting, dan pastinya ikan. Kamu bisa mengolesi atau memarinade seafood tersebut dengan bumbu asam manis atau bumbu kecap sebelum membakarnya. Berbeda dengan jagung dan ayam, seafood tidak butuh waktu lama untuk membakarnya.

 

2. Sosis dan Bakso Bakar



Sumber : Freepik.com


Sosis dan bakso bakar juga bisa menjadi pilihan bebakaran untuk merayakan tahun baru. Biasanya sosis dan bakso bakar lebih disukai oleh anak-anak dan remaja. Kamu bisa membakar sosis dan bakso begitu saja, atau memberikannya olesan bumbu terlebih dahulu. Bumbu olesan yang digunakan bisa berupa bumbu BBQ atau bumbu asam manis. Untuk mempermudah membakarnya, kamu bisa menggunakan tusukan sate.

 

3. Pisang Bakar



Sumber : Imply-delicious-food.com


Selanjutnya ada pisang bakar yang juga cocok untuk dijadikan salah satu kuliner bebakaran. Kamu bisa membakar pisang dalam keadaan masih utuh alias masih berbalut kulit atau membakarnya setelah dikupas kulitnya. Untuk mempermudah membakarnya, gunakanlah bantuan alat bakar yang sering digunakan untuk membakar ayam bakar. Kamu juga bisa meletakkannya dalam daun pisang dan membakarnya. Setelah selesai dibakar, tambahkan saus cokelat atau susu kental manis, parutan keju, atau meises.

 

4. Ubi Bakar



Sumber : Apartementherapy.info


Beralih ke menu kuliner bebakaran yang lebih mengenyangkan. Jika kamu sering pergi ke daerah Bogor, pastinya kamu akan menjumpai penjual ubi bakar cilembu. Nah, kamu juga bisa membakar ubi seperti ubi cilembu. Jika tidak bisa menemukan ubi cilembu, kamu bisa menggunakan jenis ubi kuning atau ubi orange. Hal ini dikarenakan kedua jenis ubi tersebut memiliki citarasa manis dan tekstur yang lebih lembut.

 

5. Marshmallow



Sumber : Googleapis.com


Terakhir ada marshmallow yang bisa menjadi kuliner penutup atau pencuci mulut saat perayaan tahun baru. Saat dibakar, marshmallow yang awalnya memiliki tekstur kenyal akan berubah menjadi lembut karena meleleh terkena panas. Kamu bisa menyantap marshmallow bakar begitu saja atau mencelupkannya ke dalam lelehan cokelat setelah dibakar.

 

Itulah beberapa kuliner bebakaran yang bisa kamu pilih untuk dijadikan santapan pada saat perayaan tahun baru. Dari kelimanya, mana yang kamu pilih? Jika tertarik ingin mencicipi yang lainnya kamu bisa mampir ke salah satu tempat di bawah ini ya!

Sate Babi Johan

Foto Sate Babi Johan
Foto Sate Babi Johan
Foto Sate Babi Johan

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Ayam Bakar Kambal

Foto Ayam Bakar Kambal
Foto Ayam Bakar Kambal
Foto Ayam Bakar Kambal

Ayam Bakar Tujuh Saudara

Foto Ayam Bakar Tujuh Saudara
Foto Ayam Bakar Tujuh Saudara
Foto Ayam Bakar Tujuh Saudara

Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor
Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor
Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?