Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Cara Menyimpan Cake Sisa Agar Cita Rasanya Tidak Berubah

List Artikel
26 Desember 2019 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang memiliki gigi manis atau sweet tooth? Sweet tooth ini merupakan istilah bagi orang-orang yang sangat suka menyantap aneka makanan manis seperti permen, puding, cookies, hingga cake. Berbicara tentang cake, pastinya kamu tak hanya membelinya saat ada acara ulang tahun atau perayaan khusus. Biasanya orang-orang yang masuk golongan sweet tooth ini membeli cake untuk dijadikan sebagai dessert atau makanan penutup. Cake memang bisa dibeli dalam bentuk slice atau per potong, tapi tak jarang ada orang yang membelinya secara utuh alias satu loyang. Sayangnya, saat membeli cake utuh, pasti tidak akan habis dalam satu kali santapan, meskipun sudah dimakan bersama-sama. Sisa cake sebenarnya bisa disimpan untuk disantap di keesokan harinya, tapi untuk menyimpannya ini, kamu tak boleh langsung asal saja. Ada beberapa cara menyimpan cake agar citarasanya ini tidak berubah. Mari kita lihat bersama!


 

Sumber : Pergikuliner.com


1. Masukkan dalam Wadah Kedap Udara

Cara yang pertama adalah memasukkan cake dalam wadah kedap udara. Cake yang dijual biasanya diberi kemasan karton atau kotak mika plastik. Nah, kemasan karton atau mika plastik ini memungkinkan udara masuk ke dalam cake sehingga citarasanya bisa berubah. Jadi kalau masih ada sisa cake, sebaiknya langsung kamu pindahkan ke wadah kedap udara yang kering dan bersih lalu tutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk dan juga cake tidak mudah tercampur aromanya dengan bahan makanan lain saat disimpan.

 

2. Gunakan Bread Case

Selain menggunakan wadah kedap udara, kamu juga bisa menggunakan bread case yang memungkinkanmu untuk menyimpan cake dalam suhu ruangan. Bread case merupakan wadah penyimpanan cake dan roti yang terbuat dari kaca sehingga warnanya transparan. Penggunaan bread case ini bisa membuat cake awet hingga 2-3 hari karena bisa mengurangi kelembapan cake dan tidak membuat cake cepat kering.

 

3. Jepit Kemasan Plastik Menggunakan Jepit

Jika kamu membeli cake potongan, biasanya bungkusan yang digunakan bukanlah karton, melainkan plastik yang dilem di bagian ujungnya. Untuk mencegah agar cake kering dan cita rasanya berubah, maka jepit bagian ujungnya dengan menggunakan jepitan, bisa yang terbuat dari plastik atau kayu. Dengan begitu, udara tidak akan masuk dan kemasan plastik menjadi kedap udara.

 

4. Simpan Cake Bersama dengan Buah Apel

Pernah tidak cake yang kamu beli cepat mengering? Jika cake yang dibeli sudah terlanjur mengering, kamu bisa menyisipkan sehelai roti tawar atau potongan apel ke dalam wadah tertutup yang digunakan untuk menyimpan cake. Cara ini dinilai ampuh untuk menyerap kelembutan dari roti dan apel sehingga roti yang mengeras bisa melunak kembali.

 

5. Lemari Pendingin Jadi Solusi untuk Menyimpan Cake yang Mudah

Cara yang terakhir adalah kamu bisa menyimpan cake yang diletakkan di wadah kedap udara maupun plastik kedap udara dalam lemari pendingin. Menyimpan cake di suhu ruangan sebenarnya boleh saja, tapi dengan begitu cake hanya bisa bertahan 1-2 hari saja. Jika dimasukkan dalam kulkas, cake bisa bertahan hingga 3-5 hari lamanya.

 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan cake sisa agar cita rasanya tidak berubah. Jangan lupa untuk langsung dipraktekkan ya Teman PergiKuliner!

Sollie Cafe & Cakery

Foto Sollie Cafe & Cakery
Foto Sollie Cafe & Cakery

Cakeart

Foto Cakeart
Foto Cakeart

Tata Cakery

Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery

Union Deli

Foto Union Deli
Foto Union Deli
Foto Union Deli

Colette & Lola

Foto Colette & Lola
Foto Colette & Lola
Foto Colette & Lola

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?