Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jajanan Tradisional yang Terbuat dari Campuran Sagu Mutiara

List Artikel
28 Desember 2023 | 0 Komentar

Sagu mutiara merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering dijumpai dalam kuliner jajanan pasar atau camilan tradisional khas Indonesia. Sagu mutiara ini dibuat dari bahan dasar tepung tapioka dan berbentuk butiran kecil. Saat sudah dimasak, butiran ini akan memiliki warna bening yang transparan sehingga dinamakan sebagai sagu mutiara karena memang tampilannya yang mirip mutiara. Sagu mutiara ini tidak memiliki rasa alias hambar sehingga penggunaannya harus dipadukan dengan gula dan bahan tambahan lainnya. Selain itu, tekstur dari sagu mutiara terbilang cukup kenyal tapi tetap ada sensasi lembutnya sehingga menghadirkan sensasi berbeda saat menyantapnya. Dari sekian banyak jajanan tradisional yang terbuat dari sagu mutiara, berikut ini ialah 5 jajanan tradisional paling populer yang terbuat dari campuran sagu mutiara.

 

1. Kue Cantik Manis



Sumber: lifestyle.haluan.com


Salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari campuran sagu mutiara adalah kue cantik manis. Kue tradisional ini sangat populer sebagai salah satu isi dari snack box yang sering disajikan saat acara-acara tertentu, serta mudah dijumpai di pasar tradisional ataupun toko kue tradisional. Sesuai dengan namanya, kue cantik manis ini memiliki tampilan yang sangat cantik dengan warna merah muda. Tapi ada juga yang memiliki warna hijau, kuning, hingga oranye meski cukup jarang dijumpai. Kue cantik manis dibuat dari adonan santan yang dicampur tepung hunkwe, gula pasir, vanili, dan pastinya sagu mutiara. Tekstur dari kue cantik manis ini cenderung lembut dan lumer saat disantap di mulut.

 

2. Kue Talam Sagu Mutiara



Sumber: youtube.com/dapurdifa


Kue talam sagu mutiara merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari campuran sagu mutiara. Kue talam sagu mutiara ini memiliki bentuk layaknya kue talam biasa. Hanya saja terlihat lebih cantik karena warna sagu mutiara yang cerah. Biasanya, kue talam sagu mutiara ini biasanya dicetak menyerupai bentuk bunga, tapi ada juga yang dicetak menyerupai bentuk mangkok. Biasanya, kue tradisional ini memiliki lapisan warna yang berbeda untuk menambah daya tarik visual. Kue talam sagu mutiara dibuat dari bahan dasar tepung tapioka, tepung terigu, santan, gula, dan tentunya sagu mutiara.

 

3. Bubur Sagu Mutiara



Sumber: kompas.com


Selanjutnya, ada bubur sagu mutiara. Bubur sagu mutiara ini dibuat dari bahan dasar hampir 80% sagu mutiara yang sudah dimasak terlebih dahulu hingga matang. Kemudian, sagu mutiara ini diberi campuran gula pasir agar rasanya menjadi lebih manis. Setelah matang dan tercampur rata, sagu mutiara dituangkan ke dalam mangkuk. Terakhir, sagu mutiara disiram dengan kuah santan yang sudah dimasak bersama dengan daun pandan hingga matang. Proses memasak kuah santan dengan daun pandan tersebut ditujukan agar aromanya menjadi lebih wangi.


4. Awug Mutiara



Sumber: detik.net.id


Awug mutiara biasanya hanya bisa kita jumpai dengan mudah di daerah-daerah di Jawa Tengah, karena memang asal-usulnya berasal dari sana. Meskipun demikian, ada juga sebagian orang yang menyatakan bahwa awug mutiara ini berasal dari Sulawesi Tenggara. Awug mutiara terbuat dari bahan dasar sagu mutiara yang direbus lalu ditambahkan gula pasir, kelapa parut, garam, dan vanili. Campuran ini selanjutnya dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Biasanya, awug mutiara disajikan saat acara keagamaan atau acara adat sebagai santapan atau persembahan.


5. Puding Sagu Mutiara



Sumber: youtube.com/buatoranglapo


Jajanan tradisional terakhir yang terbuat dari campuran sagu mutiara adalah puding sagu mutiara. Puding sagu mutiara dibuat dari bahan dasar sagu mutiara yang dimasak dan dicampur dengan susu atau santan, gula pasir, dan agar-agar atau jelly. Layaknya puding pada umumnya, puding sagu mutiara juga memiliki tekstur yang kenyal dan lembut sehingga terasa sangat nikmat disantap. Tidak hanya itu saja, warna dari puding ini juga sangat cantik sehingga tidak hanya menarik bagi orang tua, tetapi juga menarik bagi remaja dan anak-anak.

 

Itulah lima jajanan tradisional yang terbuat dari campuran sagu mutiara. Dari kelimanya, kira-kira jajanan tradisional manakah yang membuatmu tertarik untuk mencobanya? Nah, buat yang suka dengan jajanan tradisional khas Indonesia, kamu bisa mendatangi beberapa rekomendasi tempat yang ada di bawah ini!

Toko Kue Lakker

Foto Toko Kue Lakker
Foto Toko Kue Lakker
Foto Toko Kue Lakker

Madam Liu

Foto Madam Liu
Foto Madam Liu
Foto Madam Liu

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Choipanku

Foto Choipanku
Foto Choipanku
Foto Choipanku

Rica Rico Cakery

Foto Rica Rico Cakery
Foto Rica Rico Cakery
Foto Rica Rico Cakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?