Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kue Kering Lebaran Hasil Adaptasi Kue Klasik Belanda

List Artikel
13 April 2023 | 0 Komentar

Kue kering Lebaran menjadi salah satu hal yang dipersiapkan oleh umat muslim menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. Kue kering sudah menjadi kuliner yang wajib tersaji di atas meja ruang tamu karena nantinya kue ini tidak hanya dikonsumsi oleh orang rumah saja, tetapi juga disuguhkan kepada para tamu yang datang berkunjung. Kue kering awalnya tidak menjadi kue wajib saat Lebaran, tapi setelah kedatangan Belanda ke tanah Indonesia, tradisi ini perlahan muncul. Masyarakat Belanda yang menjajah Indonesia pada masa itu membawa kue-kue klasik Belanda dan mengenalkannya kepada masyarakat Indonesia. Dari sekian banyak kue-kue klasik Belanda, ada lima yang diadaptasi oleh masyarakat Indonesia dan sering disajikan sebagai kue Lebaran hingga saat ini, yaitu:

 

1. Kastengel



Sumber: suara.com


Kue kering Lebaran yang pertama ini sangat populer di Indonesia dan menjadi kesukaan banyak orang, yakni kastengel. Kastengel sebenarnya diadaptasi dari kue klasik Belanda yang bernama kaasstengels. Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, mentega, dan parutan keju. Biasanya jenis keju yang digunakan adalah keju tua seperti keju edam, tapi juga bisa menggunakan keju cheddar yang harganya lebih terjangkau. Ciri khas dari kastengel adalah aroma dan rasanya yang gurih, asin, dan manis sehingga membuatnya berbeda dengan kue kering kebanyakan.

 

2. Nastar



Sumber: pergikuliner.com


Selain kastengel, ada nastar yang juga sama-sama populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai kue kering Lebaran hasil adaptasi kue klasik Belanda. Nama nastar sendiri diambil dari perpaduan dua bahasa Belanda yakni ananasl nanas dan taartaltartlpie yang artinya kue tar nanas. Awalnya kue ini adalah pai yang memiliki isian buah berry seperti blueberry dan strawberry. Namun karena buah ini tidak begitu mudah dijumpai di Indonesia, maka penggunaannya diganti dengan nanas yang lebih mudah dijumpai. Selain itu, bentuknya juga dibuat lebih kecil dengan waktu pemanggangan yang lebih lama sehingga bisa menjadi kue kering seperti yang sekarang kita kenal.

 

3. Lidah Kucing



Sumber: astronauts.iid


Selanjutnya ada lidah kucing yang ternyata merupakan kue kering Lebaran hasil adaptasi kue klasik Belanda. Lidah kucing di negara asalnya disebut dengan nama kattentongen. Kue ini memiliki bentuk yang sangat unik karena berbentuk seperti lidah kucing yakni oval tipis. Kue lidah kucing dibuat dari bahan dasar yang sangat sederhana yakni tepung terigu, gula, dan mentega. Bentuknya yang tipis ini membuat teksturnya menjadi sangat renyah dan garing. Kue lidah kucing saat ini memiliki banyak ragamnya, mulai dari yang memiliki rasa red velvet, matcha, cokelat, hingga kopi.

 

4. Jan Hagel



Sumber: resepmamiku.com


Jan hagel mungkin tidak sepopuler ketiga kue kering Lebaran yang ada di atas, tapi kue ini cukup dikenal oleh para orang tua yang tinggal di Pulau Jawa. Jan hagel adalah kue kering yang dibuat dari bahan dasar tepung terigu, mentega, gula, dan kayu manis. Penambahan kayu manis di dalamnya membuat kue kering ini memiliki aroma yang wangi dan rasa yang khas. Tidak hanya sering dijadikan sebagai kue kering Lebaran, Jan Hagel juga kerap kali disajikan teman minum teh oleh kaum bangsawan pada masa penjajahan Belanda dulu.

 

5. Kue Kacang Mede



Sumber: karousell.com


Kue kering Lebaran yang terakhir adalah kue kacang mede. Kue ini memiliki nama asli pitmopen. Ciri khas dari kue kering Lebaran hasil adaptasi kue klasik Belanda ini ialah bagian atas kue yang dihiasi dengan kacang mede utuh atau setengah. Selain rupanya yang unik, pitmopen juga memiliki aroma dan rasa yang berbeda karena di dalamnya menggunakan campuran gula palem sehingga lebih legit. Meski terlihat kokoh, kue ini punya tekstur yang empuk karena hanya menggunakan bagian kuning telur saja. 

 

Itulah kue kering Lebaran yang diadaptasi dari kue klasik Belanda. Manakah yang menjadi favoritmu? Buat kamu yang sedang ingin mencari kue kering untuk dijadikan sebagai kue Lebaran, di bawah ini ada rekomendasi toko kue yang bisa kamu datangi!

Gotham Treats

Foto Gotham Treats
Foto Gotham Treats
Foto Gotham Treats

Dough Lab

Foto Dough Lab
Foto Dough Lab
Foto Dough Lab

Nas-Tar by Ritz

Foto Nas-Tar by Ritz
Foto Nas-Tar by Ritz
Foto Nas-Tar by Ritz

Michelle Bakery

Foto Michelle Bakery
Foto Michelle Bakery
Foto Michelle Bakery

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?