Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Dessert Lebaran yang Kaya Akan Serat, Cocok untuk Menjaga Berat Badan

List Artikel
30 April 2022 | 8 Komentar

Dessert lebaran menjadi salah hal yang perlu dipersiapkan menjelang perayaan Idulfitri. Pasalnya, kamu harus memilih dessert lebaran yang kaya akan serat. Hal ini dikarenakan makanan-makanan khas lebaran hampir sebagian besar mengandung banyak kalori dan lemak. Untuk mengurangi terjadinya kenaikan berat badan, maka pemilihan dessert lebaran yang kaya akan serat sangatlah diperlukan supaya sistem pencernaancbisa lebih terjaga. Ditambah lagi, pemilihan dessert lebaran yang kaya akan serat juga bisa membantu mengikat lemak-lemak jahat di dalam tubuh. Di bawah ini ada beberapa contoh dessert lebaran yang kaya akan serat sehingga cocok untuk menjaga berat badan, yaitu:

 

1. Puding Buah


Sumber: Pinimg.com


Dessert lebaran yang pertama adalah puding buah. Puding kerap kali dijadikan sebagai dessert di setiap jamuan makan, termasuk pada saat acara kumpul keluarga di hari lebaran. Jika sebelumnya kamu menyantap puding cokelat, puding santan, hingga puding oreo, di lebaran kali ini sebaiknya konsumsilah puding buah. Puding buah bisa menjadi dessert lebaran yang cocok untuk disantap setelah makan ketupat sayur. Rasanya yang asam manis mampu membantu menghilangkan rasa enek. Selain itu, irisan buah-buahan segar dan kandungan agar-agar yang ada di dalamnya sangat kaya akan serat sehingga bagus untuk sistem pencernaan.

 

2. Puding Chia



Sumber: Delscookingtwist.com


Selain puding buah, ada puding chia yang pastinya terbuat dari bahan campuran biji chia dan agar-agar. Chia merupakan jenis biji-bijian yang sangat kaya akan kandungan serat di dalamnya. Belum lagi adanya agar-agar yang juga mengandung serat. Tapi sebelum membuat puding chia ini, sebaiknya kamu merendam biji chia tersebut. Jika tidak ingin puding chia yang polos, kamu bisa menggabungkannya dengan irisan buah-buahan segar.

 

3. Froyo


Sumber: Pergikuliner.com


Froyo atau frozen yoghurt juga bisa dijadikan pilihan dessert lebaran yang cocok. Froyo memiliki kandungan probiotik yang sangat kaya akan serat sehingga tak hanya mampu mencegah penumpukan lemak, melainkan juga bisa menyehatkan usus dan sistem pencernaan. Kamu sebenarnya bisa menyantap froyo begitu saja, tapi akan lebih bagus lagi jika menyantapnya dengan topping irisan aneka buah-buahan segar di atasnya. Selain buah, kamu juga bisa menambahkan aneka kacang-kacangan atau biji-bijian.

 

4. Popsicle Buah


Sumber: Jessicagavin.com


Masih dengan pilihat dessert lebaran yang kaya akan serat, ada popsicle buah yang bisa kamu buat sendiri. Popslice buah adalah salah satu jenis es yang dibuat dari bahan-bahan dasar jus buah dan irisan buah-buahan segar yang kemudian dibentuk menjadi popsicle dengan menggunakan cetakan khusus. Tentu saja selain menggunakan irisan buah-buahan segar juga ada bahan tambahan lainnya seperti madu untuk memberikan sedikit sentuhan rasa manis di dalamnya.

 

5. Gelato Pokcoy dan Kale



Sumber: Pergikuliner.com


Pilihan dessert lebaran yang terakhir adalah gelato pokcoy dan kale. Kandungan pokcoy dan kale yang ada di dalamnya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Sebenarnya selain gelato dengan rasa pokcoy dan kale, kamu juga bisa memilih gelato dengan rasa sayur lainnya seperti gelato wortel, buah bit, hingga tomat. Tapi dari semua jenis sayuran, gelato pokcoy dan kale yang memiliki kandungan serat lebih tinggi.

 

Itulah beberapa dessert lebaran yang kaya akan serat sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Dari kelimanya ini, manakah yang kamu ingin konsumsi saat lebaran nanti?

Zangrandi Ice Cream

Foto Zangrandi Ice Cream
Foto Zangrandi Ice Cream
Foto Zangrandi Ice Cream

Gormeteria

Foto Gormeteria
Foto Gormeteria
Foto Gormeteria

Gelato Secrets

Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets

Baby Dutch Pancake

Foto Baby Dutch Pancake
Foto Baby Dutch Pancake
Foto Baby Dutch Pancake

Pesca Gelato Bar

Foto Pesca Gelato Bar
Foto Pesca Gelato Bar
Foto Pesca Gelato Bar

Topik artikel ini:
8 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
MfziPbOoRItmnHF
standaloft.jayne@yahoo.com | 30 Apr 2022 pk. 07:19 AM
Foto user umum
LinpgKtew
mcveyjaimee@yahoo.com | 30 Apr 2022 pk. 01:11 PM
Foto user umum
tLpEYsWgDv
mcveyjaimee@yahoo.com | 30 Apr 2022 pk. 01:11 PM
Foto user umum
WAwHVsfC
keyvnva36@gmail.com | 30 Apr 2022 pk. 07:09 PM
Foto user umum
djAHCaufPUg
keyvnva36@gmail.com | 30 Apr 2022 pk. 07:09 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?