Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Sejarah Kenapa Kopi Identik Diminum Pagi Hari

List Artikel
5 November 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi salah satu minuman terfavorit bagi banyak orang. Kopi merupakan minuman yang dihasilkan dari biji kopi yang sudah disangrai atau dihaluskan menjadi bubuk. Minuman ini menjadi sangat populer di Indonesia sejak lima tahun belakangan ini. Hal ini bisa diakibatkan banyak faktor, seperti karena banyaknya varian minuman kopi yang ditawarkan, harganya yang terjangkau karena merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia, hingga karena mudah mendapatkannya. Coba saja kamu lihat, ada banyak kedai kopi yang buka, baik itu di dalam pusat perbelanjaan hingga pinggir jalan sehingga ketika kamu ingin meminumnya, kamu bisa mampir sejenak untuk membeli kopi yang ada di kedai kopi kaki lima. Rata-rata orang akan minum kopi untuk mengawali hari mereka alias meminumnya di pagi hari ketimbang siang atau malam hari.



 Sumber: Pergikuliner.com


Ada alasan-alasan tertentu kenapa orang suka menyeruput kopi di pagi hari. Alasan utamanya adalah supaya tidak mengantuk saat menjalani aktivitas sehari-hari. Alasan lainnya adalah supaya bisa mendapat dorongan energi untuk mengawali hari. Ada juga yang beralasan karena memang sudah menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan sehingga ­tidak bisa ditinggalkan. Tapi sebenarnya tahukah kamu kalau sebenarnya meminum kopi di pagi hari ini ada sejarahnya lho. Jika menilik pada sejarah, kamu bisa menemukan alasan utama yang cukup mencengangkan dibalik adanya kebiasaan ini. Ternyata sejarah menuturkan bahwa kebiasaan minum kopi di pagi hari ini untuk menggantikan kebiasaan minum bir atau anggur di pagi hari. Terdengar aneh bukan?



 Sumber: Pergikuliner.com


Perlu kamu ketahui kalau masyarakat Romawi selalu menyantap roti yang direndam wine untuk menu sarapan mereka. Pada tahun 1800-an, tentara Inggris memulai hari mereka dengan minum teh yang sudah dicampur dengan rum dengan kandungan alkohol di dalamnya. Sementara masyarakat Jerman terbiasa minum bir di pagi hari dan masyarakat Amerika Serikat terbiasa minum wine untuk minuman di pagi hari. Kebiasaan minum minuman beralkohol di pagi hari ini bukanlah tanpa alasan. Mereka melakukannya supaya tubuh bisa mendapat asupan energi yang bisa membuat mereka bersemangat di pagi dan minuman alkohol bisa memberikan efek tersebut. Barulah setelah kopi muncul dan mulai menyebar di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat, keberadaan minuman alkohol di pagi hari pun tergantikan oleh kopi.


 

Sumber: Pergikuliner.com


Seperti yang kamu ketahui, kopi bisa memberikan efek energi yang serupa dengan minuman beralkohol. Hanya saja tidak ada efek memabukkan sehingga minuman kopi lebih disukai untuk diminum saat pagi hari. Keberadaan kopi sebagai minuman pagi hari semakin populer sejak terjadinya revolusi industri pada sekitar tahun 1850-an. Pada saat itu, buruh dengan upah rendah kehilangan waktu memasak di rumah karena adanya jam kerja yang panjang. Dengan adanya minuman kopi sebagai menu sarapan, maka mereka bisa mendapatkan ilusi nutrisi dan menstimulasi energi untuk bekerja. Ditambah lagi mereka bisa tetap terjaga selama bekerja.

 

Tapi bukan berarti kopi hanya bisa diminum di pagi hari lho teman kuliner. Beberapa orang justru ada yang lebih suka meminum kopi setelah makan siang untuk menghilangkan rasa kantuk akibat kekenyangan. Bahkan sekarang kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di perkotaan. Setiap akhir pekan, coffee shop pasti akan ramai dikunjungi oleh orang-orang, baik hanya untuk sekedar minum kopi ataupun hangout bersama teman. Nah, buat teman kuliner yang lagi cari rekomendasi tempat ngopi enak, simak kelima daftar coffee shop di bawah ini ya.
Oh ya, selain bisa hangout dan ngopi dengan nyaman, teman kuliner juga bisa loh kumpulin stamp berburu kopi di coffee shop-coffee shop ini. Caranya gimana? Baca informasi lengkapnya di sini!

Kinari Coffee Shop

Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop

Metropole Coffee

Foto Metropole Coffee
Foto Metropole Coffee
Foto Metropole Coffee

Lemari Kopi

Foto Lemari Kopi
Foto Lemari Kopi
Foto Lemari Kopi

Cecemuwe Cafe and Space

Foto Cecemuwe Cafe and Space
Foto Cecemuwe Cafe and Space
Foto Cecemuwe Cafe and Space

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?