Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Surabaya yang Terbuat dari Bumbu Kacang

List Artikel
19 Agustus 2023 | 0 Komentar

Dengan keberagaman suku dan budaya, Indonesia merupakan negara yang menjadi surganya kuliner khas dan kaya akan cita rasa. Kuliner Indonesia sebenarnya memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya bisa dengan mudah dikenali. Mulai dari penggunaan bumbu rempahnya hingga penggunaan bahan-bahannya. Ada beberapa bahan makanan yang sering digunakan dalam campuran kuliner Indonesia, salah satunya ialah bumbu kacang. Sebagian orang pasti ada yang menganggap bahwa bumbu kacang lebih banyak digunakan pada kuliner Jawa Barat seperti pada batagor, siomay, serta cilok. Namun, ternyata bumbu kacang ini juga banyak dijumpai pada kuliner khas Surabaya. Berikut ini ialah lima kuliner khas Surabaya yang menggunakan bumbu kacang sebagai campurannya. Yuk, kita bahas bersama!

 

1. Rujak Cingur



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner khas Surabaya yang terbuat dari campuran bumbu kacang adalah rujak cingur. Rujak cingur sebenarnya termasuk dalam kuliner khas Surabaya yang terbilang unik karena bahan-bahan yang digunakan tak biasa. Kuliner ini dibuat dari campuran cingur atau mulut sapi yang direbus lalu diiris tipis dan disajikan bersama dengan aneka sayuran dan buah-buahan potong, lalu disiram dengan bumbu kacang yang dicampur petis. Cita rasa rujak cingur merupakan kombinasi dari rasa asam, asin, dan legit.

 

2. Tahu Tek



Sumber: resepkoki.id


Tahu tek, para pecinta kuliner Indonesia pasti sudah tidak merasa asing saat mendengar namanya. Kuliner ini banyak ditemukan di restoran-restoran Indonesia ternama dan banyak disukai oleh para vegetarian. Sesuai namanya, bahan utama dari kuliner ini adalah tahu yang digoreng lalu dipotong-potong dan disajikan bersama dengan telur, tauge, dan lontong, serta tak lupa siraman bumbu kacang yang legit. Dinamakan tahu tek karena ketika pedagang memotong-motong tahu dengan gunting, akan terdengar bunyi 'tek, tek, tek' sehingga diberi nama tahu tek.

 

3. Sate Klopo



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya, ada sate klopo yang merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang terbuat dari campuran bumbu kacang. Sate klopo adalah sate unik yang menjadi favorit kuliner masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Bahan utama yang digunakan pada pembuatan sate klopo adalah daging sapi yang dipotong dadu, lalu dibakar dan dibalur dengan parutan kelapa atau serundeng, kemudian disiram dengan bumbu kacang. Kamu bisa menyantapnya begitu saja atau bisa juga disantap dengan lontong atau nasi.

 

4. Pecel Semanggi



Sumber: pergikuliner.com


Pecel semanggi menjadi kuliner khas Surabaya yang menggunakan bumbu kacang. Meski sama-sama disajikan dengan siraman bumbu kacang, bumbu kacang pada pecel semanggi ini berbeda dengan bumbu pecel Jawa pada umumnya. Karena di dalamnya terdapat campuran ketela sehingga teksturnya lebih kental dan cita rasanya agak manis. Selain itu, ada campuran bahan daun semanggi juga dalam pecel semanggi. Tak hanya daun semanggi, ada juga sayuran lainnya seperti tauge, kacang panjang, kol, dan sebagainya.

 

5. Gado-gado Surabaya



Sumber: piknikdong.com


Terakhir, ada gado-gado Surabaya yang menjadi salah satu kuliner khas Surabaya yang terbuat dari campuran bumbu kacang. Gado-gado Surabaya ini berbeda lho dengan gado-gado asal Betawi. Perbedaannya terletak pada bumbu kacangnya. Bumbu kacang pada gado-gado Surabaya ditambahkan dengan santan kelapa sehingga cita rasanya menjadi lebih gurih dan legit.

 

Demikianlah lima kuliner khas Surabaya yang terbuat dari campuran bumbu kacang. Kelima kuliner di atas terlihat gurih dan legit, bukan? Apakah kamu sendiri termasuk pecinta kuliner Surabaya? Nah, buat yang suka kuliner Indonesia, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran Indonesia yang bisa kamu datangi!

Rujak Cingur Joko Dolog

Foto Rujak Cingur Joko Dolog
Foto Rujak Cingur Joko Dolog
Foto Rujak Cingur Joko Dolog

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Plataran Tiga Dari

Foto Plataran Tiga Dari
Foto Plataran Tiga Dari
Foto Plataran Tiga Dari

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?