Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Favorit Bung Karno yang Cocok Disantap Saat Peringatan Hari Kemerdekaan RI

List Artikel
9 Agustus 2016 | 0 Komentar
Ir Soekarno atau yang lebih sering dikenal dengan nama Bung Karno merupakan salah satu sosok terpenting dalam sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Selain menjadi bapak proklamator, Beliau juga merupakan presiden pertama Republik Indonesia yang tegas dan berwibawa. Meski menjadi seorang pemimpin negara yang sangat disegani, namun beliau adalah orang yang sederhana. Hal tersebut bisa kamu lihat dari kuliner favorit beliau yang cenderung pada kuliner khas Indonesia. Ingin tahu kuliner apa saja yang disukai oleh Bung Karno? Ini dia guys! 


1. Nasi Jagung


Sumber: www.pegipegi.com

Nasi jagung merupakan salah satu makanan yang paling sering disantap oleh Bung Karno saat sarapan. Menurut Bung Karno, jagung melambangkan dunia tani. Dibandingkan beras, jagung lebih menunjukkan kekuatan. Secara gizi, jagung memang lebih menyehatkan dibanding beras dan roti karena kadar gulanya yang lebih rendah. Nasi jagung biasa disantap dengan aneka macam lauk layaknya nasi rames. 


2. Sate


Sumber: pergikuliner.com

Sate menjadi satu-satunya makanan yang diminta oleh Bung Karno kepada ajudannya setelah resmi dinobatkan menjadi presiden Republik Indonesia. Sehari setelah proklamasi atau pada tanggal 18 Agustus 1945, beliau memesan 50 tusuk sate ayam gerobak yang disantap bersama dengan koleganya di pinggir jalan. Beliau mengatakan kalau menyantap sate ini merupakan bentuk pesta atas pengangkatannya sebagai kepala negara.


3. Sayur Lodeh


Sumber: santeaja.com

Sayur lodeh menjadi makanan yang paling sering disantap Bung Karno bersama dengan nasi jagung. Saking gemarnya menyantap sayur lodeh, beliau sering mengundang tamu kenegaraannya untuk ikut menyantap sayur lodeh bersama-sama. Rasa sayur lodeh yang gurih dari santan mampu membuat beliau ketagihan.


4. Rawon


Sumber: pergikuliner.com

Rawon merupakan kuliner asli Indonesia yang sudah diakui kelezatannya di dunia. Olahan daging sapi dengan kuah hitam yang satu ini memang memiliki rasa yang khas. Warna hitamnya dihasilkan dari bumbu kluwak. Dahulu, rawon menjadi makanan mewah yang hanya disantap sesekali saja oleh Bung Karno. Meski begitu, kuliner hitam ini selalu eksis saat jamuan makan tamu negara. 


5. Bagar Hiu


Sumber: www.masakandapurku.com

Kuliner favorit Bung Karno lainnya adalah bagar hiu yang sangat disukai Bung Karno saat beliau diasingkan di Bengkulu. Kuliner yang satu ini memang terdengar asing di telinga kita karena tak mudah menjumpainya. Bagar hiu terbuat dari daging hiu yang dibumbui mirip rendang. Saking langkanya, kuliner ini masuk dalam golongan dalam makanan mewah.  

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Sate Padang H. Ajo Manih

Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih

Sate Taichan Bintaro

Foto Sate Taichan Bintaro
Foto Sate Taichan Bintaro
Foto Sate Taichan Bintaro

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?