Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Roti Kukus Khas Tiongkok yang Teksturnya Empuk dan Lembut Banget

List Artikel
4 Januari 2024 | 0 Komentar

Roti biasanya dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng. Tapi di Tiongkok, ada roti yang dibuat dengan cara dikukus. Roti kukus khas Tiongkok ini biasanya disajikan untuk sarapan dan makan malam. Roti kukus memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh roti panggang pada umumnya, yakni teksturnya yang lebih lembut dan empuk sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Roti khas Tiongkok ini tidak hanya memiliki satu jenis, justru memiliki banyak varian. Mulai dari yang punya rasa manis hingga gurih. Berikut ini ialah 5 roti kukus khas Tiongkok yang memiliki tekstur empuk dan lembut.

 

1. Mantao



Sumber: flickr.com/Permana Pandega Jaya


Mantao sudah sangat terkenal di berbagai belahan dunia sebagai salah satu roti kukus khas Tiongkok yang memiliki tampilan cukup unik karena memiliki layer di dalamnya. Mantao dibuat dari bahan dasar tepung terigu, ragi, gula, susu bubuk, dan garam. Bahan-bahan tersebut diaduk rata lalu dibiarkan hingga mengembang sebelum akhirnya dikukus hingga matang. Mantao tidak hanya bisa ditemukan di pedagang kaki lima, tapi juga di berbagai toko oleh-oleh karena banyak yang dikemas dalam wujud frozen food. Jadi, kamu hanya perlu memanaskan atau mengukusnya saja.

 

2. Gua Bao



Sumber: choochoocachew.com


Gua bao sering kali dijuluki dengan nama roti kukus sandwich ala Tiongkok karena penampilannya yang memang mirip sandwich. Adonan roti kukus ini dasarnya mirip dengan adonan mantao, hanya saja kandungan gulanya dikurangi dan tidak menggunakan susu. Adonan roti kemudian dibentuk bulat agak memanjang dan dipipihkan dulu sebelum dikukus. Setelah itu, roti diisi dengan daging babi kecap dan aneka sayuran, lalu disiram dengan saus sebelum akhirnya roti dilipat.

 

3. Baozi



Sumber: pergikuliner.com


Baozi, atau yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama "bakpao daging", ini sangat mudah dijumpai karena banyak pedagang kaki lima di Indonesia yang menjual baozi. Sesuai dengan namanya, bakpao daging ini memiliki isian daging tumis. Baozi paling sering disantap sebagai menu sarapan karena tidak hanya memberikan rasa kenyang, tetapi juga memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Ukurannya terbilang lebih besar jika dibandingkan dengan roti kukus khas Tiongkok lainnya. Baozi memiliki bentuk bulat dengan ciri khas bagian atas yang menyerupai pucuk bunga.

 

4. Nai Huang Bao



Sumber: ohmyfoodrecipes.com


Nai huang bao adalah roti kukus khas Tiongkok yang memiliki bentuk bulat dengan permukaan bagian atas yang mulus. Roti kukus khas Tiongkok ini memiliki isian custard kuning telur yang memiliki rasa manis gurih dengan tekstur creamy dan lumer di mulut. Selain custard, nai huang bao ini sebenarnya juga bisa diisi dengan selai buah, jeli buah, hingga pasta cokelat. Nai huang bao kerap kali disantap sebagai bekal makan siang anak-anak karena rasanya yang cenderung manis sehingga lebih disukai.

 

5. Zhi Ma Bao



Sumber: tasteatlas.com


Roti kukus khas Tiongkok terakhir yang akan kita bahas adalah zhi ma bao. Roti kukus ini memiliki penampilan yang sangat unik karena permukaannya memiliki bintik-bintik hitam kecokelatan. Warna kehitaman ini berasal dari biji wijen yang telah disangrai, dihancurkan, dan kemudian dicampur rata dengan adonan. Roti ini memiliki bentuk bulat, diisi dengan pasta wijen hitam yang dicampurkan dengan gula merah, maizena, dan air. Rasanya terbilang manis dengan wangi yang sangat khas karena menggunakan biji wijen hitam. Zhi ma bao ini lebih sering disantap sebagai menu sarapan atau camilan.

 

Itulah 5 roti kukus khas Tiongkok yang teksturnya sangat empuk dan lembut. Dari kelimanya, manakah yang paling ingin kamu cicip saat musim hujan seperti sekarang? Buat yang ingin menyantap roti kukus khas Tiongkok, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi!

Roti Srikaya & Bakpao Achin

Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin

Bapao Legenda

Foto Bapao Legenda
Foto Bapao Legenda
Foto Bapao Legenda

Bakpao Chik Yen

Foto Bakpao Chik Yen
Foto Bakpao Chik Yen
Foto Bakpao Chik Yen

Bapao Apin

Foto Bapao Apin
Foto Bapao Apin
Foto Bapao Apin

Bakpau A Satu

Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?