Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Variasi Dadar Gulung dengan Citarasa yang Berbeda

List Artikel
4 Januari 2017 | 1 Komentar

Dadar gulung atau yang juga dijuluki sebagai pancake atau crepes ala Indonesia ini merupakan salah satu jajanan pasar yang berasal dari Jawa. Dinamakan dadar gulung karena kue ini termasuk kue dadar yang disajikan dengan cara digulung. Dadar gulung masuk dalam jenis kue basah tradisional yang bercitarasa manis. Dadar gulung terbuat dari tepung beras, santan, telur, serta pewarna alami. Biasanya pewarna alami yang digunakan adalah air daun suji sehingga berwarna hijau. Proses pembuatan kulit dadar gulung mirip sekali dengan membuat pancake atau crepes dengan menggunakan wajan anti lengket. Setelah kulit matang, dadar gulung diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula pasir atau gula merah yang dinamakan unti. Selain dadar gulung klasik yang berwarna hijau dan berisi kelapa parut, masih ada variasi dadar gulung lainnya yang tak kalah enaknya, yaitu:

 

1. Dadar Gulung Vla Buah



Sumber: klimg.com


Ingin membuat dadar gulung dengan citarasa asam manis yang segar? Kamu bisa mencoba untuk membuat dadar gulung vla buah yang menggunakan buah-buahan di dalamnya. Pertama-tama, buat kulit dadar terlebih dahulu dengan menggunakan tepung terigu, susu untuk pengganti santan, telur, serta vanilla. Untuk isiannya, kamu bisa membuat vla dengan susu cair, gula pasir, garam, kuning telur, maizena untuk mengentalkan, serta fruit mix seperti nanas, strawberry, leci, kamu bisa menambahkan buah-buah favorit sesukamu.

 

2. Dadar Gulung Cokelat Pisang Keju


Sumber: dagingempuk.blogspot.co.id


Sesuai dengan namanya, dadar gulung ini memaduka tiga bahan yakni cokelat, pisang, dan keju menjadi satu camilan yang kaya akan rasa. Cara membuatnya sama saja dengan dadar gulung biasa yakni pertama-tama membuat kulit dadar terlebih dahulu dengan menggunakan bahan tepung terigu, bubuk cokelat, susu cair, telur, dan margarin leleh. Untuk isiannya, tumis pisang raja dengan margarin hingga matang dan agak kecoklatan lalu beri taburan keju parut. Dadar gulung cokelat pisang keju bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

 

3. Dadar Gulung Strawberry



Sumber: resepmasakankreatif.com

Variasi dadar gulung yang satu ini paling favorit di kalangan kaum hawa karena tampilan warnanya yang apik dan cantik. Dadar gulung strawberry menggunakan kulit dadar biasa yang dipisah warnanya menjadi dua bagian yakni yang diberi warna merah dan tidak diberi warna. Untuk isiannya, kamu bisa memadukan selai strawberry dengan irisan buah strawberry.

 

4. Dadar Gulung Isi Cokelat



Sumber: resepmasakankreatif.com

Suka yang manis-manis? Kamu bisa mencoba dadar gulung isi cokelat. Cara membuatnya tak susah kok, buat kulit dadar menggunakan tepung terigu, susu, telur, dan vanili. Setelah kulit dadar matang, Siapkan isi saus cokelat yang terbuat dari dark chocolate batangan yang dilelehkan lalu ditambahkan cream kental. Kamu bisa menikmati dadar gulung ini dalam dua versi, yakni versi hangat dan versi dingin yang disimpan terlebih dahulu dalam lemari es.

 

5. Dadar Gulung Ubi Ungu



Sumber: resepmasakankreatif.com

Dadar gulung yang satu memang kaya akan serat dan sangat bergizi karena terbuat dari campuran ubi ungu yang direbus lalu dihaluskan lalu dicampur dengan tepung terigu, susu cair, mentega, dan sedikit garam. Adonan kulit dibuat seperti biasa, setelah matang adonan diisi dengan kelapa parut yang dimasak dengan gula merah, air, dan daun pandan agar aromanya lebih wangi. 

RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

Foto RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

Toko Kue Vivi

Foto Toko Kue Vivi

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

AJ Bakery & Cake

Foto AJ Bakery & Cake
Foto AJ Bakery & Cake

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
sangat bermanfaat buat saya yang tidak bisa memasak,trimakasih.
nymsuderni@yahoo.co.id | 18 Jul 2019 pk. 11:05 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?