Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Makanan Khas Singkawang yang Terasa Unik di Lidah

List Artikel
30 Juli 2017 | 0 Komentar

Singkawang, sebuah kota yang terletak di Kalimantan Barat ini adalah sedang menjadi  sorotan karena berbagai macam tempat wisatanya yang sangat menarik. Terdapat aneka jenis wisata mulai dari wisata Taman Cinta Pajintan, Mimi Land Beach, Danau Biru, Pasar Hongkong, dan masih banyak lagi. Kota yang dijuluki dengan nama Kota Seribu Klenteng ini dihuni oleh sebagian besar masyarakat Tionghoa sehingga makanan-makanan yang ada di sini memiliki perpaduan cita rasa tradisional khas Indonesia dan China yang masih sangat terasa. Ada enam makanan khas Singkawang  yang harus kamu coba, yaitu:

 

1. Bubur Paddas



Sumber: satyawinnie.com


Bubur paddas menjadi salah satu makanan yang paling diburu saat singgah di Singkawang. Banyak orang yang sering mengira kalau bubur ini memiliki rasa yang pedas, tapi aslinya bubur ini tidak memiliki rasa pedas sama sekali. Cita rasanya justru gurih dan asam karena ada campuran jeruk limau. Bubur paddas terbuat dari jagung, pakis, kangkung, tauge, kacang tanah goreng, dan ikan teri.

 

2. Bubur Gunting



Sumber: satyawinnie.com


Jenis bubur lainnya adalah bubur gunting yang memiliki cita rasa yang sangat unik. Bubur gunting terbuat dari kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya lalu dimasak dengan air gula, tepung kanji, dan daun pandan sehingga teksturnya sangat kental. Dinamakan bubur gunting karena pada bagian atasnya diberi roti goreng atau cakwe yang digunting kecil-kecil. Bubur gunting biasa disantap sebagai menu sarapan karena sangat mengenyangkan.

 

3. Bubur Tahu



Sumber: satyawinnie.com


Di kota Singkawang, produksi tahu putih sangatlah banyak sehingga tahu tak hanya digoreng atau dijadikan camilan saja, tapi juga bisa dijadikan bubur. Bubur tahu terbuat dari kembang tahu yang disiram dengan air jahe manis sehingga menghadirkan cita rasa yang unik dan menarik saat masuk ke dalam mulut. Bubur tahu bisa menghangatkan badanmu saat musim hujan tiba.

 

4. Mie Tiaw Asu



Sumber: Satyawinnie.com


Kuliner Tionghoa tak akan terlepas dari yang namanya mie. Meski namanya mie tiaw asu, tapi kuliner ini halal kok. Mie yang digunakan pada kuliner ini bentuknya merupakan perpaduan dari mie kuning dan kwetiau dengan tekstur yang agak tipis dan pipih. Mie ditumis dengan campuran sayuran, tauge, daging ayam, daging sapi, dan seafood. Yang membuat kuliner ini unik adalah disajikan dengan perasan jeruk kunci, yakni jeruk limau yang berwarna kuning pada bagian dalamnya.

 

5. Choi Pan



sumber : pergikuliner.com


Ingin menyantap camilan enak yang tidak bisa dijumpai di daerah lain? Kamu bisa menyantap choi pan yang tampilannya sekilas mirip dengan dimsum. Adonan kulit choi pan terbuat dari tepung beras sementara isiannya terbuat dari irisan bengkoang tipis yang dicampur dengan daging ayam, ikan, udang, atau babi. Setelah direbus, bagian atasnya diberi taburan bawang putih goreng untuk menambah cita rasa. Santap choi pan dengan cocola kecap asin.

 

6. Rujak Ebi



Sumber: satyawinnie.com


Terakhir ada rujak ebi yang sangat enak disantap saat cuaca sedang terik. Layaknya rujak biasa, rujak ebi terbuat dari aneka macam buah-buahan tropis seperti mangga muda, pepaya muda, jambu merah, kedondong, bengkoang, dan mentimun yang disiram dengan saus kacang yang dihaluskan bersama dengan cabai rawit. Yang membedakan dari rujak kebanyakan adalah taburan ebi parut di atasnya sehingga citarasanya berpadu antara asam, segar, manis, pedas, dan asin.


Itu dia tadi sedikit ulasan tentang makanan khas Singkawang. Buat kamu orang Kalimantan Barat pasti sudah tidak asing dengan makanan-makana di atas bukan? Atau buat teman PergiKuliner yang bukan berasal dari Singkawang tapi ingin juga mencicipi aneka masakan khas Singkawang, kamu bisa pergi ke beberapa tempat makan khas Singkawang di Jakarta yang sudah PergiKuliner siapkan rekomendasinya di bawah ini!

Super Choi Pan Singkawang

Foto Super Choi Pan Singkawang
Foto Super Choi Pan Singkawang

Bakmie Singkawang A'ang 51

Foto Bakmie Singkawang A'ang 51
Foto Bakmie Singkawang A'ang 51

Bakmi dan Bubur Ajung

Foto Bakmi dan Bubur Ajung
Foto Bakmi dan Bubur Ajung

Bakso Sapi Singkawang 28

Foto Bakso Sapi Singkawang 28
Foto Bakso Sapi Singkawang 28

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?