Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Khas Inggris yang Paling Terkenal di Dunia

List Artikel
23 April 2017 | 0 Komentar

Inggris merupakan negara terbesar di Eropa dan menjadi negara tertua di dunia. Negara yang terkenal dengan sepak bolanya ini teryata memiliki banyak sekali kuliner khas yang tak kalah enaknya dari kuliner-kuliner Eropa lainnya. Selain cita rasanya yang lezat, kuliner khas Inggris ini kebanyakan sangat mudah dibuat dan bahan-bahan pembuatnya juga tak terlalu ribet. Ingin tahu ada kuliner khas Inggris apa saja yang paling terkenal di dunia? Yuk, mendingan langsung lihat listnya di bawah ini saja ya guys!

 

1. Fish and chips



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner khas Inggris yang paling terkenal di urutan pertama adalah fish and chips yang bisa dengan mudah kamu jumpai di beberapa kota besar di Indonesia. Kepopuleran kuliner yang satu ini karena memang tak bisa kamu sepelekan. Fish and chips terdiri dari bahan utama ikan dan kentang. Ikan yang dibalur tepung lalu digoreng kemudian disajikan dengan kentang goreng dan disiram dengan saus tar-tar. Fish and chips ini di Inggris sudah ada sejak tahun 1860 loh.

 

2. Muffin



Sumber: pergikuliner.com


Di urutan kedua ada muffin yang kepopulerannya tak usah kamu pertanyakan lagi. Muffin merupakan jenis cake tradisional Inggris yang awalnya berbentuk gulungan bundar dan tipis. Bahan dasarnya terbuat dari adonan roti yang diberi ragi sehingga teksturnya cenderung padat. Muffin sudah ada sejak zaman Victoria. Kue ini biasanya diberi campuran kacang-kacangan, choco chips, hingga aneka buah kering. Muffin biasa dinikmati saat musim dingin untuk disantap bersama dengan teh atau dijadikan bekal ke sekolah atau kantor.

 

3. Custard Tart



Sumber: bbcgoodfood.com


Kuliner yang satu ini memang sekilas mirip dengan egg tart asal Hongkong yang sedang menjadi hits di Indonesia belakangan ini. Egg tart khas Hongkong merupakan hasil adaptasi dari custard tart yang ada di Inggris. Meski terlihat mirip, tapi egg tart dan custard tart ini memiliki beberapa perbedaan dari segi bahan pembuatannya, bentuk, dan juga teksturnya. Custard tart di Inggris lebih banyak kamu temukan dalam bentuk satu loyang utuh yang kemudian dipotong-potong. Cara membuat custart tart Inggris ini mirip dengan cara membuat adonan pai yang kemudian diisi dengan custard yang merupakan dari campuran susu, krim, dan kuning telur.

 

4. Eton mess



Sumber: villagedairy.co.uk


Eton mess merupakan dessert tradisional Inggris yang terbuat dari meringue yang dihancurkan lalu dicampur dengan krim dan strawberry. Dessert ini pertama kali muncul di Inggris sejak tahun 1893 pada musim panas. Sesuai dengan namanya, dessert ini memang memiliki bentuk yang agak berantakan namun untuk cita rasanya tak perlu kamu ragukan lagi. Selain dengan buah strawberry, eton mess juga bisa disajikan dengan aneka buah-buahan segar lainnya seperti blueberry, kiwi, dan lain sebagainya.

 

5. Yorkshire Pudding



Sumber: fnstatic.co.uk


Meski namanya puding, namun kuliner khas Inggris yang satu ini citarasa dan tampilannya sangat berbeda dengan puding kebanyakan yang sering kita santap. Yorkshire pudding merupakan kuliner yang terbuat dari adonan tepung gandum, susu, air, dan telur yang dipanggang lalu diberi isi topping sayuran dan daging. Dinamakan yorkshire pudding karena kuliner ini berasal dari daerah Yorkshire yang ada di bagian utara Inggris.  

 

6. Bangers and Mash



Sumber: roadtripsrus.com


Kuliner yang tergolong dalam kuliner klasik Inggris ini merupakan kuliner yang paling banyak disantap saat malam hari. Bangers and mash merupakan perpaduan dari kentang dan sosis. Sosis yang digunakan biasanya sosis yang terbuat dari daging babi cincang. Sosis disajikan di atas mash potato lalu disiram dengan dengan brown sauce. Bangers and mash juga bisa dinikmati dengan tambahan sayuran rebus seperti kacang polong dan wortel.

 

7. Lancashire Hotpot



Sumber: bbci.co.uk


Lancashire hotpot merupakan kuliner yang berasal dari bagian barat laut Inggris. Kuliner ini banyak disajikan saat sedang ada pesta. Lancashire hotpot terbuat dari daging sapi yang dibumbui dengan aneka bawang merah dan bombay lalu ditutup dengan irisan kentang kemudian dipanggang hingga matang. Untuk memasak kuliner ini dibutuhkan waktu selama berjam-jam hingga bumbu meresap sempurna. Bahkan, aslinya lancashire hotpot ini dimasak seharian dengan api yang sangat kecil. 


Nah, kamu jadi pingin nyobain makanan khas Inggris yang di sebutkan di atas? Langsung aja cek restoran yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

The Manhattan Fish Market

Foto The Manhattan Fish Market
Foto The Manhattan Fish Market

Fish Streat

Foto Fish Streat
Foto Fish Streat
Foto Fish Streat

Maqui's

Foto Maqui's
Foto Maqui's

TGI Fridays

Foto TGI Fridays
Foto TGI Fridays
Foto TGI Fridays

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?