Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Manakah yang Lebih Cepat Menggemukkan, Nasi atau Mie Instan?

List Artikel
23 April 2017 | 0 Komentar

Makanan berkarbohidrat memang biasa dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari karena makanan jenis ini mampu menjadi solusi cepat ketika perut sedang dilanda lapar. Makanan berkarbohidrat juga memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh dimana karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi serta membantu melancarkan proses penyerapan nutrisi makanan seperti protein dan oksidasi lemak. Selanjutnya, untuk mengetahui manakah makanan karbohidrat yang lebih cepat menggemukan ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis karbohidrat. Ada tiga jenis karbohidrat yakni pati, gula, dan serat.



sumber: pergikuliner.com


Jenis makanan karbohidrat dengan pati terkandung sedikit gula dan beberapa kalori. Diketahui setiap gram pati terkandung 4 kalori di dalamnya. Dengan kandungan seperti ini maka tubuh akan mencerna dan memecahnya menjadi energi. Contoh dari makanan ini adalah mie, roti, dan biji-bijian. Kedua, makanan karbohidrat dengan gula dapat lebih dicerna oleh tubuh karena sifat gula yang mudah larut. Contoh dari makanan ini adalah gula, permen, manisan, dan buah-buahan. Terakhir, makanan karbohidrat dengan serat sifatnya sulit dicerna karena tubuh tidak dapat memecah serat. Makanan yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah nasi putih, nasi merah, dan nasi hitam.


Lalu manakah yang lebih cepat membuat gemuk?



sumber : pergikuliner.com


Hal pertama yang harus dilakukuan tentunya kita harus membandingkan kedua makanan ini dalam jumlah dan berat yang sama. Pada umumnya sebungkus mie instan memiliki berat bersih sejumlah 70 gram serprti yang tertera pada kemasannya. Jika demikian, maka setidaknya mie instan mengandung sekitar 370 kalori. Sementara itu, nasi putih dengan berat dan takaran yang sama terkandung 91 kalori di dalamnya. Hal ini jelas menunjukkan kalau mie instan memiliki jumlah kalori yang lebih besar sekitar empat kali lipat daripada nasi putih. Dengan besarnya perbedaan tersebut membuktikan bahwa mie instan adalah makanan yang lebih cepat menggemukkan ketimbang dengan nasi.



sumber : pergikuliner.com


Para ahli gizi pun telah menganjurkan kepada kita untuk mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok sehari-hari dan tidak terlalu sering memakan mie instan. Namun harus diperhatikan pula keseimbangan nutrisi dan gizi dari makanan pendamping nasi. Sebab terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dapat meningkatkan berat bedan dan memicu penyakit diabetes. Kombinasikanlah nasi putih dengan makanan yang tinggi protein dan sayur-sayuran, serta perbanyaklah konsumsi buah-buahan. Atau, kalau Teman PergiKuliner ingin lebih sehat lagi disarankan untuk mulailah beralih konsumsi nasi merah atau bahkan nasi hitam. Nasi hitam dipercayai memiliki kandungan sangat rendah kalori dan tinggi serat sehingga sering dijadikan rekomendasi makanan untuk orang diet.


Dari penjelasan di atas sebenarnya kamu tidak perlu takut gemuk karena mengkonsumsi makanan seperti nasi atau mie, asalkan tidak mengkonsumsinya berlebihan. Memakan mie sesekali bisa menjadi alternatif menu makan kamu agar tidak bosan mengkonsumsi makanan yang itu-itu saja. Apalagi sebagai pecinta kuliner, berat badan bukan menjadi masalah bukan? Untuk itu nih buat para pecinta kuliner yang mau menikmati makanan enak dimana pun, cek yuk web PergiKuliner. Untuk permulaan kamu bisa lihat nih tempat makan enak dengan menu nasi dan juga mie yang enak banget di bawah ini. Sayang banget kalo belum coba!

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan

Bebek Malio

Foto Bebek Malio
Foto Bebek Malio

Warung Mevvah

Foto Warung Mevvah
Foto Warung Mevvah
Foto Warung Mevvah

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?