Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal 5 Makanan Khas China yang Biasa Dijadikan Menu Sarapan Paling Populer

List Artikel
18 Agustus 2016 | 0 Komentar
Menurut para pakar kesehatan, sarapan sangatlah penting untuk kesehatanmu karena bisa mencegah obesitas, meningkatkan konsentrasi otak, dan juga mampu menjadi sumber energi saat melakukan aktivitas. Jika Indonesia punya nasi uduk dan lontong sayur yang menjadi menu sarapan, China juga mempunyai makanan khas yang sering dijadikan menu sarapan. Namun, beberapa di antaranya sudah sangat populer di Indonesia. Berikut ada lima makanan khas China yang biasa dijadikan menu sarapan:


1. Dim Sum


Sumber: pergikuliner.com

Jika di Indonesia menu dimsum kebanyakan disantap saat makan malam, dimsum justru lebih banyak disantap sebagai menu sarapan di China. Dimsum awalnya bermula dari China Selatan. Di sana, dimsum dijadikan sebagai teman minum teh pada pagi hari. Dari sekian banyak varian dimsum, dumpling atau gao menjadi terfavorit. Dumpling biasanya diisi dengan sayuran, udang, tahu, hingga daging yang dibalut dalam kulit bening yang terbuat dari tepung terigu atau tepung beras lalu di kukus di dalam klakat bambu.


2. Congee


Sumber: pergikuliner.com

Berbeda dari bubur ayam khas Indonesia, congee yang juga merupakan bubur nasi memiliki rasa yang ringan karena tidak menggunakan kuah bumbu. Congee memiliki topping yang sangat beragam seperti kacang tanah, tahu, daging, hingga telur. Telur yang disajikan bukanlah telur rebus biasa, namun telur pitan yang sudah diawetkan dalam alkali sehingga warna kuning telur menjadi hijau dan memiliki tekstur creamy


3. Mie


Sumber: pergikuliner.com

Banyaknya varian mie membuat masyarakat China sangat suka menyantap semangkuk mie sebagai menu sarapan. Di China Utara, mie yang digunakan adalah mie yang terbuat dari tepung gandum sedangkan di China Selatan, mie yang digunakan adalah mie yang terbuat dari tepung beras. Mie beras biasanya disantap dengan ubi kukus


4. Zongzi


Sumber: www.nautaliaviajes.com

Zongzi alias bakcang adalah salah satu jenis dumpling yang terbuat dari beras ketan. Zongzi dibuat dengan cara dibungkus dengan daun bambu lalu dikukus. Ada banyak varian isi zongzi, tergantung dari wilayahnya. Varian isi yang menjadi favorit adalah kacang merah serta daging babi. Selain itu masih ada varian lainnya seperti talas, telur bebek, jamur, serta daging ayam. Zongzi banyak dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan. 


5. Baozi


Sumber: www.oandoeats.com

Baozi alias bakpao tak hanya pas untuk camilan atau pengganjal rasa lapar. Di China, banyak orang yang menyantap baozi sebagai menu sarapan karena sangat praktis. Baozi dengan isian daging babi cincang, sayuran, dan pasta kacang menjadi pilihan paling favorit yang banyak disantap saat sarapan.

Dragon Flames

Foto Dragon Flames
Foto Dragon Flames
Foto Dragon Flames

Imperial Kitchen & Dimsum

Foto Imperial Kitchen & Dimsum
Foto Imperial Kitchen & Dimsum
Foto Imperial Kitchen & Dimsum

Fook Yew

Foto Fook Yew
Foto Fook Yew
Foto Fook Yew

The Grand Duck King Signature

Foto The Grand Duck King Signature
Foto The Grand Duck King Signature
Foto The Grand Duck King Signature

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?