Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jajanan Kaki Lima di Kota Tua yang Bikin Nostalgia

List Artikel
20 September 2022 | 0 Komentar

Kota Tua merupakan salah satu kawasan wisata di Jakarta yang tak hanya populer di kalangan warga lokal saja, tapi juga turis asing. Sesuai dengan namanya, Kota Tua adalah lokasi di mana bangunan-bangunan yang ada di kawasan tersebut adalah bangunan dengan tampilan jadul ala zaman VOC dulu. Kawasan ini selalu saja ramai setiap harinya, mulai dari pagi hingga malam hari. Pasalnya di Kota Tua, kamu bisa menjumpai museum-museum, pagelaran seni dan budaya, hingga aneka kuliner dengan rasa enak pastinya. Jika kamu ingin berburu jajanan kaki lima di Kota Tua, di bawah ini ada beberapa rekomendasinya untuk diicip!

 

1. Kerak Telor



Sumber: Pergikuliner.com


Jajanan kaki lima di Kota Tua yang pertama adalah kerak telor. Kerak telor adalah kuliner khas Betawi yang sangat populer karena keunikannya. Jajanan ini dibuat dari bahan dasar telur ayam atau bebek yang dicampur dengan ketan putih dan ebi sangrai lalu dimasak dengan cara meletakkan adonan di atas wajan lalu membalikkannya untuk dimasak di atas api.

 

2. Es Selendang Mayang



Sumber: Resepkekinian.com


Es selendang mayang adalah salah satu kuliner dingin khas Betawi. Es selendang mayang dibuat dari bahan dasar tepung sagu yang dimasak dengan santan dan garam lalu dicetak. Setelah dicetak dan didinginkan, selendang yang akan diiris-iris dan disajikan bersama dengan santan dan gula merah. Perpaduan teksturnya yang kenyal dengan rasa manis dan gurih terasa sangat nikmat disantap.

 

3. Es Goyang



Sumber: Pergkuliner.com


Buat anak 90-an pastinya tahu jajanan kaki lima di Kota Tua yang satu ini. Es goyang sangat dikenal karena terbilang unik. Keunikan dari es goyang bisa dilihat dari cara pembuatannya yang memang harus digoyang-goyang terlebih dahulu. Es goyang dibuat dari bahan dasar tepung jagung yang dicampur dengan gula, santan, dan aneka isian seperti colelat, kacang hijau, ketan hitam, dan sebagainya.

 

4. Kue Pancong



Sumber: Nusadaily.com


Selanjutnya ada kue pancong yang juga termasuk dalam jajanan kaki lima di Kota Tua. Nama kue pancong diambil dari kata pantatnya dicongkel. Hal ini dikarenakan setelah kue pancong matang dari cetakan, kita harus mengambilnya dengan cara mencongkel bagian bawahnya supaya terlepas dari cetakan dan bisa diangkat. Kue pancong dibuat dari bahan dasar tepung beras, santan kelapa, dan parutan kelapa. Setelah matang, kue ini akan diberi taburan gula pasir.

 

5. Kue Ape



Sumber: Pergikuliner.com


Kue ape adalah salah satu jajanan kaki lima di Kota Tua yang memiliki banyak nama, salah satunya adalah kue payudara. Kue ape memiliki bentuk yang unik karena bagian tengahnya tebal sementara bagian pinggirannya sangat tipis seperti renda. Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan tepung terigu, gula pasir, santan, baking powder, dan pewarna makanan hijau.

 

6. Rambut Nenek



Sumber: shopee.co.id


Kamu pasti akan kesulitan menemukan kuliner bercita rasa manis ini karena memang sudah jarang penjualnya. Tapi tak perlu khawatir karena rambut nenek bisa dengan mudah dijumpai di Kota Tua. Rambut nenek merupakan gulali ala Indonesia yang dibuat dari campuran gula dan tepung. Setelah berbentuk seperti rambut, jajanan ini akan disajikan bersama dengan dua buah wafer tipis sehingga memudahkan kita saat menyantapnya.

 

7. Soto Tangkar



Sumber: Pergikuliner.com


Jajanan Kaki lima di Kota Tua yang terakhir adalah Soto Tangkar. Kuliner ini termasuk dalam kategori makanan berat sehingga cocok disantap saat kamu merasa lapar setelah lelah berjalan-jalan di kawasan Kota Tua. Kamu bisa mencicip menu soto tangkar khas Betawi. Kata tangkar sendiri diambil dari bahasa Betawi pada zaman Belanda yang memiliki arti iga sapi. Di dalam soto tangkar memang terdapat iga sapi, daging sapi, kuah santan, dan aneka rempah.

 

 

Itulah beberapa jajanan kaki lima di Kota Tua yang bisa membuatmu bernostalgia. Dari ketujuh kuliner yang ada di atas, manakah yang paling kamu suka?

Suisse Bakery

Foto Suisse Bakery
Foto Suisse Bakery
Foto Suisse Bakery

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Pia Lie Tan

Foto Pia Lie Tan
Foto Pia Lie Tan
Foto Pia Lie Tan

Kue Pukis Bangka Mega Rasa

Foto Kue Pukis Bangka Mega Rasa
Foto Kue Pukis Bangka Mega Rasa
Foto Kue Pukis Bangka Mega Rasa

Soto Betawi Nyonya Afung

Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?