Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Manfaatnya Rutin Menyantap Selada Air, Bisa Tingkatkan Imun Juga Loh!

List Artikel
3 September 2020 | 0 Komentar

Selada air menjadi salah satu dari jenis selada yang banyak digunakan dalam dunia kuliner sebagai makanan sehat. Selada air memiliki tekstur yang renyah dengan cita rasa yang agak sedikit pahit. Selada air bisa tumbuh subur di dataran tinggi karena selada ini kebanyakan tumbuh di daerah yang beriklim dingin dan sejuk. Di Indonesia sendiri, selada ini memang tidak sepopuler selada bokor atau selada keriting. Tapi di Eropa, selada ini menjadi primadona dan banyak digunakan dalam berbagai macam olahan masakan lezat. Mulai dari makanan yang ditumis, dijadikan salad, hingga dipadukan dengan olahan makanan lainnya seperti menjadi campuran omelet, pasta, scone, dan lain sebagainya. Menjadi salah satu makanan sehat, tahukah kamu kalau selada air ini memiliki banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya sehingga bisa memberikan manfaat untuk tubuh jika rutin dikonsumsi. Yuk, kita cek dulu apa saja manfaatnya di bawah ini!



Sumber: Hellosehat.com


Mencegah Osteoporosis

Selada air memiliki kandungan kalsium, kalium, magnesium,  fosfor, dan vitamin K yang bisa mencegah osteoporosis karena mampu membentuk jaringan tulang sehat serta menjaga kepadatan tulang. Dalam 34 gram selada air mengandung sekitar 106 mg vitamin K yang mampu menutrisi tulang. Selain bisa memperkuat tulang, vitamin K pada selada air juga mampu membekukan darah.


Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selada air memiliki manfaat untuk dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dalam selada air mengandung kandungan kalsium, kalium, magnesium dan fosfor yang mampu menurunkan tekanan darah sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Selain itu kandungan nitrat di dalamnya juga dapat memperlebar arteri sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.


Menstabilkan Hormon Tiroid

Hormon tiroid menjadi salah satu hormon penting bagi tubuh. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pada leher bagian depan. Jika kelebihan hormon tiroid maka bisa berakibat tubuh mudah lelah, tremor, dan lain sebagainya. Sedangkan jika kekurangan hormon ini dapat berdampak lambatnya metabolisme tubuh dan gangguan memori. Oleh karena itu, hormon tiroid pada tubuh harus tetap seimbang. Selada air mengandung yodium sehingga mampu mengontrol hormon tiroid dengan baik.


Melindungi Tubuh dari Penyakit Kronis

Selara air juga dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit kronis seperti kanker, jantung, diabetes, dan lain sebagainya. Dalam selada air mengandung fitokimia. Inilah alasan mengapa selada ini punya citarasa yang agak pahit. Fitokimia berfungsi sebagai pelindung sel-sel dalam tubuh dan dapat melindungi kerusakan DNA pada sel darah putih serta mencegah pertumbuhan sel kanker.


Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat terakhir dari menyantap selada air adalah bisa memperkuat sistem imunitas dalam tubuh. Selada air memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu melepaskan antioksidan yang bisa menghalau radikal bebas dan peradangan dalam tubuh. Dalam 34 gram selada air terdapat 15 mg vitamin C yang mampu memenuhi 20% kebutuhan harian vitamin C.


Itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengkonsumsi selada air. Tapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus makan makanan sehat dan juga rajin berolahraga ya. Salah satu tempat makanan sehat yang bisa kamu kunjungi ada di bawah ini nih!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Selera Salad Bar

Foto Selera Salad Bar

Fedwell

Foto Fedwell
Foto Fedwell
Foto Fedwell

Salad Bar by Hadi Kitchen

Foto Salad Bar by Hadi Kitchen
Foto Salad Bar by Hadi Kitchen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?