Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Bahaya Risiko yang Bisa Kamu Alami Jika Sering Menunda Waktu Makan

List Artikel
4 September 2020 | 0 Komentar

Bagi manusia, makan tiga kali sehari sudah menjadi hal yang wajib dilakukan supaya kita tetap bisa menjalani aktivitas harian dengan mudah. Tapi meskipun kita makan tiga kali sehari, tapi jam makan tetap harus diperhatikan. Makan tepat waktu adalah salah satu cara terbaik supaya tubuh tetap sehat. Sayangnya, tak semua orang melakukannya. Ada beberapa orang yang sangat sering menunda-nunda waktu makan mereka. Alasannya sudah pasti karena kesibukan yang membuat mereka tidak bisa meninggalkan atau enggan memberhentikan pekerjaan mereka kalau belum selesai. Sebenarnya menunda waktu makan terdengar sangat sepele, tetapi ternyata ada risiko berbahaya di baliknya yang bisa mengganggu kesehatanmu. Coba kita cek dulu yuk apa saja bahaya risiko dari menunda waktu makan, yaitu:



Sumber: Shopify.com


Mengganggu Sistem Pencernaan

Bahaya risiko yang bisa kamu alami ketika menunda waktu makan adalah gangguan sistem pencernaan. Gangguan sistem pencernaan yang paling banyak terjadi ketika menunda waktu makan adalah asam lambung dan magh. Hal ini dikarenakan perut sedang kosong, sedangkan kita tetap melakukan aktivitas. Ketika menunda waktu makan, perut juga sangat rentan terkena perut kembung, apalagi jika makanan yang kamu santap adalah makanan pedas dan gorengan.


Membuat Berat Badan Bertambah

Menunda-nunda waktu makan juga bisa membuat berat badanmu bertambah. Kenapa bisa demikian? Dalam tubuh terdapat dua hormon yang mengontrol rasa lapar, yakni ghrelin dan leptin. Ghrelin berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan, sedangkan leptin berfungsi untuk menekan nafsu makan. Pada saat kamu menunda makan, maka hormon yang meningkat adalah hormon ghrelin. Dengan begitu, porsi makannya jadi lebih bertambah. Ditambah lagi ketika menunda makan, rasa lapar yang berlebihan bisa membuat kamu mengunyah makanan dengan cepat. Saat makan dengan cepat, maka kita cenderung makan lebih banyak dari biasanya sehingga sudah pasti berat badan bisa bertambah.


Menurunkan Konsentrasi Otak

Risiko lain saat menunda waktu makan adalah bisa menurunnya konsentrasi otak. Logikanya saat perut kosong dan tidak ada makanan yang bisa diolah oleh pencernaan, maka pastinya tubuh tidak menerima nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama otak untuk bekerja. Akibatnya, kalau otak tidak mendapat nutrisi dengan baik, maka konsentrasi juga bisa menurun.


Mengganggu Waktu Tidur

Bahaya risiko yang bisa kamu alami ketika menunda waktu makan adalah waktu tidur yang bisa terganggu. Pasalnya saat menunda waktu makan, maka pastinya tubuh akan mengalami defisit kalori. Apalagi kalau kamu sampai melewatkan waktu makan. Maka ketika akan tidur, sinyal lapar yang diberikan cukup kuat sehingga bisa mengganggu waktu tidurmu. Tubuh dan otak lebih memprioritaskan rasa lapar dibandingkan dengan tidur.

 

Wah, ternyata ada banyak bahaya yang memgintai ketika kita menunda-nunda waktu makan. Jadi mulai sekarang jangan menunda-nunda jam makanmu ya! Selalu makan tepat waktu agar tubuh bisa tetap sehat.

 


Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?