Alasan Mengapa Es Kopi Susu Begitu Hits di Jakarta

11 Januari 2021 | 0 Komentar

Kopi tak lagi menjadi minuman yang identik dengan orang tua, tapi juga anak muda. Sudah bukan rahasia lagi kalau di ibukota Jakarta sedang terjadi tren es kopi susu kekinian yang menjamur. Es kopi susu yang dijual digerai kopi atau kedai kopi ini membuat kamu harus rela mengantri hingga berjam-jam karena banyaknya pembeli yang ingin merasakan es kopi susu yang hits ini. Tapi tahukah kamu apa sebenarnya alasan es kopi susu bisa begitu hits di Jakarta dan bisa menggeser tren teh susu Thailand yang beberapa waktu yang lalu sempat menjadi viral. Mari kita cari tahu jawabannya!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Minuman yang Pernah Diicip Presiden Joko Widodo

Es kopi susu sebenarnya sudah mulai ada sejak tahun 2015. Tapi keberadaannya tidak setenar sekarang. Es kopi susu baru mulai terkenal sejak salah satu kedai es kopi susu yakni Toko Kopi Tuku didatangi Presiden Joko Widodo bersama dengan keluarganya. Setelah kedatangan presiden, es kopi susu menjadi viral dan mulai dilirik oleh masyarakat Ibu Kota karena penasaran dengan rasanya. 

 

2. Kesegaran yang Cocok dengan Udara Panas Jakarta

Jakarta menjadi Ibu Kota yang memiliki iklim cuaca panas sehingga minuman dingin sangat laris dijual, tak terkecuali es kopi susu. Di tengah teriknya udara Jakarta, es kopi susu bisa menjadi pelepas dahaga yang paling pas untuk diseruput. Jadi jangan heran jika kedai es kopi susu lebih ramai dikunjungi oleh pembeli saat siang hari. Ditambah, sekarang kamu juga bisa membeli es kopi susu melalui ojek online.  

 

3. Cita Rasa yang Manis dan Tidak Pekat

Meski kopi merupakan minuman favorit di Indonesia seperti teh, tapi tak semua orang menyukai rasa kopi yang terlalu kental dan cenderung pahit. Para penggemar es kopi susu banyak yang mengatakan kalau mereka menyukai cita rasa es kopi susu yang tidak terlalu kuat kopinya seperti varian kopi americano atau cappucino. Hal ini membuat es kopi susu juga bisa diminum oleh orang yang bukan pecinta kopi. Es kopi susu terbuat dari campuran espresso, gula aren, krim, dan susu full cream rasa kelapa sehingga cita rasanya cenderung agak manis.  

 

4. Kopi Bisa Meningkatkan Konsentrasi dan Memperbaiki Mood

Seperti yang kamu tahu, kopi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah bisa meningkatkan konsentrasi. Tak heran jika para pekerja sering memesan es kopi susu di sela-sela jam istirahat agar bisa membantu kerja otak jadi lebih cerah dan mengusir rasa kantuk. Selain itu, es kopi susu juga bisa memperbaiki mood karena di dalamnya terdapat campuran susu sehingga kamu bisa mendapat efek menenangkan.

 

5. Harganya Lebih Murah

Harga es kopi susu yang dijual rata-rata berkisar antara Rp 18.000,- hingga Rp 25.000,-. Harga ini tentunya membuat es kopi susu jauh lebih murah dan terjangkau oleh semua kalangan dibanding dengan harga minuman kopi yang ada di coffee shop lainnya yang mematok harga mulai dari Rp 30.000,- hingga Rp 45.000,-. Es kopi susu juga disajikan dalam bentuk gelas plastik dengan ukuran sedang.


Itu dia alasan mengapa es kopi susu begitu hits dan digemari di Jakarta. Teman kuliner pasti sudah pernah atau bahkan sering kan minum es kopi susu? Tapi, apa teman kuliner tahu kalau kamu bisa minum es kopi susu gratis dengan ikutan program PergiKuliner Berburu Kopi & Minuman Kekinian?. PergiKuliner Berburu Kopi & Minuman Kekinian merupakan program yang diadakan oleh PergiKuliner, dimana kamu bisa berburu kopi atau minuman kekinian di tenant-tenant yang berpartisipasi untuk mendapatkan dan mengumpulkan stamp. Setelah stamp yang kamu punya terkumpul sebanyak 5 stamp, kamu bisa menukarkannya dengan minuman favorit kamu di tenant-tenant yang ikut berpartisipasi tentunya, dan berikut lima tenant PergiKuliner Berburu Kopi & Minuman Kekinian yang bisa kamu kunjungi!

Metropole Coffee

Kinari Coffee Shop

Belaian Kopi

Kopi Jendela

Kembali ke Kala


Topik artikel ini: