Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Es Serut dari Berbagai Negara yang Menyegarkan!

List Artikel
22 Desember 2015 | 0 Komentar

Saat ini es serut hadir sebagai pilihan menu kuliner pelepas dahaga. Sesuai dengan namanya, es serut alias icy dessert adalah kuliner yang terbuat dari es yang diserut dan disiram dengan sirup, susu kental manis, serta aneka pendamping lainnya seperti agar-agar, jelly, serta buah-buahan. Bukan hanya Indonesia yang memiliki menu kuliner es serut, di negara lain juga ada loh ternyata. Bingsoo dan Kakigori merupakan es serut dari Korea dan Jepang yang sudah lebih dulu populer di Indonesia. Mau tahu aneka es serut lainnya? Yuk simak ulasan berikut ini!



1. Gula Melaka Baba Cendol dari Malaysia



Sumber: hushdragons.blogspot.com


Gula Melaka baba cendol merupakan sajian dingin nan manis yang paling populer di Malaysia saat musim kemarau tiba. Gula melaka baba cendol terdiri dari kacang, jagung manis serta cendol hijau yang ditata di bagian paling bawah mangkuk. Lalu di atasnya diberi es serut yang kemudian disiram dengan susu kental manis, krim kelapa manis, dan gula aren khas Melaka serta potongan buah mangga.



2. Nam Kang Sai dari Thailand



Sumber: eatingthaifood.com


Nam kang sai adalah sajian es serut dalam mangkuk kaca yang berisi bahan-bahan yang dicincang pada bagian bawah mangkuk lalu ditumpuk dengan es serut, setelah itu diberikan topping buah-buahan berwarna-warni dengan potongan yang lebih besar di atasnya. Untuk pelengkap, es ini disiram dengan sirup manis di atasnya.



3. Shave Ice dari Hawai



Sumber: tikimanshaveice.com


Es serut khas dari Hawai ini memiliki tampilan yang sangat cantik dengan warna-warni siraman sirup yang dijamin membuat tenggorokan kamu kembali segar. Meski sekilas hanya berupa es yang diserut saja, di bagian bawahnya kamu akan mendapati kacang azuki yang manis loh.



4. Halo Halo dari Filipina



Sumber: amazonaws.com


Halo-halo adalah es serut lokal khas Filipina yang berisi buah-buahan eksotis seperti nangka, kelapa, ampas kelapa, kacang hijau, ubi jalar ungu, jagung, dan mutiara. Es serut ini biasanya dilengkapi dengan satu scoop es krim yang akan mencair bersama dengan sup krim manis.



5. Kakigori dari Jepang



Sumber: pergikuliner.com


Es serut khas dari Jepang ini memiliki banyak variasi topping. Mulai dari yang biasa saja, yakni menggunakan susu kental manis, sirup, es krim, pasta kacang manis, hingga siraman krim teh hijau, gula hitam, serta manisan kacang kenari Jepang. Kakigori terus berinovasi dengan beragam topping. Topping terbaru yang sedang in adalah topping gulali.



6. Bao Bing dari Taiwan



Sumber: tastepotting.com


Es serut khas Taiwan ini memiliki banyak topping untuk satu mangkuk penyajiannya. Es serut akan ditumpuk dengan kacang merah, kacang hijau, talas, ubi jalar, kacang tanah, bola-bola, almond, cincau, dan jenis jelly lainnya. Makan semangkuk Bao Bing bisa membuat kamu kekenyangan.



7. Bingsoo dari Korea Selatan



Sumber: pergikuliner.com


Berbeda dengan es serut dari negara lainnya, Bingsoo dari Korea ini dikenal sebagai kudapan yang kompleks dan elegan. Bingsoo dengan topping kacang merah adalah salah satu yang paling tradisional. Selain kacang merah, masih ada jenis topping lainnya seperti, potongan buah, es krim, frozen yogurt, whipped cream, dan lain-lain.

Patbingsoo

Foto Patbingsoo
Foto Patbingsoo
Foto Patbingsoo

The Cup (Rice and Noodle)

Foto The Cup (Rice and Noodle)
Foto The Cup (Rice and Noodle)
Foto The Cup (Rice and Noodle)

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?