Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Jajanan Roti Goreng yang Populer di Indonesia

List Artikel
13 Desember 2017 | 0 Komentar

Roti merupakan kuliner yang mengandung karbohidrat tinggi sehingga sering disantap sebagai pengganti nasi. Tapi di Indonesia, roti justru lebih sering dijadikan sebagai cemilan atau jajanan yang disantap di saat senggang bersama dengan minuman teh atau kopi. Tak heran jika keberadaan roti di Indonesia memiliki banyak penggemarnya. Roti yang disukai tentu saja bukan hanya jenis roti tawar yang diberi olesan selai atau dibakar begitu saja, tapi juga olahan roti yang dimasak dengan cara digoreng seperti yang ada di bawah ini!

 

1. Donat


sumber : pergikuliner.com


Kalau jenis roti goreng yang satu ini kamu sudah tahu kan? Roti goreng berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya ini memiliki varian rasa yang bermacam-macam. Meski demikian, di Indonesia terdapat donat tradisional atau yang lebih dikenal dengan nama donat kampung yang terbuat dari campuran tepung, kentang atau ubi yang dihaluskan, telur, gula, margarin, susu bubuk, serta ragi instan. Setelah digoreng hingga matang, donat kampung ini biasanya hanya diberi taburan gula halus saja.

 

2. Kue Bantal


Sumber: tokomesin.com


Diurutan kedua ada kue bantal atau yang juga disebut dengan nama roti bantal. Kue bantal ini sebenarnya merupakan jajanan kaki lima karena hanya bisa kamu jumpai di pedagang gerobak yang ada di pinggir jalan. Kue bantal memiliki bentuk yang kotak seperti bantal dengan warna kecoklatan dan taburan biji wijen putih di atasnya. Cita rasanya manis meski tak ada isian atau filling di dalamnya.

 

3. Cakwe


Sumber: pergikuliner.com


Kalau kamu menemukan gerobak yang menjual kue bantal di pinggir jalan, kamu pasti juga menemukan penjual cakwe karena dua jajanan ini biasanya dijual oleh penjual yang sama. Cakwe termasuk dalam jajanan roti goreng dengan bentuk yang cukup unik karena berbentuk panjang seperti churros. Meski berasal dari Tiongkok, tapi di Indonesia cakwe sangat banyak peminatnya. Berbeda dengan kue bantal, cakwe memiliki citarasa gurih dan sedikit tawar. Cakwe disantap dengan dicocol saus cair asam manis pedas.

 

4. Roti Goreng Isi


Sumber: bukucatatanresep.blogspot.co.id


Pernah mencoba roti goreng isi? Roti goreng isi bisa kamu jumpai di tempat jajanan tradisional atau toko kue. Roti goreng isi terdiri dari dua jenis, yakni yang bercita rasa manis dengan isian vla cokelat di dalamnya dan yang rasanya gurih dengan isian sayuran serta cincangan daging ayam atau sapi yang sudah dibumbui dan dimasak terlebih dahulu. Roti goreng isi ada yang berbentuk bulat dan ada yang lonjong.

 

5. Panada


Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada panada yang merupakan roti goreng khas Manado yang sekilas memang mirip dengan cemilan pastel. Panada tergolong dalam varian roti goreng bercita rasa gurih karena di dalamnya terdapat isian ikan cakalang yang disuwir-suwir dan dibumbui dengan bawang merah, cabe, kemangi, daun jeruk, dan rempah-rempah lainnya. Jajanan roti goreng ini dipengaruhi oleh kuliner Spanyol karena dulunya bangsa Spanyol pernah datang ke daerah Manado.


Itu dia aneka jajanan roti goreng yang populer di Indonesia? Kira-kira kamu suka yang mana nih, teman PergiKuliner? Dan kalau kamu kepingin makan roti goreng favorit kamu, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Ponut Donat Kentang

Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang

Mister Donut

Foto Mister Donut
Foto Mister Donut
Foto Mister Donut

Cakwe Galaxy

Foto Cakwe Galaxy
Foto Cakwe Galaxy

Cakue Ko Atek

Foto Cakue Ko Atek
Foto Cakue Ko Atek
Foto Cakue Ko Atek

Forbidden Cakwe

Foto Forbidden Cakwe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?