Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Antara Susu Sapi, Susu kedelai, dan Yoghurt, Manakah yang lebih Sehat ?

List Artikel
14 April 2017 | 0 Komentar

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang digemari hampir seluruh masyarakat di belahan dunia. Susu ada yang dapat diminum langsung maupun diolah terlebih dahulu menjadi beberapa bahan makanan lainnya. Tak semua jenis susu tentu bisa sembarang dikonsumsi. Diperlukan teknik dan pengolahan khusus untuk dapat menghasilkan susu atau olahan makanan dari susu yang berkualitas.

Terdapat beberapa jenis susu yang umum kita kenal seperti susu sapi murni, susu kedelai, atau yoghurt yang merupakan olahan dari susu fermentasi. Rasa dari masing-masing olahan susu ini tentunya juga bervariasi, misalnya saja susu sapi murni yang rasanya manis dan segar, susu kedelai yang sedikit gurih, serta yoghurt yang dominan asam dan bertekstur creamy.


Yoghurt vs Susu Sapi dan Kedelai



sumber : pergikuliner.com


Pertanyaannya adalah jika kamu ditanya tentang manakah yang lebih sehat antara susu sapi, susu kedelai, dan yoghurt. Kira-kira kamu akan memilih yang mana nih? Dari ketiga jenis olahan susu ini tentu semuanya menyehatkan. Tetapi jika ketiganya dibandingkan, ternyata ada satu diantara ketiganya yang memiliki kandungan gizi terbaik lho. Coba simak ulasannya yuk dari pakar gizi!

Jika Teman PergiKuliner berpikir kalau susu sapi adalah pemenangnya maka kamu salah besar. Sebab salah seorang pakar gizi bernama Dr. Sarah Schenker menyebutkan bahwa yoghurt merupakan minuman olahan susu yang paling sehat diantara ketiganya. Masih tidak percaya?


Mengapa Dr. Sarah Schenker memilih yoghurt sebagai pemenangnya karena jika ditinjau dari kandungan gizi dan nutrisi maka yoghurt memiliki semua komponen tersebut. Dimana mengkonsumsi yoghurt tidak hanya mampu melancarkan saluran pecernaan tetapi juga mampu melindungi sistem kekebalan tubuh, menstabilkan peredaraan darah, menjaga sistem kekebalan tubuh, memperbaiki suasana hati, meningkatkan metabolisme tubuh, serta mampu menurunkan berat badan bagi orang diet. Kemudian penelitian lain juga menemukan bahwa kandungan dari minuman yoghurt berhasil mengurangi resiko penyakit jantung. Dengan memperbanyak konsumsi yoghurt maka hal itu dapat membantu mempertebal dinding arteri pada jantung.



sumber : pergikuliner.com


Sementara itu, meski mengkonsumsi susu sapi dan susu kedelai juga baik untuk kesehatan. Akan tetapi, susu sapi tak dapat dikonsumsi oleh semua orang terutama bagi orang yang menderita intoleransi laktosa. Dimana seseorang memiliki ketidakmampuan untuk mencerna laktosa yaitu gula yang terdapat pada susu dan produk olahannya karena tubuhnya tidak menghasilkan enzim laktase dengan cukup. Begitu pula dengan susu kedelai, yang diketahui memiliki senyawa serupa estrogen yang dikenal dengan fitoestrogen. Senyawa ini berpotensi dapat meningkatkan hormon ekstrogen pada pria apabila mengkonsumsi susu kedelai dalam jumlah yang berlebihan.


Walapun yoghurt telah dipilih menjadi minuman paling sehat. Namun di atas itu semua, mengkonsumsi susu sapi dan susu kedelai tetaplah penting bagi kesehatan tubuh. Imbangi mengkonsumsi ketiganya untuk mendapat manfaat yang maksimal. Nah, kamu jadi tertarik untuk mencoba beberapa minuman seperti youghurt dan susu? PergiKuliner sudah merekomendasikan tempat yang pas buat kamu menikmati kesegaran yoghurt dan juga segelas susu seperti di bawah ini!

Yogen Fruz

Foto Yogen Fruz

Holsteins Milk House

Foto Holsteins Milk House
Foto Holsteins Milk House

Mom Milk

Foto Mom Milk

Llao Llao

Foto Llao Llao
Foto Llao Llao
Foto Llao Llao

Mau tau lebih banyak lokasi tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu dong sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?