Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Beginilah Asal Mula Soto Bogor yang Belum Banyak Orang Ketahui

List Artikel
24 Juni 2018 | 0 Komentar

Setiap daerah setidaknya punya olahan kuliner soto andalan masing-masing. Contohnya, Jakarta yang punya soto betawi, Sulawesi yang punya soto makassar, Jawa Tengah yang punya soto kudus, Bogor yang punya soto mie, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang soto itu sudah menjadi makanan sejuta umat. Namun meskipun tampilan dan isian soto di setiap daerah berbeda-beda, esensi rasanya tetap sama yakni gurih dan segar. Nah, penikmat kuliner yang baik tentunya tidak suka menyantap kuliner kesukaannya, tetapi juga mengetahui sejarahnya mengenai kuliner tersebut. Berikut ini, PergiKuliner akan menjabarkan sekilas tentang sejarah masuknya soto ke Indonesia dan asal mula soto bogor tercipta. Mari simak!


 

Sumber : Pergikuliner.com


1. Sejarah Singkat Mengenai Soto

Menurut seorang ahli sejarah Dennys Lombard, sejarah soto di Indonesia itu berawal dari makanan khas Cina peranakan yang tinggal di Semarang yang namanya Caudo. Kemudian lebih populer dengan nama Soto. Salah satu pengaruh yang kental pada soto adalah bahan soun atau mie putih pada soto. Soto sendiri kalau dari segi kuah yang dipakai untuk air sotonya dibagi jadi dua macam soto yaitu soto bening dan soto kuah. Masakan soto pun masing-masing daerah memiliki ciri khas sesuai dengan nama soto khas suatu tempat. Misalnya, soto mie bogor memiliki ciri khas soto dengan mie kuning, risoles dengan pilihan daging atau ayam yang ditambah tomat, kentang, lobak, dan emping.


2. Penyebaran Soto di Indonesia

Penyebaran soto ke seluruh wilayah Indonesia tidak terlepas dari penyebaran masyarakatnya sendiri. Selain itu, pengaruh industrialisasi juga merupakan faktor yang membuat soto semakin populer dimana sebuah rasa otentik sebuah soto khas suatu daerah. Jadi, bisa dikatakan soto merupakan kuliner khas Indonesia yang terjadi dari proses akulturasi budaya atau percampuran dari berbagai budaya yang kemudian menghasilkan sebuah kreasi meu baru. Seperti halnya soto mie bogor ini yang menjadi salah satu kuliner soto favorit masyarakat Indonesia.


3. Karakteristik Soto Bogor

Soto bogor merupakan campuran dari daging sapi, kikil, usus, urat, babat, risol, kentang atau lobak rebus, mie kuning, tomat, serta kol, yang dipadu dengan kuah, lalu ditaburi dengan daun bawang dan seledri, serta tambahan kerupuk emping. Berbeda dengan kuah soto pada umumnya yang berkuah bening atau menggunakan santan, kuah soto bogor terlihat berwarna kemerahan yang timbul dari campuran cabai merah dalam bumbunya. Rasanya semakin pedas jika disajikan dengan sambal yang merupakan campuran cabai rawit dan cuka, serta jeruk nipis untuk menambah kesegaran rasanya. Hidangan pedas dan gurih ini cocok untuk disantap sebagai pendamping nasi, baik saat makan siang maupun makan malam.


Bicara tentang soto bogor pastinya membuat perut terasa lapar. Kini saatnya menyudahi tulisan dan memanjakan perut kamu nih dengan menyantap berbagai pilihan menu soto bogor yang telah direkomendasikan oleh PergiKuliner. Jadi, manakah tempat makan soto bogor favoritmu?

Soto Mie Bogor Bang Asan

Foto Soto Mie Bogor Bang Asan
Foto Soto Mie Bogor Bang Asan

Soto Mie Pak Kumis

Foto Soto Mie Pak Kumis
Foto Soto Mie Pak Kumis

Soto Mie Puri H.Darjo

Foto Soto Mie Puri H.Darjo
Foto Soto Mie Puri H.Darjo

Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Foto Soto Mie Bogor Kota Hujan Bang Alex

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?