Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Etika Makan di Berbagai Negara Ini Harus Kamu Tahu Sebelum Traveling Ke Luar Negeri

List Artikel
13 Agustus 2015 | 0 Komentar

Etika makan di dunia selalu berbeda di tiap-tiap negara, mulai dari negara-negara di Asia, Eropa, Afrika, Eropa, hingga negara-negara di Amerika. Sebenarnya, etika makan di berbagai negara pada umumnya hampir sama, seperti mempersilahkan orang yang lebih tua untuk menyantap makanannya terlebih, tidak menyisakan makanan di atas piring saat sudah selesai makan, dan lain sebagainya. Namun, terdapat pula etika makan di berbagai negara yang tidak lazim di telinga kita. Nah, penasaran kan? Pahami etika-etika makan di negara-negara ini ya supaya kamu tidak dianggap kurang ajar ketika berkunjung ke negeri orang!



Perancis



Sumber: Pixabay


Jika di negara-negara barat cenderung menggunakan sendok, garpu, dan pisau untuk makan, berbeda dengan di Perancis. Orang Perancis biasanya makan dengan menggunakan roti sebagai sendoknya. Disana, roti bukanlah makanan pembuka, tetapi bagian dari makanan utama. Selain itu, membayar makanan sendiri-sendiri atau patungan dianggap tidak sopan disana. Makanya, waspadalah kalau tiba-tiba kamu disuruh bayarin makan di Perancis.



Thailand



Sumber: Food World News


Di Thailand, ada aturan tak tertulis soal etika makan. Di negara ini, kamu tidak boleh memasukkan makanan ke dalam mulut dengan menggunakan garpu. Garpu hanya boleh digunakan untuk mendorong makanan di piring ke dalam sendok. Jadi, hanya sendok saja yang diperbolehkan masuk ke dalam mulut.



Jepang



Sumber: Just Hungry


Bagi kamu yang pengen traveling ke Jepang, kamu harus tahu etika-etika makan di Jepang ini. Kamu tidak boleh menancapkan sumpit dalam mangkuk yang berisi nasi. Jika kamu melakukan hal itu, maka kamu akan dianggap menancapkan sebuah dupa untuk penghormatan upacara pemakaman. Lalu, jika kamu makan sup atau makanan yang berkuah, ingatlah untuk mengangkat mangkuk dari meja saat hendak menyeruput kuah. Hal itu menunjukkan bahwa kamu menghargai orang yang membuat masakan tersebut.



India



Sumber: Huffington Post


Etika makan di India ini mirip dengan etika makan di Indonesia, yakni kamu tidak boleh makan dengan menggunakan tangan kiri. Bahkan di India Selatan, kamu tidak diperbolehkan untuk menyentuh piring dengan tangan kiri selagi makan. Hal ini disebabkan karena tubuh bagian kiri terasosiasi dengan bagian tubuh yang melakukan hal-hal kotor. Bagaimana dengan yang kidal? Kalau ini tak jadi masalah, selama kamu tidak memegang ponsel atau sibuk bermain dengan tangan kanan kamu saat sedang makan.



Chili



Sumber: Huffington Post


Buat kamu yang hobi makan pake tangan, kudu ati-ati kalau mau makan di Chili. Kenapa? Karena orang Chili terbiasa makan menggunakan sendok, garpu, dan pisau. Menyentuh makanan dengan tangan langsung akan dianggap tidak sopan, sekecil apapun itu makanannya. Ati-ati ya!



Korea Selatan



Sumber: wwwebart


Pernahkan kamu melihat orang Korea Selatan yang makan dengan suara yang berisik seperti mencecap? Etika ini berbanding terbalik dengan etika makan orang Indonesia. Jika di Indonesia makan dengan mencecap atau mengeluarkan suara akan dianggap tidak sopan, di Korea Selatan kamu harus makan dengan mencecap. Konon katanya, hal itu dianggap sebagai bentuk penghargaan atas makanan yang kamu makan atau dalam bahasa lainnya makanan yang kamu makan itu terasa lezat dan nikmat, makanya kamu mengeluarkan bunyi mencecap. Aneh ya?



Italia



Sumber: Telegraph


Ada yang hobi makan pizza di restoran yang logonya atap warna merah itu? Saat makan disana, kamu pasti suka minta keju tambahan kan? Nah, jangan sekali-kali minta keju tambahan saat kamu makan di Italia, karena akan dianggap sangat tidak sopan. Selain itu, jika kamu penggemar berat cappuccino, minumlah cappuccino saat pagi hari. Kenapa? Karena cappuccino biasanya cuma boleh diminum saat pagi hari. Jika kamu minum di waktu-waktu yang lain, kamu pasti akan dianggap aneh dan bodoh.



China



Sumber: Huffington Post


Jika di beberapa negara bersendawa saat makan dan menyisakan remahan makanan adalah perilaku yang dianggap tidak sopan, berbeda dengan di China. Disana, bersendawa dan menyisakan makanan setelah makan adalah hal yang biasa. Bahkan, bersendawa sering dianggap sebagai bukti kepuasan terhadap masakan sang koki. Mumpung lagi di China, puas-puasin tuh bersendawa. Selain itu, jangan sekali-kali makan ikan di China dengan membalik tubuh ikan ketika salah satu sisinya sudah habis. Hal itu dianggap sebagai dao yue, yang berarti nasib buruk. Jadi, lebih baik tulang-tulang dan duri ikan dibersihkan dulu sebelumnya, baru kamu makan dagingnya.



Tanzania



Sumber: Constance


Mau tau etika makan paling unik di dunia? Di Tanzania, terdapat satu etika makan paling aneh di dunia yang bakalan bikin kamu melongo. Gimana enggak? Di Tanzania, menghadiri jamuan makan malam dengan tepat waktu dianggap tidak sopan. Cocok banget tuh buat kamu yang suka banget ngaret.


Itu dia etika-etika makan dari berbagai negara di dunia. Ada yang unik, aneh, nggak lazim, bahkan sangat berkebalikan 180 derajat dengan etika makan di Indonesia. Hayo, udah dihafalin belom tuh buat kamu yang suka traveling ke luar negeri? Jangan sampe salah etika dan dianggap nggak sopan ya!



Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?