Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Jenis-jenis Keju yang Sering Kamu Temui Pada Makanan

List Artikel
13 Agustus 2015 | 0 Komentar

Keju merupakan salah satu hasil olahan susu yang bisa ditemui di berbagai belahan dunia. Keju diproduksi dengan cara memisahkan zat-zat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan tersebut dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut bakteri rennet. Setelah proses pengentalan selesai, hasil dari proses tersebut akan dikeringkan, diproses kembali, dan diawetkan dengan berbagai macam cara.


Secara garis besar ada dua jenis keju, yakni soft cheese dan hard cheese. Soft cheese, sesuai namanya, merupakan jenis keju yang lembut seperti cream cheese dan mascarpone cheese. Sementara itu, hard cheese adalah jenis keju yang keras seperti keju parmesan, cheddar, dan juga edam. Nah, jenis keju yang mana sih yang biasanya terdapat dalam makanan ataupun minuman yang biasa kamu makan? Check it out!



1. Keju Cheddar


Sumber: Wonderopolis


Salah satu jenis hard cheese ini sangat populer di Indonesia karena sangat mudah untuk didapatkan. Keju cheddar biasanya berwarna kuning pucat hingga putih gading. Keju ini pertama kali diproduksi oleh Desa Cheddar di Somerset, Inggris sehingga keju ini dinamakan cheddar. Keju cheddar yang berkualitas biasanya memiliki tekstur yang rapat dan kencang namun lembut dan cenderung meleleh di mulut dengan rasa yang padat dan merata.



2. Keju Edam



Sumber: Edam Cheese


Keju keras yang satu ini berasal dari Belanda. Keju edam terbuat dari susu skim yang rendah lemak. Keju edam yang usianya masih muda berwarna kuning muda dengan tekstur agak lunak. Semakin lama, warna keju ini berangsur menjadi kuning tua dan teksturnya menjadi keras dan kering setelah lama disimpan. Ciri khas keju edam adalah bungkusnya yang terbuat dari lilin berwarna merah sehingga bentuknya menyerupai apel. Keju edam sering digunakan untuk campuran kue kastangel.



3. Keju Mascarpone



Sumber: Menu of Musings


Keju mascarpone merupakan salah satu jenis keju segar dari Italia yang dibuat menggunakan krim dari susu sapi. Karena pembuatannya memakai krim, keju ini termasuk dalam jenis keju krim. Keju ini biasanya berwarna putih atau kuning serta teksturnya sangat lembut dan halus. Mascarpone sering digunakan untuk membuat hidangan penutup seperti tiramisu serta pengganti krim dalam hidangan pasta atau risotto.



4. Keju Parmesan



Sumber: Flickr


Keju parmesan merupakan salah satu jenis keju keras yang juga berasal dari Italia. Keju ini berwarna kuning pucat dengan lubang-lubang kecil sebesar jarum. Keju parmesan banyak dijual dalam bentuk parmesan parut. Biasanya, keju parmesan digunakan untuk taburan pasta atau sup.



5. Keju Krim



Sumber: New Health Advisor


Keju krim alias cream cheese memiliki tekstur yang lembut seperti mentega, berwarna putih, dan memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan keju mascarpone. Cream cheese dibuat dari susu sapi dengan kandungan lemak susu minimum 33 persen, kadar air tidak lebih dari 55 persen, dan memiliki tingkat keasaman atau pH antara 4,4 sampai 4,9. Cream cheese biasanya digunakan untuk bahan cake atau tambahan olesan pada selai.


Nah, itu dia berbagai jenis keju yang sering kita temui pada makanan. Makanan berat, makanan ringan, emang lebih nikmat apabila dicampur dengan keju. Tapi tergantung jenis makanannya juga sih.. Mau tau makanan apa aja yang enak ditambahkan dengan keju? Mampir aja yuk ke restoran-restoran ini!


Roti Bakar Ibu Iis

Foto Roti Bakar Ibu Iis
Foto Roti Bakar Ibu Iis
Foto Roti Bakar Ibu Iis

Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery
Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery
Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?