Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Indonesia yang Tambah Enak Jika Ditambah Emping

List Artikel
3 Desember 2022 | 0 Komentar

Emping merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang termasuk dalam golongan kategori kerupuk. Emping memiliki rasa unik sehingga keberadaannya dalam sebuah masakan bisa menambah kelezatan dari masakan tersebut. Emping dibuat dari bahan dasar buah melinjo yang banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Untuk membuatnya, buah melinjo ini harus dikupas kulit untuk diambil buah dalamnya. Setelah itu bagian buah dalam akan direbus atau dikukus hingga matang dan dipipihkan hingga berbentuk tipis seperti kertas dan dijemur hingga kering. Setelah dijemur hingga kering selama beberapa hari, maka melinjo bisa digoreng hingga menjadi emping yang siap disantap. Emping tidak memiliki aroma khusus seperti kerupuk udang atau kerupuk bawang, tapi memiliki rasa yang autentik yakni ada rasa kacang yang bercampur dengan sedikit rasa pahit. Emping biasanya disajikan bersama dengan masakan khas Indonesia lainnya, mulai dari masakan berkuah hingga masakan yang berbumbu kacang. Dari sekian banyak kuliner Indonesia, ada lima yang paling sering disajikan bersama dengan emping, yaitu:

 

1. Soto Betawi



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner yang pertama adalah soto Betawi. Keberadaan soto Betawi ini tidak hanya bisa dijumpai di Jakarta saja, tapi juga di beberapa kota besar yang ada di seluruh Indonesia. Hal ini dikarenakan soto Betawi sangat populer dan digemari banyak orang. Soto Betawi merupakan jenis soto yang dibuat dari campuran daging sapi dan jerohan yang dimasak dengan aneka bumbu rempah dan santan. Untuk penyajiannya, soto Betawi akan disajikan bersama dengan potongan kentang goreng, irisan tomat, taburan daun bawang dan seledri, bawang goreng, dan pastinya emping melinjo.

 

2. Soto Mie Bogor



Sumber: Pergikuliner.com


Selain soto Betawi, ada jenis soto lainnya yakni soto mie Bogor yang juga sama-sama menambahkan emping melinjo pada saat penyajiannya. Soto mie Bogor merupakan jenis soto yang berbeda dari soto-soto kebanyakan karena dibuat dengan bahan campuran irisan daging sapi, lidah, mie kuning, bihun, kubis, risol, irisan tomat, daun bawang, dan juga emping. Rasa dari soto mie Bogor cenderung menyegarkan karena kuahnya yang tidak menggunakan santan. Ditambah lagi adanya perasan jeruk limau dan tomat di dalamnya yang bisa memberikan rasa segar.

 

3. Bubur Ayam



Sumber: Pergikuliner.com


Bubur ayam adalah salah satu kuliner yang seringkali dijadikan sebagai menu sarapan masyarakat Indonesia. Bubur ayam dibuat dari bahan dasar beras yang dimasak dalam jangka waktu lama bersama dengan aneka rempah hingga lembut. Nantinya bubur ayam akan disajikan bersama dengan suwiran ayam, kacang kedelai goreng, irisan daun bawang seledri, bawang goreng, kerupuk, dan emping. Penambahan emping pada bubur ayam tidak hanya bisa menambah rasa tapi juga memperkaya tekstur dari bubur tersebut.

 

4. Gado-gado



Sumber: Pergikuliner.com


Gado-gado juga termasuk kuliner khas Indonesia yang akan terasa lebih enak jika ditambahkan emping. Gado-gado yang sering mendapat julukan sebagai saladnya Indonesia ini dibuat dengan menggunakan aneka bahan sayur-sayuran yang direbus seperti kangkung, bayam, kacang panjang, tauge, kubis, kentang, jagung, dan sebagainya. Selain sayuran, gado-gado juga diberi tempe dan tahu goreng serta telur rebus. Untuk penyajiannya, gado-gado akan disiram dengan saus kacang dan diberi taburan bawang goreng serta kerupuk dan emping.

 

5. Nasi Uduk



Sumber: Cookpad.com (@kris_delight)


Kuliner khas Indonesia yang terakhir adalah nasi uduk. Kuliner asal Betawi ini memiliki rasa yang sangat gurih karena dimasak dengan menggunakan santan kelapa. Untuk penyajiannya, nasi uduk akan diberi tambahan lauk semur, bihun goreng, aneka gorengan, sambal, kerupuk, dan emping. Penambahan emping bisa menambah rasanya menjadi lebih enak karena cocok berpadu dengan gurihnya santan.

 

Itulah beberapa kuliner khas Indonesia yang tambah enak jika ditambahkan dengan emping. Jika ingin menyantap salah satu makanan yang ada di atas, kamu bisa mampir ke salah satu tempat makan yang direkomendasikan oleh Teman Kuliner lainnya yang sudah mencicip. Yuk, coba lihat!

Soto Betawi Nyonya Afung

Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung
Foto Soto Betawi Nyonya Afung

Soto Mie Puri H.Darjo

Foto Soto Mie Puri H.Darjo
Foto Soto Mie Puri H.Darjo
Foto Soto Mie Puri H.Darjo

Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong

Foto Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong
Foto Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong
Foto Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong

Gado Gado Ria

Foto Gado Gado Ria
Foto Gado Gado Ria
Foto Gado Gado Ria

Nasi Uduk Ibu Jum

Foto Nasi Uduk Ibu Jum
Foto Nasi Uduk Ibu Jum
Foto Nasi Uduk Ibu Jum

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?