Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Telur Kukus dari Berbagai Negara

List Artikel
4 Desember 2022 | 0 Komentar

Telur menjadi salah satu sumber protein hewani yang paling sering digunakan dalam masakan. Telur memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan sumber protein hewani lainnya. Meski demikian, telur memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Telur bisa diolah menjadi beragam kuliner enak yang menggiurkan, mulai dari digoreng, dicampur dengan bahan lainnya, hingga di dikukus. Berbeda dengan metode menggoreng, telur yang dikukus memiliki tekstur yang sangat lembut dan lumer saat disantap di mulut. Meski namanya telur kukus, tapi ternyata ada beberapa jenis telur kukus tergantung dari negaranya masing-masing. Berikut aneka telur kukus dari berbagai negara yang cocok untuk kamu santap saat musim hujan, yaitu:

 

1. Gyeran Jjim



Sumber: Pergikuliner.com


Telur kukus yang paling populer adalah gyeran jjim. Kuliner ini merupakan telur kukus asal Korea Selatan. Teksturnya sangat lembut dan rasanya ringan. Keunikan dari gyeran jjim adalah wadah kukusannya menggunakan hot bowl sehingga bisa membuat panas untuk memasak telur menjadi rata secara keseluruhan. Untuk bahan pembuatannya sangatlah simpel karena hanya menggunakan telur ayam yang dikocok bersama dengan daun bawang, kaldu, lada, dan sedikit garam.

 

2. Chawanmushi


Sumber: Saveur.com


Chawanmushi menjadi telur kukus yang sudah sangat dikenal oleh banyak orang, terutama bagi penyuka masakan Jepang karena kuliner ini berasal dari negeri sakura. Chawanmushi dibuat dari bahan dasar telur ayam yang dicampurkan dengan jamur shitake, mirin dan dashi sehingga rasanya menjadi berbeda dari telur kukus kebanyakan. Chawanmushi memiliki aroma yang khas dan rasa yang padat tapi terasa lembut saat disantap.

 

3. Cha Trung Hap


 

Sumber: Yummyday.vn


Cha trung hap merupakan salah satu telur kukus yang asalnya dari Vietnam. Telur kukus ini memiliki tekstur yang lebih padat jika dibandingkan dengan telur kukus dari negara lainnya. Cha trung hap dibuat dengan cara mencampur telur dengan bihun, daging sapi cincang, daun bawang, dan jamur. Semua bahan dicampur menjadi satu lalu diberi bumbu dan dikukus hingga matang. Biasanya cha trung hap ini disantap dengan menggunakan nasi putih hangat.

 

4. Kai Toon



Sumber: Siamsizzles.com


Selanjutnya ada kai toon yang aslinya berasal dari Thailand. Kai toon dibuat dengan cara mencampurkan telur ayam dengan tambahan air kaldu, jamu, dan daun bawang. Semua bahan dicampur hingga rata lalu dikukus hingga matang atau selama kurang lebih 15-20 menit. Biasanya kai toon ini disantap sebagai menu makanan pembuka sebelum menyantap makanan besar.

 

5. Chinese Steam Egg



Sumber: Theworktop.com


Telur kukus yang terakhir adalah Chinese steam egg yang pastinya berasal dari Tiongkok. Menu ini sangat dikenal sebagai menu sarapan favorit karena tak hanya praktis dibuatnya, tapi juga ringan untuk dikonsumsi di pagi hari. Chinese steam egg dibuat dengan cara mencampurkan telur ayam dengan sedikit air kaldu ayam, minyak wijen, dan kecap asin lalu dikukus hingga matang. Kunci dari pembuatan Chinese steam egg adalah rasio dari telur dan air kaldu yang digunakan supaya nantinya bisa menghasilkan tekstur telur kukus yang tepat.

 

Bagaimana menurutmu tentang aneka kuliner telur kukus yang ada dari berbagai negara di atas? Manakah yang paling cocok dengan seleramu?

Golden Egg Bakery

Foto Golden Egg Bakery
Foto Golden Egg Bakery
Foto Golden Egg Bakery

Eggtime

Foto Eggtime
Foto Eggtime
Foto Eggtime

Mister Sunday

Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday

Cork&Screw Country Club

Foto Cork&Screw Country Club
Foto Cork&Screw Country Club
Foto Cork&Screw Country Club

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?