Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Olahan Daging Kambing Berkuah yang Cocok Disantap Dengan Nasi

List Artikel
27 Juni 2023 | 0 Komentar

Bagi masyarakat Indonesia, selain daging ayam dan sapi, daging kambing juga sering dikonsumsi. Daging kambing memiliki tekstur yang lebih kenyal jika dibandingkan jenis daging-daging lainnya. Selain itu daging kambing juga kaya akan manfaat dan bisa digunakan untuk beragam jenis masakan khas Indonesia. Daging kambing yang dimasak menjadi aneka kuliner khas Indonesia memiliki cita rasa yang khas, tektur daginya juga tidak alot karena memasaknya dengan menggunakan rempah-rempah.


Rempah yang digunakan dalam aneka kuliner khas Indonesia dari daging kambing seperti pala, ketumbar, lada, dan lain sebagainya memang tak hanya bisa melezatkan dan membuat aroma masakan jadi lebih menggugah selera, tapi juga bisa berfungsi untuk membuat tekstur daging kambing jadi lebih empuk. Buat Teman Kuliner yang suka dengan daging kambing, ada lima olahan berkuah daging kambing yang bisa disantap dengan nasi putih hangat, yaitu:


1. Sop Kambing



Sumber: Resepkoki.id


Pertama ada sop kambing yang sangat populer sebagai olahan berkuah dari daging kambing. Sop kambing dibuat dari bahan dasar daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah seperti bawang bombay, bawang putih, cengkeh, bunga lawang, lada, jahe, hingga sayur-sayuran seperti kentang, wortel, daun seledri, dan daun bawang. Daging kambing harus dimasak dengan bumbu rempah dalam waktu yang cukup lama sehingga bumbunya akan meresap ke dalam daging. Sop kambing bisa dijumpai di daerah-daerah yang ada di Pulau Jawa.

 

2. Gulai Kambing



Sumber: Kompas.com


Gulai kambing adalah salah satu olahan berkuah dari daging kambing yang cocok disantap dengan nasi. Gulai kambing dibuat dari bahan dasar kambing yang dimasak bersama dengan santan dan bumbu gulai. Bumbu gulai diracik dari beberapa campuran rempah seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, lengkuas, sereh, daun salam, kemiri, jahe, ketumbar, jintan, kapulaga, bunga lawang, dan lain sebagainya. Gulai kambing ada yang dibuat pedas dan tidak pedas. Gulai kambing yang pedas dibuat dengan campuran cabe merah. Gulai kambing yangdisantap dengan nasi putih akan terasa lebih enak rasanya.


3. Kari Kambing



Sumber: Resepkoki.id


Selanjutnya ada kari kambing yang sangat disukai sebagai olahan berkuah daging kambing yang cocok disantap dengan nasi. Kari kambing banyak dijumpai di daerah yang ada di Pulau Sumatera, tapi juga bisa dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Kari kambing dibuat dari bahan dasar daging kambing yang dimasak dengan santan dan aneka bumbu rempah. Untuk bumbu rempahnya memang lebih sedikit dari bumbu rempah gulai kambing. Tapi kari kambing menggunakan bumbu kari dalam campurannya sehingga aromanya sangat khas. Selain itu, kari kambing juga memiliki warna yang lebih kekuningan jika dibandingkan dengan gulai yang warna lebih orange kemerahan.


4. Semur Kambing



Sumber: Instagram.com/phocaaaa


Semur tak hanya bisa dibuat dari daging sapi atau ayam, tapi juga bisa dibuat dengan daging kambing. Jika membuat semur dari bahan dasar daging kambing, Teman Kuliner harus merebus daging kambing terlebih dahulu sehinggaaromanya jadi lebih enak. Setelah itu, barulahdimasak lagi bersama dengan bumbu semur seperti bawang merah, bawang putih, lada, kemiri, jahe, jintan, lengkuas, dan sereh. Olahan daging kambing yang satu ini memiliki rasa manis dan legit. Teman Kuliner sebenarnya bisa menyantap semur daging kambing dengan nasi putih biasa, tapi akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi uduk.


5. Pindang Kambing



Sumber: Kompas.com


Olahan berkuah dari daging kambing yang terakhir adalah pindang kambing. Pindang biasanya memang dibuat dari bahan dasar ikan, tapi jika menggunakan daging kambing, maka cita rasanya juga akan enak. Sama seperti semur daging kambing, sebelum dimasak dengan menggunakan bumbu pindang, Teman Kuliner harus merebus daging kambingnya terlebih dahulu. Untuk bumbu pindang yang digunakan bisa berupa bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun salam, ketumbar, kemiri, jahe, kunyit, dan masih banyak lagi. Untuk menambah rasa pedasnya, kebanyakan orang akan menambahkan cabai rawit merah utuh sesaat sebelum disajikan.

 

Itulah beberapa olahan daging kambing yang cocok disantap dengan nasi. Dari kelimanya, kamu bisa membuatnya sendiri atau mencari restoran yang menyediakan olahan daging kambing di sekitar rumah kamu. Kalau kamu bingung, kamu bisa mencari tempat makan dengan olahan daging kambing di aplikasi PergiKuliner. Dengan aplikasi PergiKuliner, kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai pilihan restoran atau warung makan yang menyajikan hidangan lezat dari daging kambing. Jadi, jangan lupa download aplikasi PergiKuliner di handphone kamu ya!

Tongseng Sate Kambing Pak Agus

Foto Tongseng Sate Kambing Pak Agus
Foto Tongseng Sate Kambing Pak Agus
Foto Tongseng Sate Kambing Pak Agus

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Sate Ayam & Kambing Megaria

Foto Sate Ayam & Kambing Megaria
Foto Sate Ayam & Kambing Megaria
Foto Sate Ayam & Kambing Megaria

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958

Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto

Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto
Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto
Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?