Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengapa Makanan Cepat Saji Begitu Digemari Bagi Kebanyakan Orang?

List Artikel
8 April 2017 | 0 Komentar

Fast food atau makanan cepat saji pertama kali diperkenalkan oleh negara-negara maju seperti Eropa Barat dan Amerika Serikat. Dahulu, awal mula terciptanya makanan cepat saji ini adalah karena alasan masalah waktu. Orang-orang barat dikenal sangat sibuk dalam bekerja sehingga mereka tak memiliki banyak waktu untuk memasak. Oleh karena itulah mereka mulai berpikir untuk membuat sebuah makanan yang cepat saji agar mereka tak perlu membuang-buang waktu dan masih dapat melakukan pekerjaan yang lain.



Sumber: pergikuliner.com


Sejak saat itu, fast food mulai populer dan tersebar luas hingga ke negara-negara di bagian Asia termasuk Indonesia. Selain itu, ada pula faktor lain yang membuat fast food ini begitu populer di Indonesia yakni karena dampak dari westernisasi yaitu salah satu ciri globalisasi dimana gaya hidup masyarakatnya berubah menjadi kebarat-baratan. Tetapi jika diketahui menurut hasil survei ternyata masih ada lagi nih alasan lain yang membuat makanan cepat saji menjadi sangat digemari. Kira-kira apa ya alasannya? Yuk coba cari tahu jawabannya di bawah ini:



Sumber: pergikuliner.com


1. Rasa Makanan


Sudah tak perlu dipertanyakan lagi soal kelezatan rasa dari makanan siap saji atau fast food. Memang boleh dikatakan makanan cepat saji memiliki rasa yang dominan gurih karena mengandung bumbu penyedap rasa. Hal inilah yang membuat rasa makanan siap saji ini begitu lezat dan sulit sekali bagi kita untuk menolaknya. Tetapi perlu diingat juga nih bagi teman PergiKuliner agar berhati-hati karena tak jarang jumlah pemakaian bumbu penyedap rasa pada fast food tergolong berlebihan. Sehingga sangat tidak sehat jika dikonsumsi terlalu banyak.


2. Ketagihan


Tentu Teman PergiKuliner sudah pernah mendengar sebelumnya bahwa junk fast food merupakan salah satu makanan yang mengandung zat adiktif di dalamnya. Dimana salah satu ciri dari makanan yang dapat membuat ketagihan adalah makanan yang memiliki kadar glikemik tinggi dan banyak mengandung gula atau pemanis rasa. Nah diantara dua ciri tersebut, fast food ini termasuk dalam kategori makanan yang indeks glikemiknya tinggi. Jadi, perlu diperhatikan juga ya saat menyantap fast food agar tidak melebihi dari porsi yang seharusnya. Meskipun ketagihan tetapi tetap tidak baik terutama bagi anak-anak, penderita kolestrol, dan para wanita diet.


3. Bosan Dengan Menu Makan


Hal yang menjadi alasan lain adalah karena kita seringkali bosan dengan menu makan yang disajikan. Apalagi jika menu makanan tersebut adalah makanan yang menyehatkan seperti sayuran hijau. Ujung-ujungnya kita akan beralih ke makanan cepat saji. Sayuran hijau memang tidak begitu disukai bagi kebanyakan orang terutama anak-anak dan remaja. Karena rasanya yang cenderung hambar. Lain halnya dengan junk food, meskipun disantap berkali-kali tetap saja tak akan membuat kita bosan.


4. Peran Media


Peran media dalam mempromosikan makanan cepat saji atau fast food juga menjadi alasan utama mengapa makanan ini begitu digemari. Terutama pada restoran cepat saji yang bersifat franchise sangat gencar mengiklankan makanan produknya di televisi, radio, majalah, hingga media sosial seperti instagram. Ditambah dengan iklan sponsor serta promo kupon berhadiah yang mana nantinya kupon tersebut dapat ditukarkan menjadi voucher makan gratis. Tawaran seperti ini tentu sangat menggiurkan bagi sebagian orang. Sehingga pada akhirnya banyak masyarakat yang akan tertarik untuk datang ke restoran cepat saji karena tergoda oleh iklan dan kupon berhadiah.


5. Malas Memasak


Terakhir, sama halnya dengan masyarakat urban di negara-negara maju lainnya, masyarakat urban di perkotaan pun kini mulai malas untuk menyajikan masakan sehat di rumah karena alasan ketiadaan waktu. Kesibukan membuat kita akan lebih memilih membeli makanan cepat saji. Dimana tak perlu repot beranjak dari rumah karena restoran cepat saji menyediakan layanan pesan antar yang siap 24 jam. Sementara jika membuat masakan rumahan, hal itu lebih menyita banyak waktu. Kita diharuskan untuk membeli bahan-bahannya dahulu lalu mencuci dan baru mengolahnya. Padahal kalau dilihat dari gizinya sudah jelas masakan rumahan itu lebih sehat dan lebih bergizi daripada makanan cepat saji.


Itu dia alasan mengapa makanan cepat saji sangat digemari semua kalangan. Tidak ada salahnya menyantap makanan cepat saji, namun jangan berlebihan ya! Nah, kalau teman PergiKuliner mau makan-makanan cepat saji yang cita rasanya enak banget, coba datang aja ke restoran rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Carl's Jr.

Foto Carl's Jr.
Foto Carl's Jr.
Foto Carl's Jr.

Hi Fries

Foto Hi Fries
Foto Hi Fries
Foto Hi Fries

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

FATBURGER

Foto FATBURGER
Foto FATBURGER
Foto FATBURGER

Blacklisted

Foto Blacklisted
Foto Blacklisted
Foto Blacklisted

Mau tau lebih banyak lokasi tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek Pergikuliner.com dulu yuk sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?