Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Filosofi Tersembunyi dalam Masakan Korea, Food Lovers Wajib Tahu Ini!

List Artikel
16 April 2017 | 0 Komentar

Seperti yang kalian tahu, Korea memang terkenal dengan masakannya yang sudah mendunia. Di Indonesia saja kamu bisa dengan mudah menemukan restoran Korea, mulai dari yang harganya cukup lumayan hingga yang harganya murah meriah. Di balik penyajian masakannya yang beragam itu, ternyata tersembuyi filosofi yang akan membuat kamu tercengang sebelum menyantapnya. Buat para pecinta masakan Korea, yuk kita lihat ada filosofi apa sih dalam masakan Korea.

 



Sumber: pergikuliner.com


Coba teman-teman perhatikan di setiap penyajian masakan Korea pasti selalu beragam warnanya. Contohnya saja dalam penyajian bibimbap yang merupakan nasi yang dihidangkan bersama sayuran seperti bayam, wortel, tauge, daging cincang, sawi putih, kimchi, dan juga telur. Lalu ada kimbab yang merupakan nasi gulung dengan bahan-bahan yang tak kalah berwarna seperti nasi, wortel, bayam, kimchi, rumput laut, daging cincang, dan acar lobak. Hampir semua masakan Korea memiliki lima elemen warna dalam penyajiannya. Jika masakan Korea tak terdiri dari lima elemen warna, maka biasanya masakan tersebut disajikan bersama banchan alias lauk tambahan yang terdiri dari berbagai macam kimchi, dan sayur-sayuran tumis lainnya yang berwarna-warni.

 


Sumber: pergikuliner.com


Fakta tersebut menunjukkan kalau ternyata masyarakat Korea sangat memperhatikan setiap elemen kehidupan dalam masakannya. Kelima elemen yang mengandung lima warna tersebut terdiri dari warna merah, hijau, kuning, cokelat, dan hitam yang masing-masing melambangkan tanah, air, api, logam, dan kayu. Selain itu, beragam warna yang disajikan pada masakan melambangkan lima rasa yaitu, asam, pahit, pedas, manis, dan asin. Menurut leluhur masyarakat Korea, kelima elemen ini tak boleh ditinggalkan setiap menghidangkan masakan karena hal ini merupakan konsep dari Tao, yaitu ajaran tentang Yin Yang.

 


Sumber: pergikuliner.com


Dalam filosofi masakan Korea, Yin Yang disebut dengan Eum Yang yang bisa kamu lihat dari lambang bendera negara tersebut yang mirip dengan lambang Yin Yang. Masakan yang beraneka warna dan melambangkan lima elemen dipercaya bisa membuat keseimbangan dalam tubuh kamu agar tetap sehat. Filosofi seperti ini sebenarnya tak hanya berlaku pada masakan Korea, tapi juga masakan Asia Timur lainnya seperti Jepang dan China yang juga mengadopsi filosofi yang sama. 


Nah, kamu sudah tahu kan filosofi masakan Korea yang ternyata bisa bikin kamu sehat. Sekarang, mendingan kamu langsung datang ke salah satu restoran Korea di bawah ini untuk icip masakannya lalu jangan lupa untuk menulis reviewnya di PergiKuliner ya!

Gogi-go

Foto Gogi-go

Born Ga

Foto Born Ga
Foto Born Ga

Arasseo

Foto Arasseo
Foto Arasseo
Foto Arasseo

Myeong Ga Myeon Ok

Foto Myeong Ga Myeon Ok
Foto Myeong Ga Myeon Ok
Foto Myeong Ga Myeon Ok

Mau tau lebih banyak lokasi restoran Korea enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu dong sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?